Scroll untuk baca artikel
Nasional

Amerika Serikat Umumkan Komitmen Baru Senilai 126 Juta Dolar AS untuk Proyek Panas Bumi Indonesia

35
×

Amerika Serikat Umumkan Komitmen Baru Senilai 126 Juta Dolar AS untuk Proyek Panas Bumi Indonesia

Sebarkan artikel ini
Wakil Chief Executive Officer (DCEO) U.S. International Development Finance Corporation (DFC) Nisha Biswal pada hari Rabu (22/5) mengumumkan komitmen baru senilai 126 juta dolar AS untuk perusahaan listrik Indonesia PT Medco Cahaya Geothermal, sebuah investasi yang akan membantu memperkuat keamanan energi Indonesia dan berkontribusi untuk mencapai tujuan ekonomi bersama dengan Amerika Serikat.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – – Wakil Chief Executive Officer (DCEO) U.S. International Development Finance Corporation (DFC) Nisha Biswal pada hari Rabu (22/5) mengumumkan komitmen baru senilai 126 juta dolar AS untuk perusahaan listrik Indonesia PT Medco Cahaya Geothermal, sebuah investasi yang akan membantu memperkuat keamanan energi Indonesia dan berkontribusi untuk mencapai tujuan ekonomi bersama dengan Amerika Serikat.

Komitmen DFC untuk perusahaan tersebut terkoordinasi dengan bank infrastruktur Indonesia PT SMI, pemberi pinjaman yang membiayai proyek saat ini. Hal itu akan mendukung pengembangan dan pengoperasian pembangkit listrik Tahap I baru berkapasitas 31MW, Ijen Geothermal, yang akan menambah jumlah pembangkit listrik terbarukan di Jawa Timur – salah satu provinsi terpadat di Indonesia dengan jumlah penduduk 40 juta jiwa – dan menyediakan kapasitas pembangkit beban listrik dasar rendah karbon yang sangat dibutuhkan untuk jaringan listrik Jawa-Bali, sistem listrik terbesar di Indonesia.

Para pejabat dan analis di Indonesia menganggap perbaikan jaringan listrik sebagai kunci untuk mendukung Kemitraan Transisi Energi yang Adil, atau JETP, yang dikembangkan Indonesia bersama para pemimpin dunia lainnya selama kepemimpinannya di G20.

Proyek ini merupakan contoh terbaru keterlibatan Indonesia dengan Pemerintah AS di beberapa sektor penting, termasuk pembiayaan infrastruktur dan energi terbarukan, dan dukungan untuk usaha kecil – yang semuanya bertujuan untuk memajukan prioritas utama Indonesia di dalam negeri dan di seluruh kawasan.

“Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Ijen adalah bagian penting strategi ambisius Indonesia untuk transisi energi,” kata DCEO Nisha Biswal. “Proyek ini juga memperkuat tujuan bersama kita melalui Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia, yang akan meningkatkan keamanan ekonomi dan energi bagi kedua negara.”

DCEO Biswal bersama para perwakilan dari PT Medco Power Indonesia, anak perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk dan Ormat Technologies Inc. di Jakarta, Indonesia menghadiri upacara penandatanganan komitmen.

Pada November 2023, DFC mengumumkan investasi baru sebesar 131 juta dolar AS untuk usaha kecil dan pemberdayaan ekonomi perempuan di Indonesia.

Tujuan DFC untuk memajukan investasi sektor swasta di Indonesia mendukung Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia dan selaras dengan beberapa prioritas Pemerintah AS, termasuk Strategi Indo-Pasifik, Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik, dan Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi Global, serta JETP Indonesia.

###

U.S. International Development Finance Corporation (DFC) adalah bank pembangunan Amerika. DFC bermitra dengan sektor swasta untuk membiayai solusi tantangan terberat yang dihadapi negara berkembang saat ini. Kami berinvestasi di berbagai bidang, termasuk energi, layanan kesehatan, infrastruktur penting, dan teknologi. DFC juga membiayai usaha kecil dan perempuan pelaku wirausaha untuk menciptakan lapangan kerja di pasar-pasar yang sedang berkembang. Investasi DFC berpatokan pada standar tinggi dan menghormati lingkungan hidup, hak asasi manusia, dan hak-hak para pekerja.