Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadi, Siapkan Fisik dan Mental

25
×

Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Kendaraan Pribadi, Siapkan Fisik dan Mental

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi mudik

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Satu bulan penuh seluruh umat islam akan menjalankan semua ibadah ramadhan, dan pada saatnya  ini akan memasuki masa puncak yaitu tibanya saat berlebaran, sebuah momen yang sangat dinanti oleh semua umat islam untuk merayakan kemenangan setelah melalui proses penyucian diri selama 1 bulan.

Selain itu akan ada momen sakral yang paling membahagiakan yaitu kesempatan bersilaturahmi saling bermaafan diantara keluarga baik yang tinggal berdekatan maupun berjauhan sehingga diperlukanlah momen mudik lebaran kekampung halaman.

Budaya mudik begitu melekat dengan seluruh orang yang merayakan Lebaran, terutama masyarakat kita di seluruh Indonesia, Setiap tahun budaya ini begitu ditunggu, karena merupakan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan keluarga tersayang disaat yang sakral.

Khusus bagi mereka yang memiliki keluarga dan sanak saudara diluar kota, terdapat tantangan tersendiri untuk mencapai   kampung halaman yang berlokasi jauh. Diperlukan persiapan ekstra dalam hal, tenaga maupun biaya. Persiapan tambahan perlu dipertimbangkan terutama bagi mereka yang akan menggunakan kendaraan pribadi.

Dalam mempersiapkan mudik dengan menggunakan mobil pribadi, menjaga kondisi mobil tetap prima adalah kunci untuk perjalanan yang lancar dan nyaman. Sejumlah persiapan dan pemeriksaan kendaraan adalah hal penting dilakukan sebelum berangkat. Dalam artikel kali ini, ENEOS akan membagikan beberapa tips mudik dengan mobil pribadi, agar kondisi kendaraan lebih optimal, aman dan nyaman.

Baca Juga :   Hino Motors Pamerkan Kendaraan yang Bersertifikat Resmi TKDN  dari Kementerian Perindustrian

Mempersiapkan Surat dan Dokumen 

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dua dokumen wajib yang harus dibawa setiap berkendara kemanapun. Dokumen tersebut tentunya harus dalam keadaan aktif guna tidak mendapat surat tilang ketika ada pemeriksaan. Selain itu, pastikan juga untuk membawa asuransi kendaraan yang berlaku untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Mempersiapkan Fisik dan Mental

Perjalanan jauh membutuhkan waktu berjam-jam pastinya dapat membuat kondisi tubuh menurun. Pastikan seluruh anggota keluarga berada dalam kondisi sehat dan mendapat tidur cukup beberapa hari sebelum berangkat mudik. Siapkan juga segala obat-obatan pribadi dan taruh di tempat yang mudah terjangkau di dalam mobil.

Selain mengemudi dalam kondisi prima, kondisi mental pengemudi juga harus menjadi prioritas nomor satu, karena kondisi mental berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi saat berkendara. Keluarga atau teman seperjalanan dapat mengajak ngobrol dan menanyakan kondisi pengemudi selama perjalanan.

Melakukan Perawatan Pada Mesin Mobil

Yang ketiga adalah melakukan pengecekan dan perawatan mesin mobil secara rutin dan sebelum berangkat mudik. Mesin mobil merupakan komponen yang sangat penting untuk diperiksa. Bawalah mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk memastikan mesin dalam keadaan baik.

Baca Juga :   Astra UD Trucks Cetak  Tenaga Kerja Produktif dan Berkualitas di Dunia Otomotif

Selain itu, pastikan Anda mengganti oli mesin sebelum melakukan perjalanan. Oli berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi mobil, dapat menjaga kondisi mesin dan menghindari gesekan berlebih yang dapat merusak komponen mesin.

Anda dapat melihat buku manual untuk memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Untuk mobil keluaran terbaru dengan teknologi turbo atau hybrid, Salah satu pilihan terbaik adalah Anda dapat mempercayakan penggantian pelumas dengan menggunakan oli ENEOS.

Oli mesin kendaraan dengan varian ENEOS X PRIME SN/SP GF-6A  5W-30 dan ENEOS X PRIME SN/SP GF-6B  0W-16. Kedua varian ini menggunakan base oil premium fully synthetic dan sudah berstandar ILSAC GF-6.

Varian lain seperti ENEOS X SP GF-6A 5W-30 dan ENEOS X SP GF-6A 0W-20, dilengkapi dengan aditif Titanium, dan varian unggulan ENEOS X SP 10W-40 berteknologi Molybdenum, yang memberikan lapisan pelindung hingga pada komponen terkecil mesin dan merawat mesin dalam pola berkendara Stop n Go.

Sementara untuk mobil keluaran tahun lama, sangat penting untuk benar-benar memilih oli yang dapat merawat mesin, dikarenakan usia mesin yang sudah tidak muda lagi, pilihan ENEOS MOTOR OIL SP CF 10W-30 dan ENEOS MOTOR OIL SP CF 20W-50 terbukti dapat merawat dan memperpanjang usia mesin pada mobil lama.

Baca Juga :   Honda Brio dan Honda HR-V Menyumbangkan Penjualan Tertinggi Untuk Honda di Januari 2024

Mengecek Kaki-kaki, Rem dan Ban

Bagian yang tidak kalah penting untuk diperiksa adalah kampas rem, suspensi, tie rod, ball joint, hingga pelek serta bautnya. Jika kondisi sudah kurang baik, sebaiknya diganti guna keamanan saat berkendara.

Ban dengan kondisi sudah tidak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkram terhadap permukaan jalan. Kondisi ban seperti ini sangat berbahaya apalagi jika berkendara dalam keadaan hujan.

Perhatikan juga dengan cermat apakah ada gejala aus atau retak pada permukaan ban. Kondisi ban seperti ini jika tetap dipaksakanan berpotensi mengalami pecah ban, sehingga harus segera dilakukan pergantian ba

Mempelajari Rute Perjalanan

Tips selanjutnya adalah mempelajari rute perjalanan. Pemudik hendaknya memahami terlebih dahulu rute yang akan dilintasi, catat medan rute yang perlu dijalani meliputi jalur yang akan dilalui, kondisi jalan, lokasi istirahat (rest area), hingga letak posko kesehatan terdekat.

Selain itu, pahami juga jalur-jalur rawan macet yang hendak dilewati. Pemudik bisa memanfaatkan bantuan fitur peta digital pada gawai. untuk menandai titik-titik lokasi macet dan jalan alternatif yang dibutuhkan.