Scroll untuk baca artikel
Finansial

‘Trust Your Spark’, DBS Indonesia Rayakan HUT ke-35 dengan Aksi Peduli Lingkungan Bersama Banksasuci di Cisadane

23
×

‘Trust Your Spark’, DBS Indonesia Rayakan HUT ke-35 dengan Aksi Peduli Lingkungan Bersama Banksasuci di Cisadane

Sebarkan artikel ini
Kepedulian Bank DBS Indonesia terhadap keberlanjutan melalui kegiatan seperti membersihkan bantaran sungai Cisadane, menanam pohon, membuat lubang biopori, dan memberikan literasi finansial kepada siswa/i SDN Pakulonan Barat I Kabupaten Tangerang.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dalam rangka merayakan HUT ke-35 Bank DBS Indonesia dan Hari Sungai Nasional pada 27 Juli, karyawan Bank DBS Indonesia kembali menyebarkan dampak positif kepada komunitas Banksasuci (Bank Sampah Sungai Cisadane) di Cihuni, Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan ini sejalan dengan semangat kampanye ‘Trust Your Spark’, yang menunjukkan kepedulian Bank DBS Indonesia terhadap keberlanjutan melalui kegiatan seperti membersihkan bantaran sungai Cisadane, menanam pohon, membuat lubang biopori, dan memberikan literasi finansial kepada siswa/i SDN Pakulonan Barat I Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh jajaran direksi Bank DBS Indonesia dan karyawan yang tergabung dalam People of Purpose, sebuah program sukarelawan karyawan dan bagian dari pilar keberlanjutan Impact Beyond Banking.

Sungai Cisadane memiliki daerah tangkapan seluas 154.654 hektar, menjadikannya salah satu sungai utama di Banten dan Jawa Barat. Sungai ini mencakup 44 kecamatan di lima kabupaten/kota: Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan. Sungai Cisadane merupakan satu-satunya sumber air untuk kebutuhan industri, irigasi, dan air minum di daerah ini, serta berfungsi sebagai pengendali banjir saat musim hujan.

Sayangnya, setiap hari Sungai Cisadane menerima sekitar satu ton sampah, termasuk sampah plastik. Sejak 2019, komunitas Banksasuci menjadi garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat sekitar, mengelola dampak banjir, dan membersihkan sampah plastik yang terbawa arus sungai. Bantaran sungai Cisadane di area Cihuni menjadi salah satu fokus warga untuk dilestarikan, mencegah erosi tepi sungai dengan menanam pohon kirai, memperkaya biota sungai dengan bibit ikan, dan membuat biopori di sekitar pemukiman dan sekolah.

Presiden Direktur Bank DBS Indonesia, Lim Chu Chong, menyatakan, “Sebagai bank yang memiliki tujuan positif, Bank DBS Indonesia memiliki kepedulian dan dampak keberlanjutan. Keseriusan kami dalam menjalankan agenda environment, social, dan governance (ESG) sesuai dengan pilar keberlanjutan Bank DBS Indonesia membuat kami semakin yakin bahwa ini membuat hidup dan kehadiran kami lebih bermakna. Kami sangat senang berkolaborasi dengan komunitas setempat dan berharap inisiatif ini dapat melindungi dan melestarikan ekosistem sungai untuk lingkungan yang berkelanjutan.”

Baca Juga :   Bank DBS Indonesia Dorong Inklusi Finansial Dukung Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Untuk mendukung inisiatif komunitas Banksasuci, kegiatan sukarela karyawan dibagi menjadi beberapa agenda, antara lain:

  • Membersihkan Sungai Cisadane dari sampah anorganik (plastik, kaleng, dll)
  • Menanam pohon kirai atau sagu yang bermanfaat untuk menyerap emisi kendaraan, menjadi peneduh, dan meredam kebisingan
  • Membuat lubang biopori untuk mengurangi sampah organik, menyuburkan tanah, mencegah banjir, dan menyeimbangkan kadar air tanah
  • Membersihkan dan mengecat area sekolah untuk membuat suasana lebih menyenangkan bagi siswa/i
  • Memberikan literasi finansial kepada siswa/i kelas 4-6 di SDN Pakulonan Barat I Kabupaten Tangerang, mengajarkan cara menabung sesuai kebijakan pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat sejak dini

Selain membantu masyarakat rentan, Bank DBS Indonesia melalui People of Purpose juga melakukan kegiatan edukasi literasi finansial seperti pengelolaan sumber daya, pendapatan, aset, dan modal kerja kepada pelaku UMKM di beberapa kota. Hingga Juni 2024, karyawan Bank DBS Indonesia telah mencatatkan 31.024 jam dedikasi untuk kegiatan sukarelawan.

Baca Juga :   BSI Targetkan Pertumbuhan Bisnis Emas 30 Persen

Kegiatan People of Purpose menggerakkan karyawan untuk berkontribusi positif bagi masyarakat sekaligus menghidupkan nilai-nilai Bank DBS Indonesia, terutama di area lingkungan, pendidikan, dan lansia. Untuk memperluas jangkauan kegiatan sukarela, Bank DBS Indonesia meningkatkan kemitraan dan kerja sama dengan berbagai institusi, yayasan, komunitas, dan wirausaha sosial yang memiliki visi sejalan. Pada 2023, DBS Group mengumumkan komitmen hingga SGD 1 miliar selama 10 tahun ke depan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat rentan dan mempromosikan inklusivitas. DBS Group akan mendistribusikan SGD 100 juta setiap tahunnya di Singapura dan pasar utama lainnya mulai 2024 guna meningkatkan inisiatif komunitas.

Seluruh program ini sejalan dengan kampanye terbaru Bank DBS Indonesia, ‘Trust Your Spark’, yang mengajak setiap orang untuk mengejar mimpi dan aspirasi mereka tanpa keraguan. Dengan motivasi tersebut, kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat di kawasan Sungai Cisadane serta menjadi pemantik bagi semua pihak untuk mengambil tindakan yang mengedepankan keberlanjutan. (saf)