BISNISASIA.CO.ID, VIETNAM – Appier, perusahaan software-as-a-service (SaaS) yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dalam proses penentuan keputusan bisnis, mengumumkan kesuksesan luar biasa yang tercapai lewat kemitraan dengan Vietourist, salah satu perusahaan pariwisata terkemuka di Vietnam. Dengan
mengintegrasikan solusi AIQUA dan BotBonnie Appier, Vietourist mentransformasi strategi interaksi pelanggan (customer engagement) dengan mencapai pertumbuhan lead generation hingga 171%, serta mencatat average open rate sebesar 85% untuk program EDM yang dipersonalisasi. Hal tersebut membuktikan efektivitas solusi AI di industri pariwisata.
Dalam industri pariwisata modern, berbagai perusahaan kesulitan membangun daya saing di tengah pasar yang kompetitif dan berkembang pesat. Setelah arus pariwisata pascapandemi pulih, wisatawan menuntut pengalaman yang mudah dan sangat personal dalam setiap aspek.
Riset menunjukkan, personalisasi dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Bahkan, 86% wisatawan lebih berpeluang melakukan reservasi dengan sebuah perusahaan yang menyajikan rekomendasi dan layanan yang bersifat personal.
Agar mampu bersaing, perusahaan pariwisata harus berinvestasi pada solusi-solusi yang mewujudkan interaksi pelanggan secara seketika (real-time) dan berorientasi pada data. Tujuannya, menarik perhatian pelanggan potensial sekaligus meningkatkan pengalaman mereka.
Mentransformasi interaksi pelanggan dengan AIQUA dan BotBonnie
Berkolaborasi dengan Appier, Vietourist memanfaatkan fitur-fitur personalisasi AI pada AIQUA untuk mengotomatisasi dan mengoptimalkan program pemasaran. Hasilnya, Vietourist mencatat pertumbuhan interaksi pelanggan hingga 171%. Vietourist juga mencatat open rate hingga 85% untuk program EDM yang bersifat personal.
Maka, Vietourist berhasil melibatkan berbagai pengguna dalam setiap aspek perjalanan wisata mereka.
Nguyen Van Tam, Marketing Director, Vietourist, berkata: “Kesuksesan yang tercapai berkat kolaborasi dengan Appier sangat transformatif. Solusi-solusi AI Appier membantu kami berinteraksi dengan pelanggan lewat cara-cara yang bersifat personal dan relevan. Maka, kami mencapai pertumbuhan signifikan dari sisi lead generation dan interaksi pelanggan. Kami gembira menyambut masa depan, serta ingin terus bekerja sama agar pengalaman pelanggan semakin baik lagi.”
Meningkatkan lead generation dan interaksi pelanggan lewat personalisasi
Kemampuan Vietourist menjalankan program promosi yang bersifat personal dan otomatis pada platform web dan seluler menjadi kunci kesuksesan tersebut. Dengan platform AIQUA Appier, Vietourist mampu mengirim pesan dan rekomendasi produk yang dirancang khusus pada fase-fase penting dalam user journey. Vietourist pun mencatat kenaikan pelanggan web sebesar 300%, bahkan retensi pelanggan meningkat drastis.
Didukung platform conversational marketing BotBonnie, Vietourist juga mengotomatisasi interaksi pelanggan yang bersifat personal lewat web chat dan Facebook Messenger. Vietourist sukses memperoleh lebih dari 1.000 prospek (lead) hanya dalam tiga bulan. Respons otomatis ini, didukung AI, mengurangi aktivitas layanan pelanggan secara manual, serta menjamin pengalaman pelanggan yang bersifat personal.
Kemitraan yang penuh terobosan demi pertumbuhan berkelanjutan
Kemitraan Vietourist dan Appier membuktikan kekuatan solusi pemasaran yang didukung AI di sektor pariwisata modern. Dengan perangkat canggih Appier, Vietourist sukses memperluas skala operasional, menguasai pangsa pasar baru, serta membuat standar baru dalam interaksi pelanggan di industri pariwisata.
Ke depan, Vietourist akan memperluas penggunaan solusi Appier AI demi mempertahankan daya saing, serta selalu mewujudkan pengalaman wisata terbaik bagi pelanggan. Komitmen inovasi dan pertumbuhan ini menjadi basis perkembangan menarik bagi Vietourist pada masa mendatang, serta industri pariwisata secara keseluruhan.