Scroll untuk baca artikel
Industri

ACE Hardware Indonesia Tetapkan Pembagian Dividen 75% dari Laba 2023 dalam RUPST

16
×

ACE Hardware Indonesia Tetapkan Pembagian Dividen 75% dari Laba 2023 dalam RUPST

Sebarkan artikel ini
Hartanto Djasman, Komisaris PT ACE Hardware Indonesia Tbk selaku Pimpinan RUPS telah mengesahkan mata acara RUPST Tahun Buku 2023 dan RUPSLB Tahun 2024 pada 7 Juni 2024.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACES atau Perseroan) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2023 di Gedung Kawan Lama, Jakarta Barat. Acara tersebut dilanjutkan dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk tahun buku 2024.

Dalam hasil putusan RUPST, disetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 75% dari total laba bersih tahun buku 2023. Adapun sisa laba bersih Perseroan setelah pembagian dividen akan dibukukan sebagai laba ditahan. Setiap pemegang saham ACES yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada 21 Juni 2024 hingga pukul 16.15 WIB akan menerima total dividen sebesar Rp33,5 per lembar saham, menjadikannya dividen terbesar yang pernah dibayarkan oleh Perseroan kepada publik. Dividen tersebut akan dibayarkan secara bertahap sesuai dengan jadwal berikut:

  • Cum Dividen Pasar Reguler dan Negosiasi pada 19 Juni 2024
  • Ex Dividen Pasar Reguler dan Negosiasi pada 20 Juni 2024
  • Cum Dividen Pasar Tunai pada 21 Juni 2024
  • Ex Dividen Pasar Tunai pada 24 Juni 2024
  • Pembayaran Dividen pada 5 Juli 2024
Baca Juga :   SANY Pimpin Pengembangan Bisnis Rendah Karbon di Industri dengan Nilai Penjualan Lebih dari US$ 400 Juta

Pembagian dividen tunai tersebut sejalan dengan kinerja Perseroan yang bertumbuh dengan sangat baik sepanjang tahun 2023, dengan total Dividen yang mencapai total hampir Rp574 miliar. Perseroan berhasil mencatatkan kinerja keuangan dan operasional yang positif melalui berbagai inisiatif strategis yang dilakukan sehingga berhasil meraih berbagai penghargaan, antara lain dinobatkan menjadi perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Indonesia untuk kedua kalinya dari Deloitte, penyedia layanan yang solutif untuk pelanggan untuk 13 kali berturut-turut dari Majalah Marketing, serta menjadi merek yang paling direkomendasikan untuk kebutuhan rumah dan gaya hidup di Indonesia dari MarkPlus, Inc.

Direktur Utama Perseroan, Prabowo Widya Krisnadi mengatakan, “Penetapan rasio dividen tunai ini merupakan sebuah bentuk komitmen kami untuk mengembalikan nilai yang semakin baik kepada para pemegang saham atas kepercayaan yang telah diberikan selama ini. Kami berterima kasih atas dukungan berkelanjutan dari seluruh pemangku kepentingan dalam setiap rencana strategis pengembangan bisnis kamis. Tentunya kami optimis, di tahun 2024 ini kami dapat terus memberikan kinerja terbaik melalui berbagai rencana strategis yang telah kami siapkan.”

Baca Juga :   Layanan Penumpang Prioritas, Petugas KCIC Siap Dampingi Sampai Stasiun Tujuan

RUPST juga menyetujui Laporan Tahunan dan mengesahkan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk Tahun Buku yang berakhir pada 31 Desember 2023, Penetapan penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023, Penunjukan Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik untuk Tahun Buku 2024 dan Penetapan Honorarium, serta persyaratan lain berkenaan dengan penunjukan tersebut, serta Penetapan Remunerasi Anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan.

Selain pelaksanaan RUPST, Perseroan juga mengumumkan langkah strategis ke depan yaitu mengubah nama perusahaan menjadi PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk dalam pelaksanaan RUPSLB. Perubahan nama ini diharapkan dapat lebih mencerminkan peran perusahaan yang lebih menyeluruh, lebih dari sekadar menawarkan produk-produk untuk home improvement, namun juga menjadi sumber aspirasi dan inspirasi untuk kehidupan yang lebih baik.

Hadir di Indonesia sejak tahun 1995, Perseroan terus bertumbuh pesat dan menjadi pusat ritel kebutuhan rumah dan gaya hidup terkemuka. Konsisten untuk hadir lebih dekat dengan pelanggan dan memperkuat layanan, sepanjang tahun 2023, Perseroan telah membuka 13 toko dan memperluas pasar di beberapa kota baru, yakni Tarakan, Singkawang, Purwakarta, Bontang, Cilacap, dan Metro. Sedangkan di tahun 2024, Perseroan memperluas layanannya di Banyuwangi dan Garut serta membuka 5 toko baru. Saat ini, jaringan penjualan perseroan telah berjumlah 236 toko yang tersebar di 69 kota di Indonesia.

Baca Juga :   Tambah Dua Tanker Gas Raksasa, PIS Sukses Jadi Top Tier Pengangkut LPG di Asia Tenggara 

Perseroan juga telah melakukan unifikasi member ACE Rewards dengan merek ritel Kawan Lama Group menjadi ruparupa rewards yang resmi diluncurkan pada bulan November 2023. Program unifikasi yang bekerja sama dengan ruparupa sebagai layanan omni-channel terpercaya dari Kawan Lama Group ini, bertujuan untuk menghadirkan lebih banyak keuntungan sehingga dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan nyaman. Ke depannya, Perseroan berkomitmen untuk terus memperkuat keunggulan operasional di seluruh aspek bisnis, termasuk meningkatkan kualitas produk dan layanan secara optimal, serta melakukan ekspansi secara strategis agar dapat bersaing secara unggul dan kompetitif selaras dengan prinsip-prinsip berkelanjutan. (saf)