Scroll untuk baca artikel
Industri

WIR Group Catat Peningkatan Laba Bersih 42% di 2023 dan 11% di Kuartal I 2024

24
×

WIR Group Catat Peningkatan Laba Bersih 42% di 2023 dan 11% di Kuartal I 2024

Sebarkan artikel ini
- WIR Group (PT WIR ASIA Tbk), perusahaan teknologi imersif dan web3 yang berfokus pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Artificial Intelligence (AI), dan blockchain di Asia Tenggara, menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2023 serta Public Expose (PUBEX) pada Jumat, 7 Juni 2024.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – WIR Group (PT WIR ASIA Tbk), perusahaan teknologi imersif dan web3 yang berfokus pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Artificial Intelligence (AI), dan blockchain di Asia Tenggara, menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2023 serta Public Expose (PUBEX) pada Jumat, 7 Juni 2024.

Peningkatan pendapatan yang signifikan, keberhasilan retensi klien, serta inovasi dalam solusi digital menjadi sorotan utama dalam kedua acara tersebut. Salah satu mata acara RUPST adalah penjelasan mengenai pelaksanaan kegiatan usaha Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023 dan kinerja keuangan Perseroan.

 Sepanjang 2023, WIR Group berhasil menorehkan peningkatan laba bersih sebesar 42% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan tahun buku 2023 juga tumbuh sebesar 47% yang mayoritas dikontribusikan pada segmen pendapatan dari solusi platform digital.

Keberhasilan WIR Group menjaga momentum pertumbuhan secara finansial juga direfleksikan dalam hasil kinerja keuangan dan operasionalnya untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mencatat pertumbuhan yang sehat atas pendapatannya yang meningkat sebesar 8% dari kuartal pertama tahun sebelumnya.

Laba bersih Perseroan juga mengalami pertumbuhan sebesar 11% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan itu diatribusikan pada efisiensi beban operasional serta pertumbuhan pendapatan Perseroan yang berkelanjutan dan berkesinambungan dengan tetap konsisten dalam menjaga profitabilitasnya.

 Trend pertumbuhan positif WIR Group merupakan tren berkelanjutan yang selalu dijaga oleh manajemen. Hal tersebut dapat terefleksikan dari tingkat pertumbuhan Compound Annual Growth Rate (CAGR) sepanjang tahun 2021-2023 dimana pendapatan bertumbuh dengan CAGR sebesar 103% dan Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) bertumbuh dengan CAGR sebesar 76%.

 Dalam keterangannya pada sesi RUPST, Michael Budi, Direktur Utama WIR Group menjelaskan, “Sepanjang 2023, Perseroan sukses menjaga momentum pertumbuhan dengan sangat baik dari sisi pendapatan. Peningkatan pendapatan diiringi lompatan EBITDA, dan laba bersih.

Segmen pendapatan dari solusi platform digital merupakan kontributor utama pendapatan. Solusi platform digital merupakan unit bisnis Perseroan yang memiliki dan mengembangkan platform digital berbasis AR,VR, dan AI yang memiliki skalabilitas yang tinggi dan potensi aplikasi yang luas pada berbagai macam lini industri.

Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyediakan solusi terbaik bagi klien kami. Dengan keberhasilan yang telah dicapai dan berbagai inisiatif yang sedang berjalan, WIR Group optimis akan pertumbuhan yang berkelanjutan dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi para pemangku kepentingan.”

 Tahun buku 2023 juga mencatat ekspansi Perseroan di kancah internasional. WIR Group telah bertemu dengan Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr., beserta jajaran menterinya untuk membahas implementasi ekosistem teknologi Perseroan.

Anak usaha WIR Group, AR&Co, juga berkesempatan menghadirkan teknologi interaktif dan imersif untuk acara Allianz Asia Pacific Summit di Bangkok dan memeriahkan SPORTEC 2023 di Jepang bersama dengan Endline.

Di dalam negeri, berbagai solusi inovatif telah meramaikan perkembangan adaptasi teknologi yang semakin inklusif, contohnya Nusameta Creator Tools, sarana bagi pembuat konten untuk menciptakan pengalaman dan interaksi yang intens dalam ekosistem virtual Nusameta. Anak usaha lainnya, Mindstores, memperkaya pengalaman berbelanja dengan Application Programming Interfaces (API) yang mampu mengintegrasikan jaringan retail ke aplikasi-aplikasi pihak ketiga dengan cepat.

 Di sisi lain, pencapaian-pencapaian ini telah mendapat beberapa pengakuan dari berbagai institusi. Dalam ajang PR INDONESIA Awards (PRIA) 2023 yang diselenggarakan Maret 2023, WIR Group meraih 3 penghargaan untuk kategori Kanal Digital, Laporan Tahunan Terbaik, dan Terpopuler di Media Massa.

Di bulan yang sama, WIR Group juga menerima penghargaan untuk kategori The Best Transformation & Digital Innovation dan The Best Chief Innovation Officer dalam perhelatan Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2023. Terakhir, WIR Group meraih penghargaan Best Corporate Secretary Award untuk kategori Software pada ajang Indonesia Best Corporate Secretary Awards 2023.

 RUPST dan PUBEX WIR Group juga mengumumkan keberlanjutan kepemimpinan yang telah direncanakan. Seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan yang bertujuan menjadi pemain global, maka WIR Group melakukan perubahan manajemen yang diyakini akan membawa perspektif segar dan visi strategis untuk masa depan perusahaan.

Posisi Direktur Utama saat ini dijabat oleh Stephen Budiman Ng, menggantikan, Michael Budi, yang beralih tugas menjadi Komisaris Perseroan.

Selain itu terdapat alih tugas Jimmy Halim yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur menjadi Komisaris, dan juga terdapat perubahan komposisi Komisaris Perseroan. Manajemen baru diyakini dapat membawa ide-ide baru yang adaptif, pendekatan inovatif, dan mampu meningkatkan efisiensi operasional dan responsivitas terhadap pasar.

 

Baca Juga :   Pupuk Kaltim Targetkan Tambahan 75.000 Hektar Lahan dan 23.000 Petani Bergabung di Program MAKMUR