Scroll untuk baca artikel
Nasional

PIS dan KLHK Ajak Masyarakat Lestarikan Sungai lewat Arung Edukasi Festival Ciliwung SH IML

22
×

PIS dan KLHK Ajak Masyarakat Lestarikan Sungai lewat Arung Edukasi Festival Ciliwung SH IML

Sebarkan artikel ini
Pertamina International Shipping (PIS) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali berkolaborasi merawat sungai Ciliwung lewat festival Ciliwung SH IML. Guna memperkuat dampak positif dan memperluas jangkauan kegiatan terutama untuk masyarakat sekitar, PIS dan KLHK menggandeng organisasi nirlaba Yayasan Sahabat Ciliwung.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA –  Pertamina International Shipping (PIS) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali berkolaborasi merawat sungai Ciliwung lewat festival Ciliwung SH IML.

Guna memperkuat dampak positif dan memperluas jangkauan kegiatan terutama untuk masyarakat sekitar, PIS dan KLHK menggandeng  organisasi nirlaba Yayasan Sahabat Ciliwung.

Bertema ‘Ciliwung Merdeka dari Sampah dan Limbah,’ Festival Ciliwung SH IML bertujuan membangun peran serta masyarakat dalam menjaga dan merawat kelestarian Sungai Ciliwung. Festival ini diadakan di Dermaga Perahu Sahabat Ciliwung, Depok, dan diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam upaya pelestarian lingkungan serta meningkatkan kesadaran publik mengenai pentingnya menjaga kebersihan sungai Ciliwung.

“Kolaborasi bersama KLHK dan Yayasan Sahabat Ciliwung ini merupakan bukti nyata komitmen hijau PIS serta peran bakti kami terhadap masyarakat sekitar. Melalui Festival Ciliwung SH IML ini, kami berharap dapat menumbuhkan kesadaran dan rasa kepemilikan masyarakat terhadap Sungai Ciliwung, yang merupakan bagian integral dari sejarah dan budaya daerah Jabodetabek,” ujar Vice President Health, Safety, Security and Environment (HSSE) PIS Ade Gunawan, Kamios (19/9/2024).

Baca Juga :   KKP Perkenalkan Potensi Investasi Ekonomi Biru di IMFBF 2024

Dalam program ini, KLHK, bersama dengan PIS dan tokoh masyarakat setempat, akan mengadakan lomba kebersihan bantaran sungai Ciliwung yang melibatkan lima kelurahan di sekitar Zona Gerbang Biru Ciliwung. Lomba ini bertujuan untuk mendorong gotong royong warga dalam membersihkan dan menjaga kelestarian sungai Ciliwung, khususnya di wilayah kelurahan masing-masing.

Lomba akan berlangsung dari 16 hingga 27 September 2024. Selama periode tersebut, masing-masing kelurahan diberikan kebebasan untuk melaksanakan kegiatan dengan cara yang unik dan kreatif, dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat serta memberikan dampak positif bagi kebersihan dan kelestarian Sungai Ciliwung. Sampah yang terkumpul dalam kegiatan ini, kemudian akan dikumpulkan dalam pembuangan sementara sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Baca Juga :   Bigo Live Donasikan Lebih Dari Rp100 Juta Kepada YKAKI dan Panti Asuhan Annajah

Selanjutnya, PIS dan Yayasan Sahabat Ciliwung akan melakukan penjurian terhadap peserta lomba kebersihan dengan menilai tiga aspek utama: jumlah peserta kegiatan, luas area yang dibersihkan, serta volume sampah anorganik yang berhasil diangkat setelah kegiatan. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada acara penutupan Festival Ciliwung SH IML, yang akan diadakan pada 28 September 2024.

Program Festival Ciliwung SH IML juga sejalan dengan kontribusi Pertamina Group dalam Festival CIliwung 2024 yang dibuka langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada Agustus 2024 lalu.

Pada kesempatan tersebut, Pertamina Group ambil bagian melalui Gerakan Membangun Bersih Indah Lestari Rahayu Ciliwung (Gerbang Biru Ciliwung) yang berfokus untuk rehabilitasi fungsi sungai Ciliwung yang berkelanjutan. Lebih lanjut Pertamina Group juga menanam 200 pohon serta mendonasikan 7 perahu karet untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Baca Juga :   KCIC Hadirkan Layanan Kereta Makan untuk Perjalanan Whoosh yang Lebih Nyaman

PIS berterima kasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam kolaborasi Festival Ciliwung SH IML, dimana sungai selain menjadi bagian penting dalam elemen kehidupan dan juga aliran akhirnya akan menuju ke laut menjadi bagian penting dalam aktivitas bisnis PIS, selaras dengan komitmen PIS mendukung NZE 2060.

“Melalui kolaborasi ini, PIS juga turut mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060 melalui pelestarian Sungai Ciliwung agar dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat baik secara lingkungan, sosial, maupun ekonomi. Kegiatan ini juga sekaligus diharapkan dapat menjaga kelestarian dan keberlangsungan ekosistem di Sungai Ciliwung sehingga ke depannya dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,” tutup Ade Gunawan.