Scroll untuk baca artikel

Finansial

BNI Dorong UMKM Sidoarjo Eksplorasi Pasar Internasional dengan Keripik Singkong

22
×

BNI Dorong UMKM Sidoarjo Eksplorasi Pasar Internasional dengan Keripik Singkong

Sebarkan artikel ini
Atase Perdagangan Sabbat Christian Jannes Sirait (kedua kiri), Head of Amsterdam Office BNI Belanda Dwi Wibowo (ketiga kiri), Ben Helen Trading Helen (tengah), Wakil Duta Besar KBRI Den Haag Freddy Martin Panggabean (ketiga kanan), Ben Helen Trading Benny (kedua kanan), dan Koordinator Divisi Makanan dan Minuman Aspina Renu Lubis (kanan) dalam pengiriman perdana UMKM Siduarjo ke Belanda pada akhir Januari 2024.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, atau BNI, terus berperan aktif dalam membuka pintu peluang internasional bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Melalui platform BNI Xpora, UMKM dari Sidoarjo, Jawa Timur, yakni PT Indorasa Utama, berhasil mengirimkan satu kontainer berukuran 40 kaki berisi 1.360 kotak produk snack singkong olahan ke Rotterdam, Belanda. Selain itu, pengiriman juga mencakup 400 kotak produk snack teri olahan dan 2.800 kotak produk bawang olahan ke destinasi yang sama.

Keberhasilan pengiriman perdana ini merupakan hasil kolaborasi BNI Xpora dalam proses business matching antara PT Indorasa Utama di Sidoarjo dengan Diaspora Buyer Ben Helen Trading, anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia (ASPINA) di Amsterdam, Belanda. Acara penyerahan produk UMKM ini berlangsung di Daxel Warehousing, Rotterdam, Belanda, akhir Januari 2024.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Duta Besar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag Freddy Martin Panggabean, Atase Perdagangan Sabbat Christian Jannes Sirait, Anggota Presidium Asosiasi Pengusaha Indonesia (ASPINA) Belanda Lubis, Head of Amsterdam Office BNI Amsterdam Dwi Wibowo, serta Benny dan Helen dari Ben Helen Trading Belanda.

Direktur Retail Banking BNI, Putrama Wahju Setyawan, menyatakan bahwa upaya BNI dalam memfasilitasi UMKM dan diaspora di Belanda telah membuahkan hasil positif. Ini menandakan bahwa produk-produk UMKM Indonesia memiliki kualitas yang diakui di pasar global.

Baca Juga :   Danacita Berkomitmen Jadi Alternatif Pembayaran Biaya Kuliah untuk Mahasiswa

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari business matching yang kami atur pada 10 Juli 2023 secara daring, dan kami berhasil mewujudkannya. Semoga ini menjadi langkah awal yang positif,” ujarnya.

Putrama menjelaskan bahwa proses business matching melibatkan sejumlah tahap, mulai dari pembahasan spesifikasi produk, pengemasan, pengiriman sampel produk, penentuan harga, hingga pembahasan kontrak penjualan untuk kerjasama jangka panjang. Pengiriman akhirnya dilakukan pada 13 November 2023 melalui pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan tiba di Rotterdam pada Senin, 22 Januari 2024. Ben Helen Trading akan mendistribusikan produk ke beberapa toko Asia di sekitar Belanda.

Baca Juga :   Pelepah Pisang Buka Peluang Ekspor: Anyaman Unik dari Indonesia Ke Italia

Putrama menambahkan bahwa melalui BNI Xpora, perseroan mendukung peningkatan potensi UMKM Indonesia agar dapat mengembangkan bisnisnya menuju UMKM yang Produktif, Digital, dan Global. Selain itu, BNI juga siap melayani diaspora Indonesia yang berperan sebagai pengusaha di luar negeri untuk menemukan supplier potensial di Indonesia.

“Semoga semakin banyak produk lokal Indonesia yang dapat meraih pangsa pasar global, dan para pelaku UMKM dapat meningkatkan kelas bisnis mereka,” tutupnya.(hdi)