Scroll untuk baca artikel
Nasional

Menhub Tinjau Kesiapan Infrastruktur Transportasi di Jawa Barat Menyongsong Mudik Lebaran 2024

18
×

Menhub Tinjau Kesiapan Infrastruktur Transportasi di Jawa Barat Menyongsong Mudik Lebaran 2024

Sebarkan artikel ini
Menhub Budi Karya Sumadi ketika mengecek kesiapan infrastruktur transportasi jelang Arus Mudik Lebaran 2024 di beberapa lokasi di Jawa Barat. (Foto: Kemenhub)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan terhadap kesiapan infrastruktur transportasi menjelang Arus Mudik Lebaran 2024 di berbagai lokasi di Jawa Barat. Beberapa infrastruktur yang menjadi fokus peninjauan antara lain Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Tol Cisumdawu, Tol Cipali, serta Stasiun KA Cirebon.

“Kami ingin memastikan bahwa infrastruktur dan layanan di semua moda transportasi telah siap menghadapi pergerakan masyarakat pada arus mudik Lebaran 2024 mendatang,” ungkapnya, pada Minggu (10/3/2024).

Dalam kunjungannya, Menhub menekankan pentingnya kerja sama lintas sektor dalam menghadapi arus mudik ini. Menurutnya, untuk memastikan kelancaran arus mudik, diperlukan koordinasi yang baik antara Kemenhub, Korlantas Polri, Pemerintah Daerah, Jasa Marga, Angkasa Pura, PT KAI, dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Sesuai dengan arahan Presiden, arus mudik harus berjalan lancar, aman, dan nyaman. Oleh karena itu, kerja sama dengan berbagai pihak sangatlah penting, walaupun Kemenhub berperan sebagai leading sector. Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang berjalan baik dengan semua pihak terkait,” paparnya.

Baca Juga :   Menhub Jamin Distribusi Logistik Lancar Saat Ramadan 2024

Lebih lanjut, Menhub mengimbau kepada masyarakat yang merencanakan mudik untuk mempersiapkan diri dengan matang, dan jika memungkinkan, melakukan perjalanan mudik lebih awal.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan juga menegaskan bahwa bersama Menhub, mereka ingin memastikan bahwa titik-titik penting di Jawa Barat yang berpotensi rawan kemacetan dan kecelakaan, seperti di Tol Cisumdawu, Tol Cipali km 152, dan km 188, akan dikelola dengan baik saat arus mudik tiba.

Baca Juga :   Kemenhub Gandeng Bea Cukai Perkuat Operasional VTS di Palembang

“Dengan langkah ini, diharapkan lalu lintas di titik-titik tersebut dapat berjalan lancar dan angka kecelakaan dapat diminimalisir,” tambahnya. (saf/infopublik.id)