Scroll untuk baca artikel
Finansial

ZA Tech Rebranding Menjadi Peak3, Raih Pendanaan Seri A US$35 Juta dari EQT dan Alpha JWC Ventures

50
×

ZA Tech Rebranding Menjadi Peak3, Raih Pendanaan Seri A US$35 Juta dari EQT dan Alpha JWC Ventures

Sebarkan artikel ini
Peak3

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – ZA Tech, penyedia sistem inti asuransi berbasis SaaS generasi berikutnya, telah berubah nama menjadi Peak3. Dengan pendanaan Seri A sebesar US$35 juta dari EQT dan Alpha JWC Ventures, Peak3 akan mempercepat ekspansinya secara global dan berinvestasi dalam solusi pelengkap seperti data dan AI.

Di pasar yang didominasi teknologi lama yang terfragmentasi, Peak3 telah menjadi pionir dalam sistem inti asuransi modular dan distribusi asuransi berbasis cloud, dengan kemampuan komprehensif untuk asuransi jiwa, kesehatan, dan umum. Sejak didirikan pada tahun 2018, Peak3 telah menjadi mitra teknologi pilihan bagi perusahaan asuransi ternama seperti AIA, Astra, Prudential, dan Zurich, baik untuk bisnis digital maupun tradisional. Peak3 juga telah bermitra dengan platform digital terkemuka seperti Grab, Home Credit, Klook, dan OVO untuk mengembangkan bisnis asuransi tertanam (embedded insurance).

Selain suksesnya pendanaan, Peak3 juga meraih sejumlah pencapaian penting yang mendasari rebranding ini. Pencapaian transformasional ini termasuk peluncuran sistem inti asuransi multi-negara dan multi-tenant pertama di Eropa, pengenalan platform data pelanggan terintegrasi dan big data untuk meningkatkan analitik dan kemampuan AI, serta pendirian pusat teknologi pertama di Eropa. Rebranding ini juga bertepatan dengan penerbitan lebih dari satu miliar polis asuransi pada sistem Peak3, termasuk polis pertama yang diterbitkan untuk pelanggan di Amerika Utara dan Afrika.

“Kami telah berkembang dari pelopor asuransi tertanam di Asia menjadi mitra teknologi global yang komprehensif untuk industri asuransi,” kata Bill Song, CEO dan Co-Founder Peak3 Group. “Nama baru kami mencerminkan tiga puncak: mendorong inovasi, melampaui batas kinerja, dan memberikan keandalan tinggi – sejalan dengan peran kami dalam membantu perusahaan asuransi mencapai puncak tertinggi dalam transformasi cloud, data, dan AI.”

Baca Juga :   Bank DBS Indonesia Dukung Akselerasi Pertumbuhan Sektor Otomotif di Indonesia

Dalam usahanya untuk mempercepat pertumbuhan, Peak3 telah menyelesaikan pendanaan Seri A dan menyambut dua investor baru, EQT, investor teknologi global utama dengan warisan mendalam di Eropa, dan Alpha JWC, perusahaan modal ventura terkemuka di Asia Tenggara dengan sejarah panjang di Indonesia. Dengan pendanaan ini, Peak3 akan meningkatkan kemampuan analitik dan AI-nya, memperluas operasinya di EMEA, dan membentuk kemitraan dengan sistem integrator baru.

“Alpha JWC antusias memulai fase berikutnya dari perjalanan digital bersama Peak3 dalam upaya menjadi pionir kemajuan industri asuransi. Dengan platform inti berbasis cloud, Peak3 memungkinkan pelanggan mengintegrasikan proposisi asuransi dengan mudah, meningkatkan efisiensi peluncuran produk baru, dan membuka aliran pendapatan baru. Pendekatan Peak3 tidak hanya menyederhanakan operasi tetapi juga memodernisasi sistem lama, mempercepat perjalanan menuju ekosistem yang lebih terhubung dan efisien. Komitmen Peak3 menandai langkah signifikan menuju kemajuan industri,” kata Jefrey Joe, General Partner di Alpha JWC Ventures.

Baca Juga :   Laba PT Pegadaian Melonjak di Kuartal I/2024 Capai Rp1,4 Triliun

Ian Lee, CEO Peak3 untuk Asia Tenggara, menegaskan kembali visinya: “Saat kami beralih ke babak baru sebagai Peak3 dan bermitra dengan Alpha JWC, komitmen kami tetap teguh untuk menyediakan produk teknologi mutakhir dan fondasi modern kepada perusahaan asuransi di Indonesia dan bagian lain dari Asia Tenggara. Kami akan terus memberdayakan perusahaan asuransi untuk mendorong inovasi dalam skala yang lebih besar, terutama karena mereka perlu berinteraksi dan menghadapi tantangan baru di dunia nyata yang dinamis, baik dalam mendorong transformasi digital, mengadopsi AI, atau mengekstraksi lebih banyak nilai dari bisnis yang ada.”

J.P. Morgan bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif untuk Peak3 dalam penggalangan dana Seri A ini. (saf)