Scroll untuk baca artikel
Industri

SIRCLO Lakukan Ekspansi Pusat Pemenuhan Pesanan dan Gudang

55
×

SIRCLO Lakukan Ekspansi Pusat Pemenuhan Pesanan dan Gudang

Sebarkan artikel ini
Warehouse SIRCLO di Taman Tekno, Tangerang Selatan (Foto: Kamadjaja Logistics)

BISNISASIA.CO.ID, TANGERANG – SIRCLO, omnichannel commerce enabler terdepan di Indonesia, mengumumkan langkah strategis ekspansi area fulfillment center sebesar 2 kali lipat ke wilayah Benoa Raya, Tangerang. Inisiatif ini sebagai bentuk respons optimisme SIRCLO terhadap pertumbuhan lanskap e-commerce di Indonesia yang diprediksi terus meningkat selama tahun-tahun mendatang.

Menurut laporan “e-conomy SEA 2023” yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, ekonomi digital Indonesia berpotensi mencapai nilai USD 110 miliar pada tahun 2025 dan sektor e-commerce menjadi faktor pendorong utama. Data Statista juga menunjukkan prediksi pertumbuhan pengguna e-commerce di Indonesia meningkat dari 180,6 juta di tahun 2023 menjadi 189,6 juta di tahun 2024.

Rinaldi Tjhin, Chief Services Officer SIRCLO menyampaikan, “Ekspansi ini bukan sekedar langkah operasional bisnis, namun juga wujud optimisme SIRCLO terhadap peluang e-commerce di Indonesia yang semakin terbuka lebar. Dengan adanya pertumbuhan jumlah pengguna dari tahun ke tahun dan perkembangan kebutuhan pasar belanja online di Indonesia, kami berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas fulfilment centre SIRCLO dan senantiasa memperbaharui teknologi untuk melayani kebutuhan klien dan konsumen dengan semakin baik.”

Baca Juga :   Kepanikan bank mereda di Wall Street. Selanjutnya: Kepanikan Fed

Kapasitas Ganda, Efisiensi Lebih Tinggi

Fokus ekspansi ini ditujukan kepada salah satu layanan SIRCLO, yaitu SIRCLO Commerce, sebuah layanan dari hulu ke hilir bagi pemilik merek berskala besar yang ingin memperluas pasarnya melalui kanal penjualan online. Solusi ini mencakup pengelolaan penjualan di berbagai marketplace besar yang beroperasi di Tanah Air, merancang program promosi dan pemasaran, fulfillment dan warehousing, hingga memastikan setiap pesanan diterima oleh konsumen.

SIRCLO Commerce memperluas area gudang menjadi dua kali lipat dari ukuran sebelumnya untuk mengakomodasi peningkatan minat dan kebutuhan belanja online. Teknologi sistem manajemen order yang dihadirkan oleh SIRCLO Commerce pun akan mendongkrak kapabilitas pemenuhan pesanan hingga 2,5 kali lipat lebih banyak.

Baca Juga :   Starbucks Adhyaksa Diumumkan sebagai Gerai Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia

Berdasarkan data dari International Data Corporation (IDC) Asia Pacific, nilai transaksi di platform e-commerce diperkirakan akan mencapai USD 118 miliar pada tahun 2027. Adanya kampanye khusus di platform e-commerce, seperti festival tanggal kembar (double day), turut mendukung pertumbuhan ini. SIRCLO mencatat pertumbuhan pesanan pada festival tanggal kembar sebesar 21% secara rata-rata dari 2022 hingga 2023. Menyambut potensi tersebut, SIRCLO berkomitmen meningkatkan daya operasional dengan mempercepat proses pemenuhan pesanan konsumen secara lebih cekat, optimal dan efisien.

Dalam menangani pemenuhan pesanan daring, SIRCLO Commerce turut menggandeng Kamadjaja Logistics sebagai salah satu mitra strategis. Ivy Kamadjaja, selaku Deputy CEO & CMO Kamadjaja Logistics mengatakan, “Kemitraan kami dengan SIRCLO diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pada setiap tahap pemenuhan pesanan daring dengan ketepatan dan kecepatan yang lebih tinggi—dimulai dari pesanan masuk dalam sistem, pengambilan barang, quality control, pengemasan, hingga penyerahan ke logistik pihak ketiga (3PL). Ekspansi gudang dan fulfilment centre SIRCLO selaras dengan optimisme kami terhadap potensi perkembangan e-commerce di Indonesia, di mana Kamadjaja Logistics bertekad meneruskan misi untuk memberikan nilai tambah kepada seluruh mitra di dalam ekosistemnya sebagai penyedia jasa logistik yang unggul dan inovatif.”

Baca Juga :   Penelitian Knight Frank Rilis 10 Kota yang Paling Diincar Investor, IKN?

“Ekspansi area fulfillment center ke Benoa Raya merupakan salah satu prioritas kami untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh klien yang telah mempercayai layanan SIRCLO Commerce selama satu dekade ke belakang. Langkah ini merupakan wujud adaptasi dan inovasi SIRCLO dalam lanskap digital Indonesia yang kian dinamis,” tutup Rinaldi.(saf)