Scroll untuk baca artikel
Industri

Yadea Memulai Pembangunan Pabriknya di Karawang, Berkapasitas Produksi 3 Juta per Tahun

21
×

Yadea Memulai Pembangunan Pabriknya di Karawang, Berkapasitas Produksi 3 Juta per Tahun

Sebarkan artikel ini
Yadea, merek kendaraan listrik terkemuka di dunia, menggelar acara peletakan batu pertama pabrik baru di Karawang, Indonesia.(PRNewsfoto/Yadea)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Yadea, merek kendaraan listrik terkemuka di dunia, menggelar acara peletakan batu pertama pabrik baru di Karawang, Indonesia.

Pabrik ini akan menjadi fasilitas produksi kedelapan Yadea di seluruh dunia, serta pabrik terbesar Yadea di Asia Tenggara.

Acara tersebut merupakan perkembangan penting dalam komitmen Yadea untuk mewujudkan inovasi dan keunggulan di segmen kendaraan listrik.

Yadea Indonesia berkomitmen besar menghadirkan produk sepeda motor dan sepeda listrik pintar yang bermutu tinggi dengan teknologi inovatif. Luas pabrik ini mencapai sekitar 270.000 meter persegi dengan kapasitas produksi tahunan yang diproyeksi sebanyak tiga juta unit.

Perkiraan nilai investasi yang ditanamkan Yadea untuk pabrik ini pada periode 2024-2028 mencapai US$ 150 juta. Ditargetkan beroperasi pada 2026, Pabrik Yadea Indonesia merupakan pencapaian penting dalam ekspansi bisnis Yadea.

Baca Juga :   BRI Jalin Kerja Sama dengan Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia

Pabrik baru Yadea ini mengintegrasikan teknologi produksi canggih, seperti sistem hanging conveyor inovatif untuk aktivitas produksi real-time dan on-demand. Lini perakitan otomatis dan sistem pengelasan robotik juga menjamin aktivitas manufaktur berjalan cepat dan efisien.

Maka, satu unit sepeda motor listrik dapat diproduksi dalam waktu rata-rata 40 detik. Sistem conveyor otomatis mengurangi risiko pengangkutan produk. Sebelum produk dikirim, inspeksi produk juga dilakukan dengan tingkat kecermatan 100% agar pelanggan hanya memperoleh produk terbaik.

“Kami gembira mengumumkan rencana pembangunan pabrik Yadea di Indonesia. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi tahunan yang sangat besar, yakni tiga juta unit. Tingkat permintaan kendaraan listrik roda dua yang bermutu tinggi telah berkembang pesat di pasar Indonesia.

Besarnya volume permintaan ini mencerminkan potensi pasar yang masif. Di sisi lain, pemerintah Indonesia pun mendukung industri transportasi energi baru lewat kebijakan insentif,” ujar Wang Jinlong, General Manager, Yadea Indonesia Manufacturing Company.

Baca Juga :   East Ventures dan Temasek Foundation Umumkan Edisi Kedua CIIC 2024

Setelah mengadakan acara peletakan batu pertama pada hari ini, Yadea Manufacturing Plant tak hanya memperkuat statusnya sebagai pemimpin pasar di segmen kendaraan listrik roda dua di Indonesia, namun juga menggerakkan transisi menuju solusi transportasi yang lebih ramah lingkungan. Menurut Yadea, pabrik baru di Indonesia tidak hanya memenuhi permintaan di pasar dalam negeri, namun juga mengekspor produk ke negara-negara tetangga. Pabrik ini akan menghadirkan solusi kendaraan listrik (EV) kelas dunia bagi masyarakat Indonesia. Di sisi lain, solusi EV tersebut juga mengandalkan teknologi inovatif yang memenuhi dan melampaui standar keselamatan berkendara serta kualitas produk.

Baca Juga :   SCG Lipatgandakan Penggunaan Limbah Industri dan Biomassa sebagai Bahan Bakar dan Bahan Baku Alternatif

Tentang Yadea: Yadea (01585.HK) adalah merek kendaraan listrik roda dua yang terkemuka di dunia. Lini produk Yadea mencakup sepeda motor listrik, moped listrik, sepeda listrik, dan skuter listrik. Yadea telah menyediakan produk dan layanan bermutu tinggi bagi 80 juta pengguna, serta membangun jaringan yang terdiri atas 40.000+ peritel di seluruh dunia.