Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Dorong PV sebagai Sumber Energi Utama, Huawei Lansir 10 Tren Utama FusionSolar

42
×

Dorong PV sebagai Sumber Energi Utama, Huawei Lansir 10 Tren Utama FusionSolar

Sebarkan artikel ini
Huawei menggelar acara jumpa pers yang membahas 10 tren utama FusionSolar pada 2024.

BISNISASIA.CO.ID, SHENZHEN – Huawei menggelar acara jumpa pers yang membahas 10 tren utama FusionSolar pada 2024. Tema acara ini adalah “Continuous Innovation, High-Quality Development, Accelerating PV to Become the Main Energy Source” (Inovasi Berkelanjutan, Perkembangan Bermutu Tinggi, Mempercepat PV sebagai Sumber Energi Utama). Di acara ini, Hao Yingtao, Vice President & CMO, Smart PV & ESS Business, Huawei Digital Power, secara komprehensif menganalisis tren-tren masa depan. Analisis ini berfokus pada satu tren utama, lima fitur unggulan, dan empat teknologi fundamental. Dengan demikian, analisis ini menyajikan perspektif berharga mengenai perkembangan industri PV yang bermutu tinggi. Presentasi Hao Yingtao menutup acara jumpa pers ini dengan meluncurkan sebuah laporan resmi (white paper).

Menurut Hao Yingtao, momentum netralitas karbon semakin positif di seluruh dunia, sedangkan industri PV dan sistem penyimpanan energi turut berkembang pesat. Berdasarkan data International Renewable Energy Agency (IRENA), kapasitas PV terpasang diproyeksikan mencapai 5.200 GW pada 2030 dan 14.000 GW pada 2050. Di sisi lain, kontribusi energi berkelanjutan tercatat lebih dari 90% dari kapasitas listrik total, dan peran PV kian dominan. Sebagai energi terbarukan, energi PV terus menembus pasar, meski industri masih menemui tantangan seperti koneksi ke sistem transmisi listrik, kendala operasional, aspek keselamatan, dan lain-lain. Peluang dan tantangan memang selalu hadir secara bersamaan. Maka, Huawei membagikan 10 tren utama dalam pengembangan proyek PV yang bermutu tinggi.

Tren 1: PV & ESS Menjadi Sumber Listrik yang Stabil

Setelah tingkat harga PV & ESS terus menurun, sedangkan, teknologi baru terus bermunculan, sistem PV & ESS kini telah menjadi sumber listrik yang stabil dan segera menjadi sumber listrik utama dalam tiga tahun ke depan.

Tren 2: Sistem Manajemen Pembangkit Listrik Bertambah Menjadi Puluhan Juta Unit

Jumlah pembangkit listrik terus bertambah dengan pesat. Maka, sistem penjadwalan yang pintar dan efisien untuk pembangkit listrik, sistem transmisi, distribusi, dan konsumsi listrik akan menjadi kebutuhan utama.

Tren 3: Teknologi Pintar untuk Seluruh Siklus (Full-lifecycle Intelligence)

Sistem manajemen pembangkit listrik beralih dari aktivitas pemeliharaan menjadi operasional. Teknologi pintar akan meningkatkan fase perencanaan, konstruksi, pemeliharaan, dan operasional secara signifikan.

Tren 4 : Grid Forming pada Seluruh Skenario

Baca Juga :   Ini Keunggulan Chipset Kelas Premium Dimensity 8300-Ultra, Debut Global di POCO X6 Pro 5G

Teknologi Grid Forming telah diaplikasikan pada beberapa skenario komersial dengan sukses. Ke depan, teknologi ini akan diperluas secara cepat pada seluruh skenario sehingga meningkatkan mutu sistem transmisi listrik dan mengoptimalkan pasokan energi terbarukan dalam skala besar.

Tren 5: Sistem Keamanan Empat Dimensi

Kebutuhan akan sistem keamanan produk telah berkembang dari sekadar fitur keselamatan peralatan menjadi sistem keselamatan empat dimensi yang bersifat holistis. Hal ini menjamin reliabilitas sistem kelistrikan baru dalam jangka panjang.

Tren 6: Aspek Keselamatan Sel Surya hingga Grid ESS

Aplikasi BESS berskala besar dan pemutakhiran standar keselamatan membutuhkan kemampuan sistem penyimpanan energi untuk merealisasikan fitur keselamatan dari level sel surya hingga sistem transmisi listrik.

Tren 7: MLPE & CLPE

Kebutuhan akan sistem manajemen pembangkit listrik yang semakin sempurna telah menjadi insentif bagi komersialisasi module-level power electronics (MLPE) berskala besar dan terus memengaruhi industri sistem penyimpanan energi. Tren ini pun menghasilkan cell-level power electronics (CLPE). MLPE dan CLPE telah menjadi kebutuhan baru pada pembangkit listrik PV yang terdistribusikan.

Tren 8: Tegangan Tinggi dan Reliabilitas

Baca Juga :   Twitter Memiliki Saingan baru yaitu sebuah Platform yang dibuat oleh Meta

Tegangan listrik yang tinggi menghemat LCOE pada sistem PV dan ESS, sedangkan reliabilitas yang baik mendukung tingkat ketersediaan optimal, serta mewujudkan fitur keselamatan terbaik.

Tren 9: Frekuensi Tinggi, Kepadatan Energi Tinggi

Tingkat kepadatan energi Inverter terus meningkat dengan mengaplikasikan semikonduktor generasi ketiga dan teknologi digital.

Tren 10: Kualitas Listrik yang Tinggi

Aplikasi PV dan ESS berskala besar terus meningkat di seluruh industri dengan kualitas listrik yang semakin optimal.

Inovasi dan kualitas merupakan dua hal utama bagi industri PV. Maka, Huawei FusionSolar akan terus meningkatkan investasi litbang (R&D), mengutamakan integrasi inovatif antara teknologi watt, bit, panas, dan baterai (4T), serta mempelajari kebutuhan klien. Huawei FusionSolar juga akan mengembangkan produk dan solusi yang reliabel dan bermutu tinggi guna mempercepat perkembangan industri PV lewat inovasi teknologi. Huawei FusionSolar akan berkolaborasi dengan klien dan mitra global guna meningkatkan perkembangan industri yang bermutu tinggi, serta menjadikan PV yang ramah lingkungan sebagai sumber energi utama bagi setiap rumah dan pelaku bisnis sekaligus membangun masa depan yang lebih baik dan lestari.(saf)