Scroll untuk baca artikel
Industri

Dual-Mode 5G Core dari Ericsson Dukung Ekspansi Konektivitas XL Axiata di Indonesia

19
×

Dual-Mode 5G Core dari Ericsson Dukung Ekspansi Konektivitas XL Axiata di Indonesia

Sebarkan artikel ini
(Ki-Ka) Giovanni Santini, Head of Cloud Software and Services Ericsson; I Gede Darmayusa, Direktur dan Chief Technology Officer PT XL Axiata Tbk; Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO PT XL Axiata Tbk; Krishna Patil, Head of Ericsson Indonesia; Ronni Nurmal, Director Ericsson Indonesia mengumumkan kerja sama Ericsson dan XL Axiata untuk menerapkan teknologi dual-mode 5G Core yang akan diimplementasikan di area Jawa Timur, Indonesia.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – XL Axiata bermitra dengan Ericsson (NASDAQ: ERIC) untuk menerapkan solusi dual-mode 5G Core, yang akan memperkuat transformasi jaringan di seluruh Indonesia.

Dual-mode 5G Core dari Ericsson akan mengintegrasikan layanan 4G dan 5G XL Axiata ke dalam satu jaringan inti berbasis kontainer dan cloud-native. Teknologi ini pertama kali akan diterapkan di Jawa Timur untuk memenuhi kebutuhan data yang meningkat di wilayah tersebut.

Dengan menggabungkan kemampuan 4G yang ada dan menambahkan layanan 5G sesuai kebutuhan operasional dan bisnis XL Axiata, solusi baru ini akan meningkatkan kinerja secara signifikan. Ini akan membuat jaringan lebih tangguh dan mengurangi biaya yang terkait dengan jaringan inti, seiring dengan diluncurkannya layanan dan konektivitas baru kepada pelanggan.

Baca Juga :   BANIQL Amankan Putaran Pendanaan Awal 1,6 juta Dolar untuk Merevolusi Ekstraksi Nikel dan Kobalt

Solusi dual-mode 5G Core dari Ericsson menggunakan arsitektur cloud-native, memastikan XL Axiata memiliki akses ke pembaruan perangkat lunak dan fitur-fitur terbaru, serta dapat melakukan pembaruan sesuai kebutuhan saat menghadirkan layanan baru.

Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, “Dengan bangga kami mengumumkan bahwa XL Axiata siap menjadi yang terdepan dengan transisi ke jaringan terintegrasi Dual-Mode 5G Core berbasis teknologi cloud-native untuk 4G dan 5G. Melalui kolaborasi dengan Ericsson, kami berharap dapat mengelola pertumbuhan pelanggan dengan efisien di tahun 2024 dan seterusnya, serta mengantisipasi penurunan biaya.”

Baca Juga :   Validation Cloud Dapatkan Pendanaan Pertama Sebesar $5,8 Juta Untuk Mendorong Infrastruktur Web3

Head of Ericsson Indonesia, Krishna Patil, menyatakan, “Sebagai pemimpin global dalam ICT, Ericsson berkomitmen mendukung XL Axiata dalam menyediakan teknologi terkini. Kami yakin dual-mode 5G Core dari Ericsson akan mendukung XL Axiata dalam memberikan pengalaman kelas dunia kepada para pelanggannya. Solusi ini memungkinkan operasional yang harmonis dari arsitektur jaringan inti 4G dan 5G XL Axiata, membuka potensi penuh 5G sambil memanfaatkan infrastruktur yang ada.”

Baca Juga :   Indosat Ooredoo Hutchison dan Ericsson Jalin Kerja Sama Dorong Digitalisasi di Indonesia

Kemitraan ini menandai langkah signifikan dalam industri telekomunikasi Indonesia. Dengan menggunakan dual-mode 5G Core dari Ericsson, XL Axiata tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan jaringannya di Jawa Timur, tetapi juga menetapkan standar baru untuk efisiensi operasional dan efektivitas biaya dengan arsitektur cloud-native. Peluncuran teknologi baru ini menunjukkan komitmen kedua perusahaan untuk memajukan transformasi digital di Indonesia. (saf)