Scroll untuk baca artikel
Industri

Multistrada Arah Sarana Proyeksikan Pertumbuhan Positif di Tahun 2024

12
×

Multistrada Arah Sarana Proyeksikan Pertumbuhan Positif di Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Ki ke Ka - Ade Nofita, Ritesh Kumar, Sai Banu Ramani, Monika Rensina Hapsari

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) memproyeksikan pertumbuhan penjualan bersih secara keseluruhan akan semakin menguat di tahun yang akan datang. Sepanjang tahun 2023, MASA membukukan pertumbuhan pendapatan bersih meskipun terjadi penurunan volume penjualan ban jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Presiden Direktur PT Multistrada Arah Sarana, Tbk. Sai Banu Ramani menyatakan bahwa strategi perusahaan selama tahun 2023 tetap berfokus untuk memaksimalkan potensi pasar ekspor, serta mengembangkan portofolio produk di pasar domestik, baik melalui portofolio produk eksisting maupun produk baru.

Laporan keuangan MASA menunjukkan penurunan pada penjualan ban mobil penumpang dan ban sepeda motor pada 2023, baik di pasar domestik maupun internasional.

Kendati demikian, MASA mencatatkan peningkatan total pendapatan dan penjualan sebesar 489 juta dolar AS, meningkat 5% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  Artinya, perusahaan telah berhasil memanfatkan peluang untuk memperkuat segmen pasar ban sembari memperluas margin keuntungan.

“Pencapaian kinerja positif selama tahun 2023 tak lepas dari strategi utama perusahaan, yakni memastikan keberlangsungan bisnis dengan mengoptimalkan peluang pemasaran, meningkatkan penawaran produk, serta menyesuaikan bauran produk guna beradaptasi dengan permintaan pasar. Kami akan tetap berfokus pada strategi yang sama di tahun 2024 karena kami optimis bahwa tren positif perusahaan akan terus berlanjut.

Baca Juga :   Kemitraan UMKM dengan Industri Otomotif Kunci Utama Menuju Industrialisasi Sektor Otomotif

Tentunya, berbekal wawasan dan pengalaman berharga yang sudah kami dapatkan, serta didukung oleh portofolio produk yang cukup lengkap, baik untuk pasar domestik maupun ekspor yaitu Michelin, BF Goodrich, Uniroyal, dan Corsa” lanjut Sai Banu Ramani dalam Paparan Publik (Public Expose) usai rapat umum pemegang saham tahunan dengan agenda penyampaian laporan kinerja tahun 2023.

Adapun perusahaan mencatatkan volume penjualan 6,09 juta unit ban mobil penumpang dan 2,08 juta unit untuk ban sepeda motor. Total pendapatan bersih yang didapatkan dari penjualan sebesar 489 juta dolar AS dengan margin bersih, meningkat 4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Serangan Terhadap Perangkat Seluler Meningkat Secara Signifikan

Catatan positif juga ditorehkan pada distribusi penjualan bersih pada kuartal pertama tahun 2024, dengan kenaikan penjualan sebesar 8% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut merupakan kontribusi dari penjualan di wilayah Amerika sebesar 14%. Dampak dari kenaikan penjualan juga memberikan dampak terhadap laba kotor, naik sebesar 9%.