Scroll untuk baca artikel
HeadlineLuar Negeri

Singapura Luncurkan Layanan Antar-Jemput dengan Kendaraan Swakemudi

38
×

Singapura Luncurkan Layanan Antar-Jemput dengan Kendaraan Swakemudi

Sebarkan artikel ini
Berkolaborasi dengan Resorts World Sentosa dan EZ Buzz Pte. Ltd, WeRide meluncurkan layanan antar-jemput (shuttle service) Robobus di Sentosa, Singapura. Untuk pertama kalinya, rute transportasi swakemudi Level 4 tersedia untuk publik di Singapura.
BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Berkolaborasi dengan Resorts World Sentosa dan EZ Buzz Pte. Ltd, WeRide meluncurkan layanan antar-jemput (shuttle service) Robobus di Sentosa, Singapura. Untuk pertama kalinya, rute transportasi swakemudi Level 4 tersedia untuk publik di Singapura.

Panjang rute antar-jemput ini mencapai 1,2 kilometer dengan empat titik pemberhentian, sedangkan waktu tempuh untuk rute ini tercatat sekitar 12 menit. Para tamu hotel dan wisatawan dapat menaiki Robobus di titik pemberhentian terdekat.

Pada Desember 2023, WeRide meraih izin transportasi publik M1 dan T1 untuk kendaraan swakemudi di Singapura. Sejak itu, WeRide gencar menjalankan tahap implementasi Robobus, bahkan WeRide membuat rekor implementasi tercepat di industri.

Pada 20 Juni, Alvin Tan, Menteri Perdagangan dan Perindustrian, Kebudayaan, Kemasyarakatan dan Kepemudaan Singapura, berkunjung ke Sentosa bersama rombongannya untuk meninjau dan mencoba layanan antar-jemput dengan kendaraan swakemudi, Robobus.

Dia pun berbagi pengalaman di media sosial: “Dua bulan lalu, saya meninjau teknologi swakemudi WeRide di Kantor Pusat di Guangzhou. Kemarin, saya secara langsung menyaksikan aplikasi AV WeRide di Resorts World Sentosa!” Menurutnya, teknologi kendaraan swakemudi meringankan beban tenaga kerja yang kini semakin terbatas jumlahnya, sekaligus mewujudkan solusi transportasi yang lebih lestari dan berskala luas.

Sebagai destinasi gaya hidup terkemuka di Asia, Resorts World Sentosa menjadi lokasi Universal Studios Singapore, S.E.A. Aquarium, Dolphin Island, Adventure Cove Waterpark, dan klaster hotel mewah bintang lima, sebuah resor terintegrasi, dan berbagai restoran milik celebrity chef. Selama 10 tahun berturut-turut, Resorts World Sentosa sukses menyandang gelar “Best Integrated Resort” di TTG Travel Awards.

Baca Juga :   Perluas Pasar di Indonesia Bell Gandeng Fly Bali dan Sayap Garuda Indah

WeRide Robobus adalah minibus swakemudi Level 4 pertama di dunia yang dirancang secara khususnya untuk micro-transit. Robobus telah digunakan dan beroperasi di hampir 30 kota di seluruh dunia, sebagian besar dipakai di kota-kota besar, bandara terkemuka, resor mewah, dan destinasi wisata yang populer. Di mana pun Robobus hadir, Robobus selalu menjadi pusat perhatian pengunjung yang ingin mencobanya.

Baca Juga :   Singapura Berinvestasi Sekitar S$300 Juta untuk "National Quantum Strategy"

WeRide telah berkembang pesat dan sukses di Singapura. Setelah meluncurkan penggunaan Robosweeper dan Robobus secara komersial di Singapura, WeRide kembali memperkuat status sebagai pemimpin teknologi swakemudi global, serta berhasil mereplikasi model bisnisnya.

Ke depan, WeRide akan terus berkolaborasi dengan mitra-mitra lokal untuk menghadirkan produk dan model bisnis yang telah teruji di Singapura dan pasar-pasar lain di Asia Tenggara. Dengan demikian, layanan kendaraan swakemudi yang efisien dan bermutu tinggi tersedia bagi warga lokal dan wisatawan sehingga ikut mendorong perkembangan sistem transportasi pintar di wilayah tersebut.