BISNISASIA.CO.ID, HONG KONG – Software manajemen bisnis dan ERP Odoo resmi rilis konektor Shopee untuk pengguna di Asia.
Integrasi Odoo dan Shopee dengan API ini memudahkan operasional e-commerce dengan menyinkronkan dan mengelola pesanan Shopee langsung di Odoo.
Integrasi ini membuka peluang bagi sekitar 6 juta pengguna Odoo di Asia Pasifik untuk menambah pendapatan karena Shopee adalah platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara dengan pangsa pasar 48 persen. Selain manajemen penjualan online dan offline yang terpusat, integrasi ini memungkinkan seller untuk mengelola beberapa toko Shopee di berbagai negara dalam satu platform Odoo.
Setelah aktivasi berhasil, konektor ini otomatis menyalin pesanan Shopee ke Odoo. Setelah itu, sinkronisasi inventaris dilakukan secara otomatis untuk mengubah status pesanan secara real-time di kedua sistem, memastikan manajemen penjualan dan stok berjalan lebih efisien.
Konektor Odoo-Shopee menyederhanakan pengelolaan pesanan hingga pengiriman. Hanya dalam satu klik, seller bisa mencetak label pengiriman Shopee berikut nomor resinya secara langsung. Pilih metode FBM (Fulfillment by Merchant) untuk mengatur pengiriman sekaligus dengan pesanan dari berbagai channel lainnya.
Dengan konektor berbasis analitik ini, seller bisa mendapatkan visualisasi data penjualan di Shopee dengan fitur sales reporting Odoo. Keunggulan ini memungkinkan pengambilan keputusan bisnis berlandaskan data, mulai dari pengelolaan inventaris dan penjualan, strategi penetapan harga, hingga strategi pemasaran.
Matts Fievez, Direktur Odoo APAC, menyatakan bahwa misi Odoo adalah menyediakan tools yang mudah digunakan dan terjangkau untuk setiap pelanggan. “Kami merilis Konektor Shopee dalam versi standar kami dengan semua fiturnya secara gratis. Saya yakin ini akan sangat membantu pelanggan kami di Asia untuk memperluas jangkauan bisnis mereka dan mendominasi sektor ritel serta industri masing-masing,” sambungnya.
Integrasi ini juga merupakan pencapaian bagi Odoo Indonesia, “Di Odoo, kami bangga bisa menjadi bagian dari perjalanan transformasi ini, mendampingi jutaan bisnis di Indonesia untuk memaksimalkan potensinya melalui salah satu platform e-commerce paling dinamis di dunia dengan menyediakan fitur yang lebih seamless dan real-time,” ucap Benny Putra Sugito, Direktur Odoo Indonesia.