Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Peluncuran Apple Car Ditunda hingga 2028

69
×

Peluncuran Apple Car Ditunda hingga 2028

Sebarkan artikel ini
Laporan WARN terbaru yang diposting oleh Departemen Pengembangan Ketenagakerjaan California (EDD) lebih dari 700 orang di Apple baru-baru ini kehilangan pekerjaan mereka.(Reuters)

BISNISASIA.CO.ID, AMERIKA SERIKAT – Apple dilaporkan telah menjadwalkan ulang atau menunda pembuatan kendaraan listrik (EV) yang akan menjadi mobil pertamanya.

Pembuat iPhone sebelumnya berencana meluncurkan mobil ‘tanpa pengemudi’ mirip dengan kendaraan Tesla, sekarang akan fokus pada peluncuran EV dengan beberapa fitur mobil terhubung.

Saat perusahaan menghadapi tantangan baru sehingga tanggal peluncuran untuk kendaraan pertamanya juga dilaporkan akan ditunda dua tahun lagi.

Mengutip orang-orang yang mengetahui proyek tersebut, Bloomberg melaporkan bahwa proyek Apple untuk membangun mobil sendiri yang memiliki nama internal seperti Titan dan T172 dimulai hampir satu dekade yang lalu, namun  mobil tidak mungkin diluncurkan sebelum tahun 2028.

Baca Juga :   Aliansi Nissan-Mitsubishi Luncurkan Livina Versi Mungil

Dewan Apple dilaporkan memberikan tekanan pada perusahaan usai duit  jutaan dolar dihabiskan untuk penelitian dan pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak, tanpa adanya prototipe.

Apple juga dilaporkan mengurangi ambisinya untuk meluncurkan mobil otonom di Level 5 (Otomatisasi Penuh) — bentuk pengemudi otomatisasi paling canggih yang diproyeksikan oleh para ahli — menjadi Level 4 (Pengemudi otomatisasi sepenuhnya) dan akhirnya menetap pada Level 2+ (Pengemudi otomatisasi sebagian).

Baca Juga :   Bridgestone Indonesia Berbagi Tips Memilih Ban Mobil EV yang Tepat

Level 2 adalah apa yang ditawarkan oleh produsen mobil lain seperti Tesla melalui fitur Autopilot-nya.

Jika Apple mampu meluncurkan EV-nya pada tahun 2028, kendaraan tersebut dapat diharapkan menawarkan fungsionalitas serupa dengan mode Autopilot Tesla yang memerlukan pengemudi untuk duduk dan terus memantau jalan, sehingga mereka dapat mengambil alih kendali kendaraan sewaktu-waktu.

Namun, saat ini belum jelas apakah Apple akan dapat meluncurkan mobil listrik pertamanya dalam empat tahun mendatang.

Baca Juga :   Perusahaan Rintisan Kendaraan Listrik, River Raih Pendanaan 40 Juta Dolar AS

Batas waktu yang diduga telah terlewat dua tahun menjadi 2028, meskipun ada perubahan rencana untuk mengurangi otonomi kendaraan.

Sementara itu, saingan asal Tiongkok, Xiaomi, memperkenalkan EV pertamanya bulan lalu,  mobil listrik SU7.

CEO Xiaomi, Lei Jun mengatakan,  selama acara peluncuran mobil pada bulan Desember bahwa perusahaan berencana menjadi salah satu dari lima produsen mobil teratas di dunia.