Scroll untuk baca artikel
Finansial

Pentingnya Proteksi Rumah Tinggal Jelang Mudik Lebaran

14
×

Pentingnya Proteksi Rumah Tinggal Jelang Mudik Lebaran

Sebarkan artikel ini
Proteksi Tempat Tinggal saat Mudik Lebaran - Kepala Wilayah I BCA Insurance Indra Gunawan (kanan) saat sesi mini studio BCA Expoversary 2024 bertajuk “Pentingnya Asuransi Aset Anda Jelang Ramadhan”. Indra mengimbau masyarakat untuk memperhatikan perlindungan hunian yang akan ditinggalkan mudik Idulfitri. Indra menyebut salah satu ancaman yang perlu diperhatikan para pemudik adalah kebakaran, karena kasus tersebut merupakan hal yang marak terjadi dan menimpa rumah tangga di Indonesia, khususnya kota-kota besar.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA –  Masyarakat kini mulai gencar melakukan persiapan untuk pulang ke kampung halaman, atau berlibur jelang datangnya masa Idulfitri 2024. Sebelum mudik atau bepergian, Kepala Wilayah I BCA Insurance Indra Gunawan mengimbau masyarakat untuk memperhatikan perlindungan untuk hunian yang akan ditinggalkan.

Menurut Indra, salah satu ancaman yang perlu diperhatikan para pemudik adalah kebakaran, karena kasus tersebut merupakan hal yang marak terjadi dan menimpa rumah tangga di Indonesia, khususnya kota-kota besar. Berdasarkan data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan  (Gulkarmat) DKI Jakarta, sepanjang tahun 2023 terdapat 2.286 kasus kebakaran di DKI Jakarta.

“Pasti saat mudik seluruh anggota keluarga kita diajak dan rumah kosong, di situ ada kebutuhan untuk memproteksi aset kita. Makanya kenapa harus diproteksi, khususnya pada saat mudik, untuk memastikan aset kita dalam hal ini rumah terjaga. Jangan sampai setelah mudik justru kita tidak punya tempat tinggal,” tutur Indra di BCA Expoversary 2024 offline beberapa waktu lalu.

Indra menjelaskan, salah satu silent killer yang menjadi pemicu utama kebakaran yakni hubungan arus pendek listrik. Berdasarkan data Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, mayoritas penyebab kebakaran yang terjadi di ibu kota sepanjang 2023 lalu adalah hubungan arus listrik.

“Kenapa kita sebut silent killer? Karena kita tidak tahu bisa saja terjadi karena panas kabelnya atau panel listriknya. Kita juga tidak tahu di mana lokasi kabel yang panas itu, di bawah tanah atau di atas plafon? Untuk pengecekannya pun sulit,” katanya.

Selain kebakaran, berbagai risiko lain yang bisa menimpa rumah saat ditinggal mudik atau liburan adalah huru-hara, banjir, hingga kejadian lainnya. Atas dasar itu, Indra merekomendasikan calon pemudik untuk mengasuransikan rumah tinggalnya.

Salah satu produk yang bisa dimanfaatkan calon pemudik yakni asuransi rumah tinggal. Menurut Indra, produk asuransi relatif terjangkau bagi para pemudik yang ingin tempat tinggalnya terproteksi selama berlibur.

“Asuransi rumah tinggal adalah asuransi yang paling murah dari semua asuransi properti yang ada. Kalau saya bisa gambarkan, untuk 1 tahun dengan kita anggap nilai bangunannya Rp500 juta per tahun biayanya sekitar Rp150.000. Bahkan khusus untuk Expoversary 2024 nasabah berkesempatan mendapatkan diskon dan ada beberapa fitur yang bisa ditambahkan,” ujarnya.

Selain proteksi terhadap aset rumah tinggal, perlindungan kendaraan bermotor juga perlu menjadi pertimbangan untuk diambil masyarakat. Indra menambahkan, asuransi kendaraan bermotor dapat menjamin aset dari kerugian atau kerusakan karena tabrakan, pencurian, kebakaran, dan lain-lain.

Sebagai informasi, sepanjang BCA Expoversary 2024 online pada 29 Februari – 31 Maret 2024, BCA Insurance menghadirkan sejumlah promo spesial untuk produk asuransinya mulai dari hemat premi 7,5% untuk asuransi kebakaran, hemat premi 10% untuk asuransi kendaraan, hemat premi 10% untuk untuk asuransi perjalanan, hingga promo voucher kopi kenangan senilai Rp25.000.



Baca Juga :   Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadi, Siapkan Fisik dan Mental