Scroll untuk baca artikel
Nasional

Anak Kebun Menjadi Lulusan Terbaik di SMK Telekomunikasi

30
×

Anak Kebun Menjadi Lulusan Terbaik di SMK Telekomunikasi

Sebarkan artikel ini
Wisuda SMK Telekomunikasi Tunas Harapan, Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (18/5).

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dengan memberikan kesempatan yang sama kepada para peserta didik di pelosok maupun kota besar, mereka dapat meraih aspirasi menjadi pembelajar berprestasi dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini tercermin di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan, Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu, 18 Mei 2024, ketika lima siswa dari Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) menjadi lulusan terbaik. Mereka berasal dari SMP Eka Tjipta di Kalimantan dan Sumatera dan pada tahun 2021 berhasil lolos seleksi program beasiswa prestasi jenjang SMK yang disediakan oleh Eka Tjipta Foundation (ETF).

Salah satu dari mereka adalah Imanuel Idas, yang selain lulus, juga meraih penghargaan sebagai lulusan terbaik dari program RPL. Prosesi wisuda tersebut semakin istimewa bagi Idas karena ayahnya, Ignasius Simbi, yang bekerja sebagai pemanen di perkebunan kelapa sawit Sinar Mas Agribusiness & Food di Rungau, Kalimantan Tengah, hadir untuk menyaksikan pencapaian anaknya. Simbi menyatakan rasa terima kasihnya, mengatakan bahwa tanpa beasiswa, pendidikan anaknya mungkin hanya akan sampai di tingkat SMP.

Dalam wisuda yang penuh haru tersebut, Idas berkata, “Saya sangat bersyukur bisa bersekolah di sini, tidak pernah menyangka menjadi lulusan terbaik.” Kepala Sekolah SMK Telkom Tunas Harapan, Wisnu Handoko, menyampaikan bahwa kelima penerima beasiswa ETF adalah anak-anak yang mandiri, rajin belajar, dan tidak pernah bermasalah selama bersekolah. Dia berharap akan ada lebih banyak lagi anak-anak berprestasi dari SMP Eka Tjipta yang melanjutkan studi di sana.

Baca Juga :   BRIN : Pusaran Angin pada Kejadian Ekstrem di Rancaekek Sulit Diprediksi

Wisuda ‘anak-anak kebun’ di Semarang, yaitu anak-anak dari karyawan perkebunan kelapa sawit yang tinggal di pelosok wilayah, menunjukkan bahwa Sekolah Eka Tjipta yang didirikan oleh Sinar Mas Agribusiness & Food dapat menghasilkan pembelajar berkualitas melalui pengelolaan yang baik. Beasiswa yang disediakan ETF membantu siswa untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Beasiswa ini mendapat dukungan dari berbagai pilar usaha Sinar Mas. Perwakilan dari Sinar Mas Energy & Infrastructures, Tri Setyantono, turut hadir dalam wisuda dan menyampaikan harapannya agar para lulusan SMK siap untuk bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Berjuang lebih kuat dari apa yang telah kalian capai hari ini,” kata Tri.

Baca Juga :   Menparekraf Gandeng Mitra Co-Branding Wonderful Indonesia Luncurkan Program ‘Belanja Ekstra Murah’

ETF adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh keluarga Widjaja sebagai wadah untuk melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang tersebar di lingkup Sinar Mas. Fokus ETF adalah pada bidang pendidikan, lingkungan hidup, pemberdayaan ekonomi kerakyatan, dan pelestarian filosofi hidup pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja, yaitu berintegritas, bersikap positif, berkomitmen, melakukan perbaikan berkelanjutan, inovatif, dan loyal. (saf)