Scroll untuk baca artikel

Nasional

KAI Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang saat Libur Isra Mikraj dan Imlek

21
×

KAI Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang saat Libur Isra Mikraj dan Imlek

Sebarkan artikel ini
Ketersediaan kursi bagi penumpang KAI Jarak Jauh. (Foto: KAI)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) telah menyiapkan total 1.085 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh untuk melayani penumpang selama libur panjang Isra Mikraj dan cuti bersama Imlek, yang berlangsung dari Rabu hingga Minggu (7-11 Februari 2024). Ini berarti rata-rata 217 perjalanan KA Jarak Jauh setiap harinya.

Jumlah ini menunjukkan penambahan sebanyak 10 perjalanan KA Jarak Jauh dibandingkan dengan minggu sebelumnya, dari Rabu, 31 Januari hingga Minggu, 4 Februari, yang memiliki total 1.075 perjalanan KA Jarak Jauh.

Adapun penambahan perjalanan KA-KA Jarak Jauh meliputi empat perjalanan KA Manahan (Gambir – Solo Balapan pp), empat perjalanan KA Sancaka (Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp), dan dua perjalanan KA Kaligung (Cirebon Prujakan – Semarang Poncol pp).

Baca Juga :   Gandeng BRIN, Ini Hasil Kajian Sementara Kenaikan Pajak Hiburan bagi Sektor Pariwisata

Joni Martinus, Wakil Presiden Hubungan Masyarakat KAI, menjelaskan bahwa peningkatan frekuensi perjalanan kereta api ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pelanggan selama libur panjang di awal Februari 2024.

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini adalah bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, terutama pada masa padat seperti akhir pekan panjang ini,” ujar Joni, dikutip dari InfoPublik pada Selasa (6/2/2024).

Berdasarkan data pada Senin, 5 Februari 2024, total tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual untuk keberangkatan Rabu (7/2/2024) hingga Minggu (11/2/2024) mencapai 462.592 tiket, dengan rata-rata 92.518 tiket per hari. Namun, jumlah ini masih 64 persen dari total tiket KA Jarak Jauh yang tersedia, yakni 722.472 tiket.

Baca Juga :   Acara "Promoting Connectivity between Peoples for a More Beautiful Homeland" dan "Top Ten News Release for China-ASEAN Cooperation" Telah Digelar di Indonesia

KAI mengharapkan agar masyarakat yang merencanakan perjalanan selama libur panjang Isra Mikraj dan Imlek, namun belum memiliki tiket, segera membelinya melalui aplikasi KAI Access, situs web kai.id, atau saluran lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Jika tiket pada tanggal dan rute tertentu telah habis, pelanggan masih dapat memilih tanggal dan rute alternatif, atau menggunakan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI, yang akan memberikan opsi perjalanan dengan menggabungkan jadwal kereta yang tersedia.

Baca Juga :   Satu Anggota KKB Tewas dan 2 Ditangkap Saat Baku Tembak dengan Satgas TNI-Polri

Joni juga menambahkan bahwa rute-rute favorit masyarakat selama libur panjang ini antara lain Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Malang pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, Blitar – Bandung pp, dan rute lainnya.

“Dengan menyediakan layanan transportasi kereta api selama libur panjang, KAI bertekad untuk memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman kepada masyarakat, tanpa harus menghadapi kemacetan di jalan raya. Sehingga momen liburan bersama keluarga atau teman dapat dinikmati dengan penuh kegembiraan,” tutup Joni.(saf/infopublik.id)