Scroll untuk baca artikel
Headline

IIMS 2024, Jokowi Tegaskan Kendaraan Listrik Masa Depan Industri Otomotif Indonesia

42
×

IIMS 2024, Jokowi Tegaskan Kendaraan Listrik Masa Depan Industri Otomotif Indonesia

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi membuka pameran otomotif IIMS 2024, di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/02/2024). (Foto: Humas Setkab/Jay)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengawali pembukaan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, pada Kamis (15/2/2024). Dalam pernyataannya kepada media setelah pembukaan, Presiden Jokowi menegaskan bahwa kendaraan listrik memegang peranan penting sebagai masa depan industri otomotif Indonesia.

“Saya melihat banyaknya mobil listrik yang dipamerkan di sini, saya yakin bahwa mobil listrik adalah masa depan otomotif Indonesia karena kita memiliki bahan baku seperti nikel dan lainnya,” ujar Presiden sebagaimana dikutip dari setkab.go.id.

Presiden juga menyoroti dukungan pemerintah terhadap pengembangan ekosistem kendaraan listrik dengan mengurangi pajak pertambahan nilai (PPN) untuk produk kendaraan listrik. Sebelumnya, pada tahun 2023, pemerintah telah memberikan insentif bagi kendaraan listrik.

“Walaupun belum ada penambahan insentif, namun kita telah mendorong pengurangan PPN. Saya yakin hal ini akan memacu penjualan dan pada gilirannya mendorong produksi di pabrik-pabrik kendaraan listrik di Indonesia. Saya percaya hal ini akan membuat kita dapat bersaing dengan negara-negara lain ketika semua konten lokal sudah tersedia, termasuk baterai,” tambahnya.

Baca Juga :   Kementerian Perindustrian Dorong Revolusi Hijau di Sektor Industri

Presiden menutup pernyataannya dengan menyatakan bahwa pemerintah juga terus mendorong penggunaan moda transportasi publik berbasis listrik.

“Kami terus mendorong semua pihak untuk memproduksi kendaraan listrik di Indonesia, agar semua merek kendaraan listrik diproduksi di sini karena kita memiliki keunggulan dalam pembuatan baterai kendaraan listrik,” tegasnya.

Baca Juga :   Presiden Prioritaskan Bantuan Pangan sebagai Solusi Tanggulangi Krisis

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.(saf/infopublik.id)