Scroll untuk baca artikel
Headline

Menkominfo: CEO Microsoft akan Sambangi Indonesia

27
×

Menkominfo: CEO Microsoft akan Sambangi Indonesia

Sebarkan artikel ini
Menkominfo Budi Arie Setiadi (Tengah) bersama Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong (Kiri) dan Wamenkominfo Nezar Patria (Kanan). (Foto: Humas Kominfo)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Indonesia siap menyambut kedatangan Chief Executive Officer (CEO) Microsoft, Satya Nadella, pada akhir bulan April 2024 ini. Kunjungan ini menyusul kunjungan sebelumnya CEO Apple, Tim Cook, yang bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

“Setelah kunjungan Tim Cook dari Apple, rencananya Satya Nadella, CEO Microsoft, akan datang ke Indonesia,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Budi Arie menyatakan, kedatangan para pemimpin perusahaan teknologi global merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menarik investasi di sektor teknologi.

Baca Juga :   Hyundai Gelar #BergerakDenganBATIK Dance Challenge di TikTok, Menangkan Liburan Gratis ke Korea

“Kunjungan dari perusahaan seperti Apple adalah salah satu upaya negara untuk menarik investasi dan memperkuat ekosistem teknologi di masa depan,” katanya.

Menurut Menkominfo, pemerintah juga telah mengundang CEO Nvidia, Jensen Huang, dengan harapan Indonesia dapat menjadi bagian dari rantai pasokan global di sektor teknologi.

“Kami berusaha untuk membawa Jensen Huang dari Nvidia juga ke Indonesia. Semua pemain besar dalam industri teknologi informasi dunia akan hadir di Indonesia. Ini mencakup industri mereka juga,” ujarnya.

Baca Juga :   Peluncuran Apple Car Ditunda hingga 2028

Dia mengungkapkan bahwa CEO Apple, Tim Cook, memberikan sambutan dan respon positif terhadap permintaan Indonesia untuk membangun pabrik pembuatan produk mereka di Indonesia.

Saat ini, Indonesia hanya memproduksi dua komponen untuk produk-produk Apple, jauh dari negara tetangga seperti Vietnam yang telah memproduksi hingga 72 komponen.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, pada 2023 lalu, Indonesia mengimpor produk Apple senilai US$2 miliar (sekitar Rp32,4 triliun).

“Pemerintah telah menyampaikan bahwa pasar di Indonesia terbuka dan produk-produk Apple banyak beredar di sini. Oleh karena itu, kami mengajak untuk tidak hanya mengimpor, tetapi juga memberikan nilai tambah di Indonesia,” jelas Menkominfo.

Baca Juga :   Elon Musk Respon Kematian Mobil Apple

Pemerintah juga akan mengadakan pertemuan lanjutan antara kementerian dan lembaga terkait untuk mendorong investasi dan pengembangan manufaktur di Indonesia.

“Salah satu topik yang akan dibahas adalah kemungkinan memberikan insentif kepada Apple jika mereka secara resmi berinvestasi untuk membangun pabrik di Indonesia,” tutup Budi Arie Setiadi. (saf/infopublik.id)