Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Bos Huawei Sarankan 4 Strategi Baru Mengeksplorasi Kecerdasan Buatan

40
×

Bos Huawei Sarankan 4 Strategi Baru Mengeksplorasi Kecerdasan Buatan

Sebarkan artikel ini
Di acara 10th Ultra-Broadband Forum (UBBF 2024), James Chen, President, Carrier Business, Huawei, menyampaikan paparan berjudul "Network+AI, Unleashing More Business Value".(PRNewsfoto/Huawei)

BISNISASIA.CO.ID, TURKI – James Chen, President, Carrier Business, Huawei mengatakan, untuk mengeksplorasi potensi AI, diperlukan strategi baru—pusat baru, layanan baru, pengalaman baru, dan kegiatan operasional baru—berperan penting.

Strategi tersebut membantu operator telekomunikasi memperluas cakupan pasar, mengembangkan layanan inovatif, serta meningkatkan daya saing sekaligus mengoptimalkan O&M jaringan dan mencapai kesuksesan bisnis.

Huawei berkomitmen bekerja sama dengan operator dan mitra global untuk merealisasikan nilai tambah bisnis yang semakin banyak, serta membangun masa depan teknologi digital dan pintar yang saling menguntungkan melalui ‘EMPAT’ strategi baru.”

Ketika industri ultra-broadband (UBB) dan AI berkembang pesat, jumlah pengguna gigabit fiber broadband telah menembus 300 juta, sedangkan kecepatan rata-rata paket home broadband kini mencapai 570 Mbit/detik.

Ada lebih dari 1.300 model dasar AI dan lebih dari 30.000 perusahaan AI di seluruh dunia. Industri UBB dan AI saling melengkapi, serta meningkatkan tingkat penggunaan gigabit broadband secara luas.

Baca Juga :   Huawei Luncurkan GoPaint Worldwide Creating Activity 2024

Huawei optimis bahwa “EMPAT” strategi menjadi kunci untuk merealisasikan nilai tambah bisnis yang lebih banyak lewat jaringan+AI.

Pusat baru: Pusat baru adalah Pusat AI (AI Hub) untuk layanan di rumah. Unsur utama AI Hub terletak pada pengembangan agen AI.

Agen AI akan menghubungkan manusia, benda, dan aplikasi, serta memahami dan merespons kebutuhan anggota keluarga, mengendalikan perangkat pintar, serta menghubungkan aplikasi AI guna memperluas jangkauan layanan di rumah. Pusat baru ini membantu operator membuat terobosan bisnis di segmen pengguna rumahan.

Layanan Baru: Operator bisa menyediakan layanan baru dan mengagregasi konten bermutu tinggi dengan AI untuk membangun ekosistem aplikasi AI yang dapat dipakai di rumah secara bertahap.

AI tak hanya memperbarui layanan konvensional, seperti interactive fitness dan motion-sensing games, namun juga melakukan inovasi layanan di rumah, seperti home service robot, layanan kesehatan, pendidikan, dan lain-lain. Maka, AI meningkatkan kualitas hidup dan secara bertahap membangun ekosistem AI di rumah.

Baca Juga :   OPPO Reno12 Series, Smartphone Terkuat dengan All-Round Armour

Pengalaman Baru: Layanan baru seperti cloud gaming, live commerce, pencarian foto dan video yang didukung AI, kerap bermunculan. Layanan tersebut sangat membutuhkan kualitas jaringan, termasuk latensi, uplink, dan downlink bandwidth, serta jitter.

Hal ini menghadirkan peluang monetisasi jaringan bagi operator. Maka, operator dapat melakukan monetisasi lewat model bisnis baru, seperti latency-based charging, upstream bandwidth-based charging, dan AI-function based charging.

Operator dapat membangun jaringan bermutu tinggi dengan konsep “Premium vertical and premium horizontal” guna mendukung pengalaman layanan bermutu tinggi dan monetisasi bisnis. Kunci dalam membangun jaringan dengan konsep “Premium vertical and premium horizontal” adalah membangun koneksi 1 ms antara pusat data dan akses 1 ms ke pusat data.

Kegiatan operasional baru: Ketika skala jaringan operator kian besar, peran autonomous driving network juga bertambah penting. AI mendukung high-level autonomous driving network dan meningkatkan efisiensi operasional jaringan.

Baca Juga :   Kecepatan dan Daya Tahan Jadi Pemimpin Inovasi Infrastruktur Digital di Sektor Keuangan

L4 autonomous driving network Huawei dirancang dengan Telecom Foundation Model agar operator bisa mengurangi keluhan pelanggan, mempersingkat penanganan keluhan pelanggan, meningkatkan efisiensi layanan, mengurang jumlah kunjungan staf ke lokasi jaringan, serta mempercepat penanganan kerusakan.

Di tengah transformasi teknologi pintar dan digital, “EMPAT” strategi ini tak hanya mencerminkan inovasi teknologi jaringan, melainkan juga menjadi motor penggerak agar nilai tambah bisnis terus tercapai. Pusat Baru, Layanan Baru, Pengalaman Baru, dan Kegiatan Operasional Baru saling mendukung, serta secara kolaboratif membentuk jalur menuju kesuksesan bisnis di segmen teknologi digital dan pintar.

Ke depan, Huawei akan selalu mengutamakan pelanggan, bekerja sama dengan operator dan mitra global untuk mengeksplorasi era teknologi digital dan pintar, mempercepat realisasi nilai tambah bisnis jaringan + AI, serta mewujudkan dunia yang cerdas dan sejahtera.