Scroll untuk baca artikel
Headline

Menparekraf: Ekonomi Berkelanjutan Kunci Pariwisata Indonesia di Panggung Global

16
×

Menparekraf: Ekonomi Berkelanjutan Kunci Pariwisata Indonesia di Panggung Global

Sebarkan artikel ini
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat hadir sebagai salah satu pembicara di "AVPN Global" yang berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Selasa (23/4/2024). (Foto: dok. Kemenparekraf)

BISNISASIA.CO.ID, ABU DHABI – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), menegaskan bahwa keberlanjutan dan kualitas dalam praktik pariwisata akan menjadi fondasi utama bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang akan turut mewujudkan visi “Indonesia Emas 2045”.

“Dengan fokus pada ekonomi pengetahuan, ekonomi hijau dan biru, serta ekonomi inklusif dan berkelanjutan, Indonesia siap membuka diri sebagai destinasi pariwisata unggulan secara global,” ujar Menparekraf Sandiaga saat menjadi pembicara dalam acara “AVPN Global” di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Selasa (23/4/2024).

Komitmennya terhadap praktik berkelanjutan telah dinyatakan sebelumnya oleh Indonesia dalam forum-forum internasional, termasuk saat Presidensi G20 pada tahun 2022 dan Kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023.

Kedua peristiwa tersebut menandai peran Indonesia dalam memulihkan ekonomi global, serta memperlihatkan pencapaian yang mengesankan bagi dunia, menjadi titik tolak untuk membangun kembali kepercayaan dalam perekonomian pasca-pandemi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baca Juga :   Elon Musk Respon Kematian Mobil Apple

“Ekonomi Indonesia saat ini dalam kondisi memadai, dengan pertumbuhan PDB yang konsisten melebihi 5 persen setiap tahunnya selama satu dekade terakhir,” tambahnya.

Sandiaga Uno menjelaskan bahwa komitmen terhadap pariwisata berkelanjutan tercermin melalui berbagai program yang telah diimplementasikan oleh kementeriannya sepanjang tahun. Beberapa di antaranya adalah program CHSE, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), penghitungan jejak karbon, serta dukungan dan bantuan dalam pengelolaan limbah.

Di hadapan peserta AVPN Global, Sandiaga Uno menyampaikan sejumlah program yang akan mendukung pengembangan ekonomi di masa mendatang, termasuk 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang bertujuan untuk mempromosikan destinasi lain selain Bali.

Baca Juga :   Ajaib Kripto: Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Waktunya Buy The Dip!

“Selain itu, kami juga menghadirkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, menawarkan berbagai peluang investasi seperti akomodasi, kuliner, tur kesehatan dan kebugaran dengan konsep regeneratif berkelanjutan, serta beragam inovasi menarik dalam sektor ekonomi kreatif dan digital,” ungkap Sandiaga Uno. (saf)