Scroll untuk baca artikel
Industri

Agen Properti Jadi Jembatan Vital Penjual dan Pembeli Properti

34
×

Agen Properti Jadi Jembatan Vital Penjual dan Pembeli Properti

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi agen properti

BISNISASIA.CO.Id, JAKARTA – Peran agen properti sebagai jembatan vital antara penjual dan pembeli properti telah menjadi pilar utama dalam industri properti di Indonesia.

Hal ini dikarenakan mereka merupakan perantara yang terampil dan berpengetahuan luas.

Kerja sama antara Rumah123 dan agen properti terus berkembang dengan mendukung kehadiran digital serta menghadirkan potensi permintaan properti kepada mereka untuk ditindaklanjuti.

Kesinambungan kerja sama ini mencerminkan pentingnya sinergi antara marketplace dan agen dalam membangun ekosistem transaksi properti yang sukses dan bertumbuh.

Senior Vice President Listing Business Rumah123, Faizal Abdullah mengatakan, kehadiran secara digital tidak hanya menguntungkan agen properti, tetapi juga mendorong Rumah123 menjadi platform yang lebih efisien dan efektif bagi agen dalam menjalankan bisnisnya.

“Kami terus berinovasi dengan memastikan bahwa fitur, produk maupun layanan kami sesuai dengan relevansi kebutuhan agen dan mendukung mereka dalam mencapai tujuan bisnis,” katanya.

Saat ini, Rumah123 memiliki lebih dari dua juta listing properti aktif, dimana jumlah ini merupakan bentuk kepercayaan para agen properti dalam memasarkan listing propertinya.

Dalam memperkuat kepercayaan mereka, Rumah123 selalu berinovasi dengan mengembangkan fitur maupun layanan yang dapat membantu agen properti memperluas jangkauan calon pembeli dan potensi penjualannya di pasar.

Beberapa di antaranya, seperti product booster mencakup Premier Listing, Featured Listing, dan Top Properti untuk meningkatkan visibilitas properti yang dipasarkan kepada calon pembeli potensial.

Baca Juga :   AUKEY “Flagship Island Booth” Hadir di Istana BEC 2 Bandung

Selain itu, salah satu fitur terbaru yang diluncurkan belakangan ini oleh Rumah123 adalah K123DIT yang bisa digunakan untuk aktivasi Repost, yang bisa meningkatkan posisi iklan secara instan ke peringkat teratas di kelasnya. Ke depannya K123DIT juga bisa digunakan para agen properti untuk memanfaatkan fitur-fitur lain Rumah123.

“Fitur-fitur yang paling penting mencakup pencarian properti yang efisien, alat manajemen prospek yang kuat, dan analisis data yang mendalam yang kami hadirkan membantu agen mengambil keputusan yang lebih baik. Kami terus berupaya untuk menyediakan fitur maupun produk inovatif yang memberikan nilai tambah kepada para agen properti,” paparnya.

Dari segi permintaan, Rumah123 sebagai marketplace properti terbesar di Indonesia juga memiliki komitmen kuat dalam memastikan permintaan properti terus tumbuh agar memberikan nilai tambah yang signifikan bagi para pelaku industri, khususnya untuk agen properti.

Potensi industri tahun 2024 ini terlihat dari data Rumah123 di akhir tahun 2023 lalu, dimana pertumbuhan tahunan permintaan hunian yang dijual melonjak mencapai 62,9% dan hunian yang disewa sebesar 74,9%. Saat ini, Rumah123 melayani 6,7 juta lebih pencarian properti setiap bulannya.

“Rumah123 optimistis memperluas jangkauan pemasaran bagi para agen yang bergabung dalam platform kami. Kami bertekad meningkatkan permintaan properti dari masyarakat dengan menawarkan berbagai pilihan hunian berkualitas hingga program pembiayaan menarik.

Baca Juga :   SUEZ Raih Kontrak Instalasi Pengolahan Air Guna Tingkatkan Keamanan dan Reliabilitas Air Minum di Indonesia

Ini merupakan komitmen kami dalam mendukung agen properti mencapai lebih banyak calon pembeli dan meningkatkan performa bisnisnya. Kami telah melihat banyak contoh kesuksesan dimana agen yang menggunakan Rumah123 dapat meningkatkan visibilitas dan mendapatkan lebih banyak prospek penjualan properti, seperti yang dialami oleh GadingPro,” ungkap Faizal.

Founder GadingPro, Steven Milano mengungkapkan,  kehadiran digital yang kuat bagi agen properti sangat penting bagi kesuksesan jangka panjang karena memungkinkan kami memperluas pasar, mencapai lebih banyak klien, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Seluruh agen properti di GadingPro telah memanfaatkan Rumah123 dan memproses ribuan permintaan dalam beberapa bulan terakhir dari para calon pembeli potensial yang datang melalui Rumah123.

“Kami telah melihat dampak positif dukungan Rumah123 dalam meningkatkan kinerja agen dan memperluas jaringan bisnis,” katanya.

Sejak Juli 2023 hingga Januari 2024, rata-rata pertumbuhan agen GadingPro yang tergabung dalam Rumah123 mencapai 60 persen. Dari segi perkembangan listing properti juga tumbuh sebesar 49 persen dan permintaan hunian dari Rumah123 ke GadingPro meningkat hingga 60,7 persen.

Menurut Steven, dalam perjalanan mengembangkan performa bisnis, ada sejumlah tantangan yang dihadapi, seperti adaptasi terhadap teknologi baru dan persaingan pasar yang semakin kompetitif. Namun, GadingPro terus berinovasi dan bekerja sama dengan Rumah123 untuk menghadapi tantangan yang ada dan memberikan dukungan layanan berkualitas kepada agen-agennya.

Baca Juga :   Badan Pangan Nasional Memastikan Keseimbangan Komoditas Daging Sapi Sesuai Regulasi

“Salah satu strategi yang paling efektif adalah fokus pada konten listing berkualitas dan interaksi yang terus-menerus dengan audiens atau calon pembeli melalui berbagai platform digital. Kami memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan layanan terbaik kepada para klien,” kata dia.

Oleh karena itu, GadingPro juga mengembangkan program pelatihan dan pengembangan yang berkelanjutan terkait penggunaan teknologi terbaru dan terus mendorong para agen propertinya untuk terus berkembang agar tetap relevan di pasar properti yang dinamis. GadingPro pun optimistis rencana pengembangan cabang ke seluruh Indonesia akan tercapai jika berjalan berdampingan dengan Rumah123.

“Kami percaya pada pendekatan yang seimbang antara pemasaran secara online dan offline, sehingga GadingPro terus mengoptimalkan berbagai platform digital sambil tetap memanfaatkan strategi pemasaran tradisional yang terbukti untuk mencapai target pasar kami. Oleh karena itu, kami terus berinvestasi dalam teknologi dan sumber daya manusia untuk memastikan bahwa kami menjadi pemimpin dalam industri ini dan siap menghadapi perubahan serta memanfaatkan peluang-peluang yang ada,” kata Steven.