Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Simak 10 Hal yang Perlu Diketahui Berwisata di Arab Saudi

27
×

Simak 10 Hal yang Perlu Diketahui Berwisata di Arab Saudi

Sebarkan artikel ini
Berwisata di Arab Saudi

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Arab Saudi membuka pintu lebih lebar kepada dunia yang menandakan saatnya bagi para wisatawan untuk menjelajah negara penuh warna ini lebih dari sekedar perjalanan ziarah. Baik Anda merencanakan perjalanan untuk bersantai, petualangan, atau eksplorasi budaya, berikut adalah 10 informasi penting yang harus diketahui setiap wisatawan dari Indonesia:

Mengunjungi Arab Saudi Saat Ini Lebih mudah dari sebelumnya

Mengunjungi Arab Saudi menjadi lebih mudah karena warga Indonesia dapat mengajukan permohonan visa untuk Umrah, Liburan, Transit, atau Visa saat kedatangan (Visa on arrival). Pemegang paspor Indonesia yang telah memiliki visa kunjungan ke United Kingdom, Amerika Serikat atau Schengen juga memenuhi syarat untuk mendapat visa saat kedatangan. Selain itu, Visa Transit 96 jam yang baru diluncurkan memungkinkan pengunjung yang bepergian dengan maskapai SAUDI dan Flynas untuk menghabiskan waktu hingga 96 jam di Arab Saudi sebelum melanjutkan perjalanan. Hal ini menjadikan Arab Saudi destinasi transit yang sempurna bagi pengunjung Indonesia.

Mudah diakses dari Indonesia

Sektor penerbangan Arab Saudi adalah pemain kunci global dan berfungsi sebagai gerbang eksplorasi ragam budaya. Kapasitas maskapai dari Indonesia telah meningkat lebih dari 20% antara 2019 hingga 2023 melalui tiga maskapai utama – SAUDIA, Lion Air, dan Garuda Indonesia, dengan rencana peningkatan kuota kedepanya guna memenuhi permintaan yang meningkat.

Semakin populer di kalangan wisatawan

Pada tahun 2023, Arab Saudi menyambut lebih dari 100 juta wisatawan, peningkatan 156% dibandingkan tahun 2019, ketika negara ini memulai Visi 2030 yang ambisius. Arab Saudi juga mendapat pengakuan sebagai salah satu destinasi wisata yang paling cepat berkembang di dunia, seperti yang dilaporkan oleh Barometer Report 2024 dari World Tourism Organization (UNWTO).

Baca Juga :   The Lantis Rilis Album Pancarona  

Keamanan bagi wisatawan wanita yang bepergian sendiri atau solo

Arab Saudi menduduki peringkat keamanan tertinggi di antara negara-negara G20 menurut indikator internasional, dan untuk ketiga kalinya berturut-turut tahun ini, kota Madinah mendapatkan peringkat keselamatan tertinggi untuk perjalanan wanita solo di seluruh dunia oleh InsureMyTrip.

Tempat berkembang bagi pengusaha wanita

45% dari UKM di Arab Saudi dimiliki oleh wanita. Wanita juga ternyata menyumbang SDM 45% di sektor pariwisata Arab Saudi. Yang Mulia Putri Haifa Bint Mohammed Al Saud menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata. Tidak hanya itu,platform sewa liburan Arab Saudi, Gathern, didirikan oleh seorang wanita Saudi. Selain itu, karya – karya seni yang indah dipimpin oleh seniman wanita inspiratif menempatkan seni Arab Saudi di peta internasional. Bahkan seniman wanita seperti Safeya Binzagr juga berpartisipasi di ajang Biennale Seni Kontemporer Diriyah Riyadh telah kembali ke Distrik JAX hingga 24 Mei 2024. Perlu diketahui, Safeya adalah satu-satunya seniman wanita di Saudi yang memiliki museum sendiri, dan Dana Awartani, yang ahli dalam geometri, kerajinan ubin, dan parket, dan merupakan nominator untuk Penghargaan Seni Richard Mille yang prestisius.

