Scroll untuk baca artikel
Industri

STAR Market Rayakan Ulang Tahun Kelima dengan Pertumbuhan Mengesankan dan Inovasi Investasi Terbaru

23
×

STAR Market Rayakan Ulang Tahun Kelima dengan Pertumbuhan Mengesankan dan Inovasi Investasi Terbaru

Sebarkan artikel ini
STAR Market

BISNISASIA.CO.ID, GUANGZHOU – Pada 13 Juni lalu, Science and Technology Innovation Board (STAR Market) merayakan ulang tahun kelimanya sejak pertama kali diluncurkan pada 2019. Sebagai platform yang mendukung penelitian ilmiah dan teknologi, STAR Market menjadi rumah bagi perusahaan-perusahaan di sektor strategis yang sedang berkembang seperti teknologi informasi generasi baru, manufaktur perangkat high-end, material baru, konservasi energi dan lingkungan, energi baru, dan biofarmasi. Dengan demikian, STAR Market berkontribusi dalam mewujudkan kehidupan yang lebih produktif dan berkualitas.

Selama lima tahun terakhir, sebanyak 573 perusahaan telah terdaftar di STAR Market dan berhasil mengumpulkan lebih dari US$125,5 miliar melalui penawaran umum perdana (IPO). Kapitalisasi pasar total perusahaan-perusahaan ini mencapai US$703 miliar pada 12 Juni lalu. Dalam laporan triwulanan, perusahaan-perusahaan yang terdaftar di STAR Market mencatat pendapatan operasional total sebesar US$41,2 miliar, meningkat 4,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Bahkan, 67% dari perusahaan tersebut berhasil mencatat pertumbuhan pendapatan pada Triwulan I-2024.

Sistem indeks STAR Market juga telah berkembang pesat. Sejak peluncuran SSE STAR 50 Index pada 2020, lebih dari 15 indeks telah melacak kinerja STAR Market, dan dana kelolaan (AuM) kolektif dari produk-produk ini mencapai US$22 miliar. Selain itu, produk seperti E Fund STAR 50 ETF (Kode: 588080) kini telah tercantum dalam Program ETF Connect, yang memungkinkan investor asing untuk berinvestasi pada perusahaan-perusahaan teknologi yang berorientasi pada inovasi.

Baca Juga :   Simak 4 Tips Andal AirAsia MOVE, Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Lebaran

Banyak pengelola investasi terkemuka yang aktif menyediakan berbagai perangkat investasi bagi investor. E Fund Management (“E Fund”), pengelola investasi terbesar di Tiongkok, terus memperluas portofolio produk ETF-nya, termasuk E Fund STAR 50 ETF, E Fund STAR 100 ETF (Kode: 588210), dan E Fund STAR Growth ETF (Kode: 588020).

Indeks SSE STAR 50 mencakup 50 perusahaan terbesar dengan kapitalisasi pasar rata-rata sebesar US$6,4 miliar. Indeks SSE STAR Growth mencerminkan potensi pertumbuhan konstituennya, dengan mencakup 50 saham yang berkembang pesat berdasarkan pendapatan operasional dan laba bersih.

Baca Juga :   ASSA Terus Kembangkan Lini Usaha, Dari Rental Hingga Logistik

Indeks SSE STAR 100 terdiri dari 100 saham dengan kapitalisasi pasar menengah yang tidak termasuk dalam Indeks STAR 50. Berbeda dengan Indeks SSE STAR 50 dan Indeks SSE STAR Growth yang berfokus pada sektor semikonduktor, Indeks SSE STAR 100 terdiversifikasi secara luas di berbagai industri. Bobot dari lima industri teratas—semikonduktor, farmasi, perawatan medis, peralatan listrik, dan permesinan—mencapai hampir 80% secara keseluruhan. (saf)