Scroll untuk baca artikel
Industri

Ekspansi Bisnis Go Globa! Kapal PTK Kini Beroperasi di Perairan Internasional

28
×

Ekspansi Bisnis Go Globa! Kapal PTK Kini Beroperasi di Perairan Internasional

Sebarkan artikel ini
Penandatanganan Time Charter Party for Offshore Service Vessel antara Direktur Pemasaran PTK, Andy Arvianto, dan Managing Director Harvester Offshore Sdn Bhd, Jalaludin Zamirdin di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 17 Mei 2024.

BISNISASIA.CO.ID, KUALA LUMPUR – PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak perusahaan dari Pertamina International Shipping, terus memperluas jangkauan bisnisnya ke pasar global. Langkah besar ini ditandai dengan mulai beroperasinya kapal Transko Moloko di perairan Malaysia.

Perjanjian penyewaan kapal ini resmi dimulai dengan penandatanganan Time Charter Party for Offshore Service Vessel antara Direktur Pemasaran PTK, Andy Arvianto, dan Managing Director Harvester Offshore Sdn Bhd, Jalaludin Zamirdin di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 17 Mei 2024.

Acara penandatanganan tersebut dihadiri oleh Direktur Utama PTK I Ketut Laba, Direktur Gas, Petrokimia, & Bisnis Baru PT Pertamina Internasional Shipping Arief Sukmara, serta Country Manager PT Pertamina Malaysia EP Eva Fadlila.

Baca Juga :   Hisense Pertahankan Peringkat No.2 Dunia Penjualan TV Sepanjang 2023

I Ketut Laba menekankan bahwa pengoperasian Transko Moloko merupakan langkah strategis sekaligus tonggak penting bagi PTK dalam mencapai visi menjadi pemain global.

“Kerjasama ini menunjukkan bahwa armada PTK, sebagai penyedia kapal support untuk layanan offshore dan marine di Indonesia, telah memenuhi standar internasional, mampu bersaing, dan diterima di pasar global. Ke depannya, kami akan lebih agresif mengejar peluang bisnis global lainnya, termasuk berkolaborasi dengan PT Pertamina Malaysia EP, afiliasi Pertamina Group yang sudah mapan di Malaysia,” ujar I Ketut Laba.

Baca Juga :   Tingkatkan Infrastruktur Digital Indonesia, CDNetworks Sediakan CDN Tercepat dan Keamanan Cloud yang Canggih

Transko Moloko adalah kapal jenis Anchor Handling Tug Supply (AHTS) milik PTK yang dibangun pada tahun 2014 dengan Bollar Pull sebesar 65 ton dan Cargo Desk Space seluas 400 m2.

Kapal ini berfungsi sebagai kapal support terutama untuk kegiatan hulu migas, termasuk Anchor Handling, Towing Rig & Accomodation Work Barge, Running Cargo, Passenger Accomodation, serta Supplying Fuel/Mud and Barite/FW/Cement.

Transko Moloko juga dilengkapi dengan alat bantu untuk panduan kapal saat memasuki dan meninggalkan dermaga di perairan tertentu, khususnya untuk kapal dengan panjang lebih dari 30 meter. Sebelum beroperasi di Malaysia, Transko Moloko telah berpengalaman melayani kegiatan upstream sejenis di Indonesia.

Baca Juga :   CEO Silicon Valley Bridge Bank Meminta Pelanggan untuk menyetor ulang dana Mereka

Pada kesempatan yang sama, Managing Director Harvester, Jalaludin Zamirdin, menyambut baik kerjasama antara kedua perusahaan ini.

“Kami menyambut baik kerjasama lintas negara ini. Kami berharap kerjasama ini membuka peluang lebih luas bagi kedua perusahaan untuk bekerjasama di bidang lainnya,” ujar Jalaludin.

Kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia serta meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan marine logistics di Asia Pasifik. Selanjutnya, PTK akan terus mempersiapkan armada lainnya untuk berekspansi dan mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan marine services terintegrasi dengan skala global. (saf)