BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Blue Bird Tbk membuka tahun 2024 dengan catatan kinerja positif di tengah tantangan tahun politik dan libur hari raya. Melalui optimalisasi lebih dari 22 ribu armada, Perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp1,12 triliun atau tumbuh 7,1 persen secara year on year (YoY).
Bluebird menunjukkan komitmen dalam meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan perseroan meraih kenaikan laba 23,8% dibandingkan kuartal sebelumnya dengan catatan Rp117,3 miliar, walaupun laba secara YoY turun 6,8 persen.
Perseroan secara konsisten mempromosikan mobilitas Standar Nyaman Indonesia (SNI) dan berbagai inisiatif Visi Keberlanjutan. Bluebird meluncurkan fitur MySubscription pada aplikasi MyBluebird untuk menjadikan mobilitas SNI makin terjangkau yangturut mendorong loyalitas pengguna dengan variasi paket untuk perjalanan mereka.
Tiga pilar Visi Keberlanjutan Bluebird turut mencatatkan hasil positif. Pada pilar BlueSky, Perseroan berhasil menekan 174 ribu ton emisi karbon sejak inisiatif adopsi kendaraan bahan bakar gas, bahan bakar listrik, dan panel surya diluncurkan. Perseroan memandang keberlanjutan sebagai upaya kolektif dengan mengajak pelanggan berkontribusi Sustainability Movement, yaitu gerakan positif untuk bumi. Untuk armada listrik, di kuartal I ini jumlahnya meningkat menjadi 225 unit.
Setiap kilometer perjalanan yang ditempuh bersama Bluebird juga semakin berarti untuk mendukung pendidikan. Hampir 40 ribu anak pengemudi dan karyawan telah merasakan beasiswa yang menjadi salah satu inisiatif pilar BlueLife. Kepatuhan akan Good Corporate Governance (GCG) juga secara konsisten dipraktikan Perseroan sebagai bentuk komitmen dalam pilar BlueCorps.
Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk optimis Bluebird dapat terus meningkatkan kinerja secara berkelanjutan. “Di tengah situasi yang dinamis, perusahaan berhasil menunjukkan kemampuan dalam memanfaatkan peluang untuk tumbuh. Inovasi yang secara konsisten kami lakukan berhasil menjaga relevansi terhadap kebutuhan pelanggan.” (saf)