Menjadi tuan rumah bagi 7 Situs Warisan Dunia UNESCO

Arab Saudi adalah rumah bagi lebih dari 10.000 situs arkeologi dan tujuh situs Warisan Dunia UNESCO – Uruq Bani Ma’arid (2023); Area Budaya Ḥimā (2021); Oase Al-Ahsa (2018); Seni Batu di Wilayah Hail (2015); Jeddah Bersejarah, Gerbang ke Makkah (2014); Distrik At-Turaif di ad-Dir’iyah (2010); Situs Arkeologi Hegra (al-Hijr / Madā ‘in Ṣāliḥ) (2008) – atraksi unik ini telah diakui karena nilai universal yang luar biasa, peran penting dalam budaya, dan keindahan alamnya.

Baca Juga :   Max Rilis Single Stupind In Love

Industri Kesehatan yang Berkembang

Lanskap alamnya yang menakjubkan adalah latar belakang sempurna untuk memulihkan para wisatawan – bayangkan perairan yang masih asli, pegunungan hijau yang subur, udara segar, oasis di luar ruangan, dan padang pasir yang berbukit bukit, ditambah tambahan asupan vitamin D alami untuk tandai berakhirnya musim dingin. Nikmati pengalaman unik mulai dari yoga di AlUla, sebuah situs-situs Warisan Dunia UNESCO, hingga mata air panas di Al-Ahsa, oase padang pasir terbesar di dunia, di mana Anda dapat menikmati perawatan spa mewah khas Arab Saudi dan bahkan melihat bintang.

Impian para penyelam

Arab Saudi adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia, dengan kualitas air yang jernih, pantai berpasir putih, keindahan terumbu karang, dan beberapa peninggalan kapal karam paling keren di dunia. Anda juga dapat berinteraksi dengan makhluk laut yang cantik dan langka – lihat apakah Anda dapat melihat ikan tercepat di dunia, Black Marlin, dengan kecepatan 109 km/m, atau ikan Napoleon yang terancam punah, yang juga dikenal sebagai “Ratu Terumbu Karang”. Para perenang dan penyelam dapat menikmati air hangat sepanjang tahun – wilayah Laut Merah memiliki iklim yang cerah, dan suhu tetap di atas 21° C.

Sambutan Saudi yang meriah; keramahannya tak tertandingi

Di Arab Saudi, keramahan adalah nilai tertinggi dan bagian integral dari budaya. Orang-orang Saudi terkenal dengan kemurahan hati dan sifat baik mereka, terutama terhadap wisatawan, jadi nantikan sambutan hangat ala Arab Saudi dari penduduk setempat yang suka membantu. Semangat dari Arab Saudi menular – Anda mungkin menemukan diri Anda meniru perilaku lokal, yang pasti akan didukung dan dianggap sebagai tanda penghargaan bagi budaya mereka. Meskipun cara berpakaian menjadi lebih santai dan bergantung pada setiap lembaga, layak untuk mencoba mengenakan syal berwarna-warni atau abaya, jubah panjang longgar tradisional untuk wanita yang sekarang sangat menjadi fashion statement!

Baca Juga :   Swiss-Belhotel International dan Zest Hotels International Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan Promosi "Ramadan Delights"

Surga Destinasi Belanja

Bagi wisatawan yang gemar berjalan santai di sekitar toko-toko, tidak jauh dari Al Balad yang indah atau lebih dikenal sebagai ‘Jeddah Bersejarah’ atau Kota Tua. Distrik Al Balad di Jeddah adalah situs Warisan Dunia UNESCO yang membanggakan bangunan-bangunan yang berasal dari abad ke-7. Arsitektur megahnya bisa membuat Anda merasa seolah-olah Anda telah kembali ke masa lalu. Di sepanjang jalan, dapat Anda temui banyak hal bagi para pemburu belanja yang antusias. Mulai dari rempah-rempah dan perhiasan hingga tekstil dan parfum, area ini adalah tempat penemuan harta karun untuk membawa sedikit ‘rasa’ Arab Saudi ke rumah. Meskipun kios-kios berjajar di jalan-jalan sempit, terdapat sejumlah tempat menarik yang patut dikunjungi – seperti Pasar Emas Al Balad untuk membeli sesuatu yang berkilau, atau ke toko buku Our Days of Bliss berpanel kayu di mana Anda akan menemukan karya-karya lokal Penerbit berbahasa Arab. (saf)