Scroll untuk baca artikel
Luar Negeri

Kebakaran Smokehouse Creek Menghanguskan 850.000 Hektar Lahan

22
×

Kebakaran Smokehouse Creek Menghanguskan 850.000 Hektar Lahan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi - Beberapa kebakaran hutan telah menghanguskan Texas bagian utara. Kebakaran Smokehouse Creek telah menghancurkan sekitar 850.000 hektar pada Rabu sore, menurut Texas A&M Forest Service.

BISNISASIA.CO.ID, AMERIKA SERIKAT – Keadaan bencana diumumkan di Texas pada hari Selasa ketika kebakaran hutan yang “menghancurkan” – termasuk Smokehouse Creek Fire, yang kini menjadi kebakaran terbesar kedua yang tercatat dalam sejarah negara bagian – menelan hampir satu juta hektar lahan dan menyebabkan ribuan evakuasi dan pemadaman listrik di seluruh Texas. Texas Panhandle dan di beberapa bagian Oklahoma.

Beberapa kebakaran hutan telah menghanguskan Texas bagian utara. Kebakaran Smokehouse Creek telah menghancurkan sekitar 850.000 hektar pada Rabu sore, menurut Texas A&M Forest Service.

Badan tersebut mengatakan pada hari Selasa bahwa kebakaran terjadi “dalam kondisi hangat, kering dan berangin” dan memperingatkan potensi kebakaran baru karena wilayah tersebut mengalami angin kencang, rumput yang sangat kering dan suhu hangat yang tidak sesuai musimnya.

Gubernur Greg Abbott mengeluarkan deklarasi bencana untuk 60 kabupaten, yang akan memungkinkan sumber daya tanggap kebakaran dikerahkan dengan cepat ke daerah yang terkena dampak kebakaran hutan.

Baca Juga :   Pesawat Radar A-50 Rusia Hilang, Ukraina Mengaku Bertanggung jawab

“Warga Texas didesak untuk membatasi aktivitas yang dapat menimbulkan percikan api dan mengambil tindakan pencegahan untuk menjaga keamanan orang yang mereka cintai. Saya juga ingin berterima kasih kepada petugas pemadam kebakaran yang berani dan petugas pertolongan pertama yang bekerja tanpa kenal lelah untuk melindungi sesama warga Texas,” kata Abbott dalam sebuah pernyataan.

Hingga Rabu pagi, lebih dari 15.000 orang masih mengalami pemadaman listrik di Texas Panhandle, dan laporan pemadaman listrik terus meningkat.

Penduduk di Fritch, sebuah kota berpenduduk sekitar 2.000 jiwa yang terletak di wilayah Hutchinson dan Moore, tidak mempunyai air dan listrik. Melalui postingan Facebook di Facebook, pemerintah kota memohon agar dibangun generator industri “untuk membantu memulihkan ketersediaan air.”

Penduduk di Texas Panhandle telah mengunggah informasi terkini mengenai kebakaran hutan di grup Facebook publik, di mana penduduk setempat telah mengoordinasikan bantuan untuk memindahkan ternak mereka, meminjam peralatan, dan mencari serta menyediakan tempat berlindung dan sumbangan.

Baca Juga :   Odysseus Jadi Wahana Antariksa AS Pertama yang Mendarat di Bulan dalam 50 Tahun

Senator Negara Bagian Kevin Sparks mengatakan perintah evakuasi juga dikeluarkan pada hari Selasa untuk warga Kanada, sebuah kota di Kabupaten Hemphill yang berpenduduk sekitar 2.000 jiwa.

Di Borger, yang terletak di daerah yang sama di mana Kebakaran Smokehouse Creek menyebar, banyak dari 13.000 penduduk kota tersebut mengatakan mereka merasa terjebak.

“Rasanya seperti lingkaran api di sekitar Borger, tidak ada jalan keluar. … Keempat jalan utama ditutup,” kata Adrianna Hill kepada Associated Press.

Warga Oklahoma di bagian barat laut negara bagian itu, yang berbatasan dengan Texas, juga terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat Kebakaran Smokehouse Creek, yang melintasi batas negara bagian pada hari Selasa.

Pada Selasa malam, Pabrik Pantex di Carson County – fasilitas senjata nuklir utama AS – secara singkat mengevakuasi staf yang tidak penting untuk “sangat berhati-hati,” kata Laef Pendergraft, juru bicara kantor produksi Administrasi Keamanan Nuklir Nasional di Pantex.

Baca Juga :   Baku Tembak di Thailand, 7 Orang Dilaporkan Terluka

Fasilitas tersebut, yang sebagian besar bertanggung jawab untuk merakit dan membongkar persenjataan nuklir AS, berjarak sekitar 13 mil dari Windy Deuce Fire di Moore County.

Pabrik tersebut mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya buka untuk “operasi shift harian normal.”

Petugas pemadam kebakaran telah berhasil memadamkan sekitar 3% dari Kebakaran Smokehouse Creek, yang telah berkembang menjadi sekitar 850,000 hektar pada hari Rabu.

Namun, mereka telah mencapai kemajuan lebih lanjut dalam mengatasi kebakaran hutan yang lebih kecil, yang mencakup sekitar 25% dari Windy Deuce Fire, yang telah menghanguskan sekitar 90.000 hektar.

Di Gray County, petugas pemadam kebakaran telah berhasil memadamkan sekitar 60% Kebakaran Grape Vine Creek, yang telah menghancurkan 30.000 hektar lahan.

Kebakaran Juliet Pass di Armstrong County sebagian besar terkendali, dengan pengendalian 100%, namun diperkirakan 3.000 hektar lahan hangus.