Scroll untuk baca artikel
HeadlineIndustri

Shanghai Electric Pamerkan Berbagai Solusi Energi Terbarukan di Pameran Netralitas Karbon

22
×

Shanghai Electric Pamerkan Berbagai Solusi Energi Terbarukan di Pameran Netralitas Karbon

Sebarkan artikel ini
Shanghai Electric (SEHK:2727, SSE:601727) memamerkan sederet solusi energi baru di ajang "Shanghai International Neutrality Expo in Technologies, Products, and Achievements" edisi kedua yang berlangsung pada 5-8 Juni.

BISNISASIA.CO.ID, SHANGHAIShanghai Electric memamerkan sederet solusi energi baru di ajang “Shanghai International Neutrality Expo in Technologies, Products, and Achievements” edisi kedua yang berlangsung pada 5-8 Juni.

Sistem energi baru yang dipamerkan ini mencerminkan terobosan penting dalam misi Shanghai Electric untuk menciptakan teknologi ramah lingkungan yang mendukung transisi nol karbon. Teknologi tersebut meliputi pembangkit listrik tenaga bayu, fotovoltaik, sistem penyimpanan energi, dan jaringan transmisi listrik.

Lebih lagi, teknologi tersebut dirancang agar sejalan dengan strategi Tiongkok untuk menjadi perekonomian yang berkelanjutan dan berprinsip netralitas karbon pada beberapa dekade berikutnya.

Sejumlah solusi lain yang dipamerkan Shanghai Electric adalah sistem peralatan terintegrasi yang menghasilkan optimalisasi sistem yang lebih baik, keringkasan, dan sistem kendali pintar. Shanghai Electric juga menampilkan aplikasi inovasi visionernya di lingkungan gurun pasir, lepas pantai, dan perkotaan. Maka, Shanghai Electric menunjukkan komitmen mentransformasi teknologi yang ikut mempercepat dekarbonisasi dunia.

  • Untuk PLTB, Shanghai Electric memamerkan turbin PLTB lepas pantai frekuensi rendah 16 MW. Turbin ini memiliki kapasitas terbesar pada kategorinya sehingga menawarkan berbagai keunggulan. Beberapa di antaranya, kapabilitas transmisi listrik yang lebih baik, koneksi jaringan transmisi listrik yang fleksibel, serta kendali fleksibel yang lebih optimal.
  • Agar baterai penyimpanan energi bekerja memiliki kinerja yang kian baik sekaligus menghemat biaya, Shanghai Electric telah mengembangkan baterai 500kW/2MWh jenis vanadium-iron liquid flow dengan kapasitas tunggal yang terbesar di dunia. Baterai ini menggunakan formula elektrolit yang dirancang secara independen oleh Shanghai Electric sehingga memangkas biaya hingga 40%. Berkat struktur baterai dan membran pertukaran ion bebas fluorida yang inovatif, Shanghai Electric meningkatkan densitas energi baterai secara drastis, begitu pula dengan efisiensi konversi dan daya tahan baterai tersebut.
  • Berbobot ringan dan ringkas, alkaline electrolyzer seri Z buatan Shanghai Electric yang hemat biaya memiliki beban yang lengkap. Produk ini juga memiliki kapasitas produksi hidrogen dalam satu tangki yang berkisar 1.000 hingga 3.000 Nm3/h, sedangkan densitas arusnya juga tergolong tinggi yakni 10.000 A/m.
  • Menampilkan inovasi sistem jaringan transmisi listrik, Shanghai Electric mengembangkan peralatan flywheel 25Mvar yang terintegrasi dan berinersia tinggi. Peralatan ini meningkatkan kapasitas arus pendek dan respons kecepatan sistem. Di sisi lain, energi kinetik dari kombinasi flywheel tercatat 140 MW.s dengan waktu inersia konstan 11,2 detik. Dengan inersia rotasi dari flywheel dan phase shifter rotor, kombinasi flywheel ini secara langsung melepaskan energi kinetik yang tersimpan sehingga meningkatkan inersia sistem dan stabilitas frekuensi.
Baca Juga :   ID FOOD Susun Rencana Pengembangan Teknologi Industri Gula

Di stan pameran, Shanghai Electric juga memamerkan turbin F-class heavy-duty hydrogen-blended, sistem penyimpanan energi dengan udara terkompresi, transformator bertegangan sangat tinggi, serta teknologi tenaga nuklir “Guohe One”. Shanghai Electric juga menggelar demo interaktif yang memperlihatkan solusi nol karbon yang visioner di laut, gurun pasir, dan perkotaan mendukung inisiatif beban puncak karbon dan netralitas karbon Tiongkok.