Scroll untuk baca artikel
Finansial

Bank DKI Sabet Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

20
×

Bank DKI Sabet Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

Sebarkan artikel ini
Bank DKI meraih penghargaan sebagai Indonesia Best CSR in Bank Sector 2024 dari lembaga independen The Iconomics, yang diberikan langsung oleh Founder & CEO The Iconomics, Bram S. Putro dalam gelaran 6th Indonesia CSR Awards 2024 di Jakarta, Selasa (7/5/2024). (Foto: Dok. Bank DKI)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Bank DKI sekali lagi meraih pengakuan atas langkah proaktifnya dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Kali ini, Bank DKI dinobatkan sebagai penerima penghargaan Indonesia Best CSR di Sektor Perbankan 2024 oleh lembaga independen The Iconomics. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Founder & CEO The Iconomics, Bram S. Putro, dalam acara 6th Indonesia CSR Awards 2024 di Jakarta pada hari Selasa (7/5/2024).

Direktur Teknologi dan Operasional sekaligus Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono, menyampaikan rasa terima kasih kepada The Iconomics atas penghargaan tersebut, sambil mengabdikan penghargaan ini kepada semua pihak yang terlibat.

Baca Juga :   Jurus Bijak Kelola & Kendalikan Gaji, THR dan Bonus yang Datang Bersamaan

“Penghargaan ini adalah pengakuan atas berbagai upaya Bank DKI dalam mempromosikan bisnis berkelanjutan, salah satunya melalui program TJSL. Kami terus memperkuat implementasi TJSL yang terintegrasi dengan aktivitas bisnis kami,” ujar Amirul.

Lebih lanjut, Amirul menjelaskan bahwa sebagai lembaga keuangan, Bank DKI memiliki fokus dan arah dalam pelaksanaan CSR/TJSL, termasuk di antaranya pendidikan, literasi keuangan, pemberdayaan sosial, lingkungan hidup, serta dukungan terhadap seni dan budaya. Baru-baru ini, Bank DKI telah menghadirkan kebun hidroponik di Rusunawa Pasar Rebo sebagai bagian dari program Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK). Selain itu, Bank DKI juga memberikan bantuan pendidikan kepada anak-anak penderita cerebral palsy melalui Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta. Pada awal tahun 2024, Bank DKI juga turut serta dalam program pemberian gizi untuk menangani stunting di DKI Jakarta, sebagai bagian dari upaya mendukung salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) poin 2 dan 3, yaitu pemberantasan kelaparan dan kesehatan yang baik dan sejahtera.

Baca Juga :   Laba PT Pegadaian Melonjak di Kuartal I/2024 Capai Rp1,4 Triliun

Acara penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh The Iconomics, dengan dukungan dari Axia Research, adalah bentuk apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah melakukan kegiatan CSR atau TJSL selama setahun terakhir dan memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat. Diharapkan, penghargaan ini dapat mendorong perusahaan-perusahaan untuk memprioritaskan TJSL bukan hanya sebagai kewajiban, tetapi juga sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan citra positif mereka di mata para pemangku kepentingan.

Proses penilaian untuk menentukan penerima “Indonesia Best CSR 2024” dilakukan melalui survei online di 10 kota besar di Indonesia, secara acak kepada lebih dari 10.000 responden. Penilaian dilakukan berdasarkan dua aspek, yaitu Kesadaran Aktivitas CSR untuk mengukur sejauh mana publik mengetahui kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan, dan Citra CSR untuk mengetahui sejauh mana publik merasa bahwa perusahaan tersebut bertanggung jawab secara sosial.

Baca Juga :   Bitcoin Rebound di Atas 70.000 Dolar AS, Bersiap Tutup Bulan Maret dengan Positif

Dalam konteks terpisah, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menyatakan bahwa Bank DKI terus meningkatkan kontribusinya kepada masyarakat melalui program-program TJSL secara berkesinambungan.

“Dengan kolaborasi lintas sektor dan inisiatif-inisiatif inovatif, Bank DKI berkomitmen untuk menjadi motor perubahan yang memberdayakan masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” tutup Arie. (saf/infopublik.id)