Scroll untuk baca artikel
Industri

Pelepah Pisang Buka Peluang Ekspor: Anyaman Unik dari Indonesia Ke Italia

31
×

Pelepah Pisang Buka Peluang Ekspor: Anyaman Unik dari Indonesia Ke Italia

Sebarkan artikel ini
Anyaman unik dari pelepah pisang dari Indonesia.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – CV Nikmat Sentausa, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang produksi anyaman, telah berhasil mengubah pelepah pisang lokal menjadi komoditas bernilai tinggi yang diminati hingga ke pasar internasional, khususnya Italia.

Pemilik CV Nikmat Sentausa, Hendri Sugiaji, menceritakan tentang kerjasama bisnisnya dengan berbagai mitra di Italia yang berhasil mengangkat pamor produknya ke level global.

“Para pembeli dari Italia memesan kemasan botol minuman anggur yang terbuat dari anyaman pelepah pisang. Selain memberikan sentuhan estetika, anyaman ini juga berperan penting dalam melindungi barang selama pengiriman serta memberikan aroma khas yang memikat,” ungkap Hendri.

Baca Juga :   Yili Group Masuk dalam "2023 Forbes China Globalization Innovators Selection Top 30 Brands"

Hendri juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), yang telah memberikan dukungan besar dalam mengembangkan bisnis ekspornya melalui program BNI Xpora.

“Berkolaborasi dengan BNI, usaha ekspor saya berkembang pesat. Bukan hanya aspek pembiayaan, BNI juga memberikan kemudahan dalam berbagai transaksi keuangan, baik domestik maupun internasional,” ujar Hendri.

Baca Juga :   Industri Alat Kesehatan Nasional Raih Kerja Sama Sebesar 1 Juta Euro saat Pameran Arab Health 2024

Dalam menyikapi kontribusi BNI terhadap UMKM Go Global, Anggota Komisi XI DPR RI Marinus Gea menyampaikan apresiasinya.

“BNI memberikan dorongan positif bagi UMKM, termasuk di Tangerang, yang menghasilkan produk unik dan bernilai tinggi yang layak dipasarkan di luar negeri. Terima kasih kepada BNI atas peran kunci dalam mendukung UMKM melalui program BNI Xpora,” ujar Marinus.

Baca Juga :   Vedanta Aluminium diakui CSA S&P Global sebagai Produsen Aluminium Paling Berkelanjutan di Dunia

Marinus juga menegaskan bahwa upaya BNI dalam mendorong UMKM Go Global memiliki dampak positif dalam membangun ekonomi masyarakat.

“Keberhasilan UMKM tidak hanya membawa kemajuan bagi bisnis itu sendiri, tetapi juga turut berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian, terutama dalam menciptakan lebih banyak lapangan kerja bagi penduduk lokal,” pungkasnya.(hdi)