Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Hari Ini SpaceX akan Meluncurkan 24 Satelit Starlink dari Florida

31
×

Hari Ini SpaceX akan Meluncurkan 24 Satelit Starlink dari Florida

Sebarkan artikel ini
Sebuah roket SpaceX Falcon 9 membawa 22 satelit Starlink lepas landas dari Kompleks Peluncuran Antariksa 4 Timur (SLC-4E) di Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg di California pada hari Jumat, 9 Februari 2024. (Kredit gambar: SpaceX via X)

BISNISASIA.CO.ID, FLORIDA – SpaceX berencana untuk meluncurkan 24 satelit internet Starlink dari Florida pada hari Minggu (25/2), dalam misi ke-18 perusahaan tersebut di tahun 2024.

Roket Falcon 9 yang membawa 24 satelit Starlink dijadwalkan lepas landas dari Cape Canaveral Space Force Station di Florida pada hari Minggu dalam waktu empat jam, mulai pukul 16:34 EST (2134 GMT).

Anda bisa menyaksikan aksinya secara langsung melalui akun X SpaceX. Liputan akan bermula kira-kira lima minit sebelum tetingkap dibuka.

Baca Juga :   Dorong PV sebagai Sumber Energi Utama, Huawei Lansir 10 Tren Utama FusionSolar

Tahap pertama Falcon 9 akan kembali ke Bumi sekitar 8,5 menit setelah lepas landas, jika semua berjalan sesuai rencana.

Falcon 9 akan melakukan pendaratan vertikal di pesawat nirawak SpaceX, A Shortfall of Gravitas, yang akan ditempatkan di Samudra Atlantik.

Ini akan menjadi peluncuran dan pendaratan ke-13 untuk pendorong khusus ini, menurut deskripsi misi SpaceX.

Baca Juga :   Qiscus Catat Pertumbuhan Revenue 1,7 Kali Lebih Besar, Teknologi AI Jadi Pusat Perhatian di 2024

Delapan dari 12 penerbangannya hingga saat ini adalah misi Starlink.

Sementara itu, bagian atas roket akan terus meluncur menuju orbit rendah Bumi, dan akhirnya menempatkan satelit di sana sekitar 65 menit setelah peluncuran.

Peluncuran pada hari Minggu akan menjadi yang ke-18 di tahun ini bagi SpaceX. Dan masih banyak lagi yang akan menyusul dalam beberapa minggu dan bulan ke depan.
Perusahaan ini menargetkan untuk meluncurkan 144 misi orbital pada tahun 2024.

Baca Juga :   Simak, Ini Cara Aman Beli POCO C65 di Toko Online yang Sering Dilupakan

Dua peluncuran terbaru SpaceX merupakan misi bersejarah. Pada hari Selasa (20 Februari), perusahaan ini meluncurkan satelit telekomunikasi Indonesia yang disebut Merah Putih 2 pada peluncuran Falcon 9 yang ke-300 yang sukses hingga saat ini.

Dan peluncuran Starlink pada hari Kamis (22/2) merupakan penerbangan ke-19 untuk pendorong tahap pertama Falcon 9, yang memecahkan rekor penggunaan ulang roket SpaceX.