Scroll untuk baca artikel
Finansial

Bank DKI Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu Audit Internal

28
×

Bank DKI Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu Audit Internal

Sebarkan artikel ini
Bank DKI meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu Audit Internal. (Foto: Dok. Bank DKI)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Bank DKI telah berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu Audit Internal, sebagai bagian dari komitmennya dalam meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi audit internal. Penyerahan sertifikasi ini dilakukan di Jakarta oleh Donny Moehardono, Kepala Badan Sertifikasi PT TUV Nord Indonesia, kepada Direktur Teknologi dan Operasional yang merangkap sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono.

Sertifikasi ISO 9001:2015 adalah kerangka kerja standar global untuk manajemen mutu, yang didasarkan pada 7 prinsip utama, termasuk Fokus pada Pelanggan, Kepemimpinan, Keterlibatan Sumber Daya Manusia, Pendekatan Proses, Peningkatan Terus-Menerus, Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti, dan Manajemen Hubungan dengan Stakeholder.

“Raihan Sertifikasi ISO 9001:2015 menunjukkan komitmen Bank DKI dalam menerapkan standar internasional pada fungsi esensial audit internal. Ini mencerminkan dedikasi dan kerja keras tim Manajemen serta seluruh karyawan Bank DKI dalam upaya meningkatkan kualitas operasional Perseroan, khususnya dalam sistem audit internal,” ungkap Amirul.

Baca Juga :   Pembangunan Kantor Cabang Mandiri Digital Services di IKN Dimulai

Amirul juga menyampaikan keyakinannya bahwa keberhasilan ini akan memberikan dampak positif pada peningkatan produktivitas dan kinerja operasional Perseroan secara keseluruhan. Dengan standar manajemen mutu audit internal yang tinggi, Bank DKI diharapkan mampu memberikan layanan terbaik dan memperkuat posisinya di industri perbankan, baik secara regional maupun nasional.

Bank DKI telah menjalani serangkaian proses penilaian untuk memenuhi standar ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Audit Internal. Proses ini mencakup Audit Tahap 1, yang melibatkan tinjauan terhadap sistem, manajemen yang terdokumentasi, proses risiko & peluang, serta pengetahuan organisasi. Selain itu, ada juga Audit Tahap 2, yang melibatkan wawancara terkait proses audit secara menyeluruh kepada Pemimpin Satuan Kerja dan Pejabat setingkat Pemimpin Divisi pada Satuan Kerja Audit Internal, termasuk Divisi Audit Teknologi Informasi, Divisi Manajemen Audit, Divisi Audit Umum, dan Unit Kontrol Internal Cabang (KIC).

Baca Juga :   Bank DKI Beri Kemudahan Akses Pinjaman Pendidikan bagi Mahasiswa

Dengan diterimanya Sertifikasi ISO 9001:2015 ini, Bank DKI menambah deretan sertifikasi berstandar internasional yang telah diterima dan dipertahankan, seperti ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Penyediaan Layanan Super Apps JakOne Mobile, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Layanan IT Helpdesk, dan ISO 31000:2018 Sistem Manajemen Risiko.

Baca Juga :   Sequis Ingatkan Perencanaan Keuangan agar Siap Rayakan Imlek

Sejalan dengan pencapaian ini, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menyatakan bahwa Sertifikasi ISO 9001:2015 bukan hanya menegaskan kualitas manajemen mutu audit internal Bank DKI, tetapi juga menunjukkan kesiapan Perseroan dalam menghadapi tantangan dan perubahan dinamis dalam industri perbankan. Langkah ini juga menjadi dorongan positif dalam membangun kepercayaan nasabah dan para Pemangku Kepentingan.

“Dengan mengacu pada prinsip-prinsip ISO 9001:2015, Bank DKI telah menetapkan komitmen jangka panjang untuk menjalankan operasional Perseroan dengan transparansi, integritas, dan fokus yang kuat pada kepuasan pelanggan,” tutup Arie.(saf/infopublik.id)