BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Jakarta mencatat statusnya sebagai kota yang paling banyak dipilih untuk akomodasi OYO selama liburan Lebaran 2024, menunjukkan perannya sebagai pusat bisnis yang sibuk, pusat pertemuan keluarga, serta titik fokus kegiatan sosial dan budaya. Dengan populasi yang beragam, Jakarta menjadi tempat berkumpulnya keluarga dari berbagai penjuru, serta menjadi destinasi sosial selama periode Lebaran. Ini menjadi pendorong utama lonjakan permintaan akomodasi di Jakarta, sejalan dengan tren pemesanan selama periode Lebaran yang dirilis oleh OYO. Sebagai platform akomodasi terkemuka, OYO mencatat bahwa Jakarta memimpin dalam jumlah pemesanan.
Tidak hanya Jakarta, Makassar juga mencatat pertumbuhan yang signifikan sebagai destinasi wisata yang paling diminati, dengan lonjakan 233 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pesona wisata bahari, kelezatan kuliner, keindahan situs sejarah, serta beragamnya tempat ibadah dengan arsitektur yang megah dan unik, semuanya menjadikan Makassar sebagai destinasi unggulan bagi wisatawan. Akses transportasi yang beragam dan mudah juga menjadikan Makassar menjadi pilihan favorit.
Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Kementerian Perhubungan mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah penumpang angkutan umum selama mudik Lebaran 2024. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa diperkirakan ada sekitar 242 juta pergerakan selama periode mudik dan balik Lebaran tahun ini, menunjukkan peningkatan yang signifikan dari prediksi sebelumnya yang hanya sekitar 192 juta. Ini memberikan kontribusi besar pada ekonomi Indonesia, di mana sektor akomodasi, transportasi, industri makanan, dan tekstil mengalami peningkatan yang signifikan. Liburan Lebaran tahun ini juga memberikan dampak positif pada pelaku UMKM dengan mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan peluang usaha serta lapangan kerja.
Lonjakan pemesanan di OYO bukan hanya mencerminkan daya tarik kota-kota tersebut, tetapi juga kemampuan OYO dalam memenuhi kebutuhan beragam wisatawan dengan menyediakan berbagai pilihan akomodasi sesuai dengan anggaran dan preferensi. Selain Jakarta dan Makassar, daerah-daerah lain di seluruh Indonesia juga mengalami pertumbuhan yang luar biasa, didukung oleh kehadiran OYO dan portofolio akomodasinya yang beragam. Jaringan luas OYO memastikan bahwa setiap orang dapat melakukan perjalanan dengan mudah dan merayakan hari raya dengan nyaman. Sebagai penyedia akomodasi terpercaya di Indonesia, OYO terus berperan dalam memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan berkontribusi pada industri pariwisata secara keseluruhan.
Hendro Tan, Country Stock and Flow OYO Indonesia, menyatakan, “Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi pada industri pariwisata, khususnya selama Ramadan yang meriah di Indonesia. Kami memastikan pengalaman yang luar biasa bagi para tamu dengan layanan terbaik, menjaga kebersihan dan keamanan, serta harga yang bersaing. Kami juga berupaya memperkuat kerjasama dengan pemerintah untuk mempromosikan destinasi wisata di seluruh Indonesia.”
OYO terus menguatkan identitasnya sebagai pemimpin pasar dengan mendukung penerapan CHSE (Clean, Health, Safety, Environment, dan Sustainability) serta inisiatif sanitized stay dan penerapan check-in tanpa kontak untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan di seluruh properti OYO di Indonesia. Program ‘Managed by OYO’ juga diperkenalkan pada tahun 2024 sebagai skema bisnis baru yang bertujuan membantu pemilik properti dalam mengelola operasional harian mereka. Program Super OYO juga ditingkatkan untuk memberikan apresiasi pada mitra properti yang memenuhi standar pelayanan yang tinggi. Melalui OYO Wizard, program keanggotaan dengan beragam keuntungan, OYO juga memperkuat relasinya dengan pelanggan setia dengan menyediakan properti dengan rating tinggi dan harga terbaik. (saf)