Scroll untuk baca artikel
Finansial

Program Gadepreneur dari Pegadaian, Dorong Pertumbuhan UMKM yang Berkelanjutan

16
×

Program Gadepreneur dari Pegadaian, Dorong Pertumbuhan UMKM yang Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
Program Gadepreneur 2024. (Foto: Humas PT Pegadaian)

BISNISASIA.CO.ID, BANDUNG – PT Pegadaian mengumumkan keberhasilan 360 peserta terbaik dalam program Gadepreneur, setelah melewati proses kurasi dari total 3.174 peserta lainnya. Para peserta terpilih ini berasal dari berbagai latar belakang, termasuk di antaranya dari sektor kuliner, fashion, kecantikan, dan kerajinan dari 12 wilayah di seluruh Indonesia.

Program Gadepreneur 2024 tidak hanya berfokus pada pengembangan bisnis para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), tetapi juga mengusung prinsip sosial dalam kerangka Environmental, Social, dan Governance (ESG), serta memberikan kontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Eka Pebriansyah, Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian, menyatakan bahwa UMKM merupakan pilar ekonomi Indonesia yang menyumbang sebagian besar dari produk domestik bruto (PDB) dan lapangan kerja. Dengan memberdayakan UMKM melalui Gadepreneur, PT Pegadaian turut berperan dalam pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

Baca Juga :   BCA Sekuritas: Saham Sektor Perbankan Menjanjikan pada 2024

“Pegadaian selalu berusaha untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, salah satunya melalui program Gadepreneur ini. Kurikulum mentoring Gadepreneur 2024 dirancang secara komprehensif, dengan tujuan untuk memperkuat fondasi bisnis peserta. Kami berharap agar UMKM di Indonesia dapat ‘Naik Kelas’ dan memainkan peran yang lebih signifikan dalam perekonomian nasional. Oleh karena itu, kami berfokus dalam membimbing peserta dari awal hingga akhir,” ujar Eka di Jakarta, pada Senin (4/3/2024).

Dengan tema “Modul Starting”, materi yang disampaikan pada program Gadepreneur 2024 meliputi Goal Setting, Riset Pasar & Produk, Mendesain Merek & Kemasan, Merancang Distribusi & Promosi, Selling & Konversi, Basic Negotiation, Digital Marketing Strategy, dan Accounting for Business Owners. Kami berkomitmen dalam membimbing peserta dari A-Z,” tambah Eka.

Baca Juga :   Pegadaian Beri Bantuan pada Masyarakat Korban Puting Beliung di Rancaekek-Jatinangor

Peserta terpilih akan melanjutkan ke tahap mentoring guna meningkatkan kapabilitas, produktivitas, kualitas, dan daya saing UMKM di Indonesia.

Kegiatan mentoring yang dilaksanakan secara tatap muka ini akan dipimpin oleh dua tokoh bisnis terkemuka, yaitu Jaya Setiabudi sebagai Founder Yukbisnis dan Gazan Azka Ghafara sebagai Founder dan CEO ZANANA, yang keduanya telah berjanji untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam membangun bisnis yang sukses.

Rangkaian kegiatan ini akan dilaksanakan di 12 Kantor Wilayah PT Pegadaian. Dimulai dari tanggal 22 Februari di Kanwil Jakarta 2, 24 Februari di Kanwil Medan dan Pekanbaru, 26 Februari di Semarang dan Jakarta 1, 28 Februari di Palembang, 29 Februari di Kanwil Surabaya, tanggal 4 Maret di Bandung, tanggal 5 Maret di Kota Palu, 6 Maret di Balikpapan, dan terakhir pada tanggal 8 Maret di Lombok dan Makassar.

Baca Juga :   Kemenkop UKM Dukung Pengembangan UMKM Furnitur dan Kerajinan Berwawasan Lingkungan

Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam perjalanan para pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bersaing di pasar yang semakin ketat.

Program Gadepreneur 2024 terbuka untuk nasabah, agen, mitra PT Pegadaian, serta pelaku usaha lain yang berkeinginan untuk mengembangkan bisnisnya. Melalui program ini, PT Pegadaian membuka kesempatan bagi peserta UMKM untuk memperluas jaringan bisnis mereka, dan memastikan akses pasar yang lebih luas. Setelah fase pendampingan tatap muka di 12 Kantor Wilayah, akan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan daring dan rebranding bagi 2 UMKM terpilih dari setiap wilayah.(saf/infopublik.id)