Scroll untuk baca artikel
Finansial

LPEI Perkuat Kemitraan dengan Perbankan Dukung Eksportir Indonesia Bersaing di Pasar Global

12
×

LPEI Perkuat Kemitraan dengan Perbankan Dukung Eksportir Indonesia Bersaing di Pasar Global

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi. (Foto: Dok. LPEI)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) / Indonesia Eximbank telah menjalankan serangkaian pertemuan yang intensif dengan para pimpinan perbankan untuk mendorong pertumbuhan ekspor Indonesia yang berdaya saing di pasar global.

Dalam rangka pertemuan yang diselenggarakan secara terpisah, LPEI menjelaskan langkah-langkah transformasi yang telah dijalankan sejak tahun 2020. Transformasi ini meliputi pembaruan model bisnis dengan penguatan kerjasama dalam ekosistem ekspor, peningkatan tata kelola, serta investasi dalam infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia.

Dalam pertemuan dengan para pimpinan perbankan utama di Indonesia, seperti PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dan PT Bank Central Asia Tbk, LPEI juga membahas strategi untuk memperkuat dukungan kepada eksportir Indonesia, baik itu dari kalangan UKM maupun korporasi.

Baca Juga :   HUT ke-67, BCA Beri Beragam Promo, Diskon 67%, hingga Layanan Kesehatan Gratis

“Sebagai mitra strategis bagi LPEI, pertemuan dengan para pimpinan bank nasional maupun internasional merupakan langkah yang sangat positif dalam memperkuat kolaborasi bisnis yang lebih produktif. Hal ini akan mendukung pertumbuhan ekspor di masa mendatang, serta berperan sebagai salah satu penggerak utama perekonomian Indonesia,” ujar Direktur Eksekutif LPEI, Riyani Tirtoso dalam pernyataan pers yang diterima pada Kamis (28/3/2024).

LPEI berkomitmen untuk menyediakan pembiayaan kepada sektor-sektor yang memiliki dampak positif terhadap ekspor, pendapatan, peningkatan lapangan kerja, serta menjalankan mandat yang diberikan oleh Pemerintah untuk meningkatkan daya saing produk dan mendukung ekspor nasional.

Baca Juga :   BCA Berhasil Pertahankan Sertifikasi ISO 9001:2015

Pertemuan yang dilaksanakan di Jakarta ini juga mencerminkan upaya bersama antara LPEI dan mitra-mitra perbankan untuk mendukung ekspor Indonesia melalui langkah-langkah konkret dan kolaboratif yang dilakukan dengan profesionalisme.

Riyani menegaskan bahwa LPEI sebagai lembaga keuangan khusus negara akan terus mengutamakan tata kelola perusahaan yang baik, berintegritas, dan menerapkan kebijakan nol toleransi terhadap korupsi dan pelanggaran hukum.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso, menyatakan komitmennya untuk terus mendukung dan mempertahankan hubungan bisnis dengan LPEI. “Kami berkomitmen untuk mendukung LPEI dalam upaya penyehatan portofolio bisnis, serta transformasi yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi LPEI sebagai lembaga pemerintah dengan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG),” ungkap Sunarso.

Baca Juga :   Bank BTPN Bukukan Pendapatan Bunga Bersih menjadi Rp12,04 Triliun

Dalam kesamaan pendapat, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Nixon LP Napitupulu, menegaskan bahwa sinergi antara BTN dan LPEI akan terus diperkuat untuk mendorong dan memperluas ekosistem ekspor, serta turut serta dalam meningkatkan perekonomian Indonesia melalui kegiatan ekspor. “BTN yakin bahwa kerjasama yang telah terjalin cukup lama antara BTN dan LPEI akan terus berlanjut,” tegas Nixon LP Napitupulu. (saf/infopublik.id)