Scroll untuk baca artikel
Nasional

Pemerintah Tinjau Kondisi Arus Mudik di 4 Gerbang Utama Tol Jakarta

30
×

Pemerintah Tinjau Kondisi Arus Mudik di 4 Gerbang Utama Tol Jakarta

Sebarkan artikel ini
Gerbang Tol Cikampek Utam. (Foto: Kemenhub)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan peninjauan terhadap operasional arus mudik Lebaran 2024 di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) pada hari Senin, 8 April 2024.

Dalam kunjungannya, Menhub melakukan evaluasi dan menyampaikan berbagai aspek terkait arus mudik selama musim Angkutan Lebaran (2024) di empat gerbang tol yang menghubungkan Jakarta, yaitu Cikatama, Kalitama, Ciawi, dan Cikupa.

“Dari observasi kita, terdapat perubahan dibandingkan tahun sebelumnya. Jika pada tahun lalu, pemudik lebih cenderung berangkat pada siang hari, namun sekarang lebih memilih berangkat pada malam hari, sehingga kepadatan siang hari terasa berkurang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat,” ujar Menhub dalam pernyataannya pada Selasa (9/4/2024).

Baca Juga :   Kemenhub Cek Kesiapan Skenario Penanganan Angkutan Laut Arus Mudik Lebaran di Jatim dan Bali

Menhub juga menyampaikan rasa duka yang mendalam atas kecelakaan yang terjadi di KM 58 Tol Jakarta‐Cikampek pada hari Senin pagi (8/4/2024).

Beliau menekankan bahwa insiden tersebut menjadi pelajaran berharga dan menjadi bahan evaluasi untuk arus mudik ke depan, baik dari segi kebijakan maupun sosialisasi kepada masyarakat.

Menhub juga memberikan apresiasi kepada petugas lapangan yang bekerja dengan penuh dedikasi, baik pada siang maupun malam hari, serta melakukan evaluasi secara berkala untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca Juga :   Pelabuhan Merak Siap Melayani Arus Mudik 2024

Tidak hanya itu, Menhub juga mengingatkan para pemudik untuk menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum melakukan perjalanan mudik. “Jika merasa lelah, sebaiknya beristirahat di rest area yang telah disediakan,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit menyatakan bahwa manajemen arus mudik di empat gerbang tol utama keluar Jakarta berjalan dengan lancar, mulai dari KM 50 hingga KM 414 Kalikangkung. “Tercatat peningkatan kecepatan perjalanan dari awal hingga Jawa Tengah, yang biasanya memakan waktu 8 jam, kini menjadi 6,7 jam,” katanya.

Baca Juga :   Menhub Dorong Pembangunan Berorientasi TOD di Wilayah Jabodetabek

Lebih lanjut, Kapolri menjelaskan bahwa puncak arus mudik pada musim Angkutan Lebaran 2024 terjadi pada H-4 Lebaran, berbeda dengan tahun sebelumnya yang terjadi pada H-3 Lebaran dengan tingkat kepadatan arus mudik yang lebih rendah dari sebelumnya.

Untuk memastikan keselamatan perjalanan pada transportasi umum, telah disediakan layanan tes urine hingga tes kesehatan bagi pengemudi bus. “Kami menghimbau kepada pengemudi untuk tidak memaksakan diri saat merasa lelah karena dapat berdampak fatal,” tambah Kapolri. (saf/infopublik.id)