Scroll untuk baca artikel
Industri

EDGNEX Data Centres by DAMAC Umumkan Investasi Pusat Data 20 MW di Bangkok

24
×

EDGNEX Data Centres by DAMAC Umumkan Investasi Pusat Data 20 MW di Bangkok

Sebarkan artikel ini
EDGNEX Data Centres by DAMAC.

BISNISASIA.CO.ID, BANGKOK – EDGNEX Data Centres by DAMAC, penyedia infrastruktur digital global yang merupakan bagian dari DAMAC Group, telah mengumumkan rencana ekspansinya di kawasan APAC dengan membangun pusat data canggih di Bangkok. Pengumuman ini dilakukan setelah partisipasi EDGNEX di DCD Connect Asia Pacific – Bali 2024. Tahap pertama dari pusat data kolokasi Tier 3 seluas 19.000 meter persegi ini dijadwalkan akan beroperasi pada tahun 2026, menandai langkah penting dalam meningkatkan kemampuan digital di kawasan tersebut. Proyek ini menegaskan komitmen berkelanjutan EDGNEX untuk mendukung transformasi digital yang pesat di negara-negara APAC.

Pasar pusat data Thailand di APAC diproyeksikan tumbuh secara signifikan, didorong oleh investasi besar dalam pengembangan kota pintar, analitik big data, dan integrasi IoT. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, meningkatkan daya saing ekonomi, dan memposisikan Thailand sebagai pemimpin inovasi digital di kawasan tersebut.

Hussain Sajwani, Pendiri dan Ketua Direksi DAMAC Group, mengatakan: “Pengumuman dan ekspansi kami ke Thailand dilakukan pada waktu yang strategis, membuktikan peningkatan permintaan terhadap infrastruktur data andal untuk mencapai berbagai target di Thailand dan menumbuhkan ekosistem digital yang kuat. Di seluruh APAC dan secara global, kami terus mencari pasar yang berkembang pesat dengan visi pemerintah yang sejalan dengan pertumbuhan dan visi kami sebagai bisnis dan sebagai sebuah Grup.”

Fasilitas EDGNEX baru ini berlokasi strategis di area elite Rama 9 CBD, Bangkok. Terletak di dekat Bursa Efek Thailand dan pusat data internasional yang sudah ada, Pusat Data EDGNEX siap memberikan bisnis konektivitas luar biasa dengan latensi minimal untuk operasi lokal dan global. Dilengkapi akses jalan ganda dan koneksi praktis ke Jalan Tol Si Rat, fasilitas ini terdiri dari dua gedung. Gedung pertama, yang dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2026, akan menghasilkan output sebesar 10 MW, diikuti dengan tambahan 10 MW di gedung kedua, memastikan pertumbuhan yang dapat diskalakan untuk memenuhi permintaan yang meningkat. Pusat data ini akan melayani berbagai profil klien, termasuk retail, wholesale, dan hyperscale edge node, memastikan layanan efisien untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Baca Juga :   Microsoft dan LinkedIn Luncurkan Indeks Tren Kerja 2024

Danish Nayar, SVP Investasi dan Akuisisi, DAMAC Capital, menambahkan: “Ekspansi kami ke Thailand merupakan pencapaian penting dalam strategi APAC kami. Di era yang ditandai dengan pesatnya pertumbuhan data yang didorong AI, pusat data baru ini akan menjadi aset krusial yang siap mendukung pertumbuhan ekosistem digital Thailand. Fasilitas ini akan memenuhi permintaan yang meningkat terhadap infrastruktur digital yang andal.”

Baca Juga :   Program Promosi Investasi Global Hengqin 2024

Ekspansi di Bangkok ini mengikuti pengumuman EDGNEX baru-baru ini tentang pusat data di Jakarta, Indonesia, semakin memperkuat kehadirannya di kawasan APAC. Investasi berkelanjutan EDGNEX pada pusat-pusat digital generasi berikutnya ini selaras dengan tujuan lebih luas mereka untuk meningkatkan konektivitas digital dan efisiensi operasional di seluruh kawasan tersebut, membuka jalan menuju masa depan yang lebih terintegrasi secara digital. (saf)