Scroll untuk baca artikel

Teknologi

Google Search Hapus Fitur Halaman Web Cache

13
×

Google Search Hapus Fitur Halaman Web Cache

Sebarkan artikel ini
Salah satu fitur tertua dan paling terkenal di Google Search, tautan cache, akan dihentikan, kata penghubung pencarian Google dalam sebuah posting X yang dilihat oleh The Verge. (Sumber: mycitycoid)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA –  Salah satu fitur tertua dan paling terkenal di Google Search, tautan cache, akan dihentikan, kata penghubung pencarian Google dalam sebuah posting X yang dilihat oleh The Verge.

Dikenal dengan tombol “Cache”, tautan tersebut merupakan cuplikan halaman web saat terakhir kali diindeks oleh Google.

Namun, menurut Google, tombol tersebut tidak lagi diperlukan.

“Tombol ini dimaksudkan untuk membantu orang mengakses halaman ketika dulu, Anda sering kali tidak bisa bergantung pada pemuatan halaman,” tulis Danny Sullivan dari Google dalam postingannya.

Baca Juga :   Alibaba Cloud Resmikan Platform Nirserver untuk Maksimalkan Pemanfaatan AI

“Sekarang ini, keadaan sudah jauh lebih baik. Jadi, diputuskan untuk menghentikannya.

Namun, saat ini, fitur tersebut digunakan lebih dari sekadar cadangan halaman web.

Banyak orang yang mengandalkannya untuk memeriksa keabsahan sebuah situs, dan manajer SEO dapat menggunakan fitur tersebut untuk memeriksa halaman mereka dari kesalahan.

Banyak pengguna, terutama para profesional di bidang berita, menggunakan cache untuk melihat apakah sebuah situs web baru saja diperbarui, dengan informasi yang ditambahkan atau dihapus.

Dan terkadang, cache memungkinkan Anda memeriksa situs yang diblokir secara geografis di wilayah Anda.

Baca Juga :   OPPO A79 5G Berikan Pengalaman Audio Visual Luar Biasa dan Kelancaran Jangka Panjang

Sebelumnya, mengklik menu tiga titik di sebelah hasil akan membuka dialog “tentang hasil ini” dengan tombol Cache di kanan bawah.

Namun sekarang, menu ini membuka menu yang jauh lebih besar yang menampilkan halaman “tentang” situs web, keterangan tentang Wikipedia, pengaturan privasi, dan banyak lagi dan tombol cache sekarang tidak terlihat lagi.

Tak satu pun dari komentar dalam balasan Sullivan yang positif, dengan seorang pengguna SEO mengatakan “ayolah, mengapa menghapus fungsi tersebut? Ini sangat membantu untuk semua SEO.”

Baca Juga :   Rencana Rilis PlayStation 6 Berpotensi Terungkap, Berkat Microsoft

Sullivan mengatakan, suatu hari nanti Google mungkin akan menambahkan tautan ke Internet Archive di mana tombol tautan cache sebelumnya berada, di dalam About This Result.

Namun, hal tersebut sepertinya masih jauh dari kata pasti, dan akan mengalihkan sejumlah besar lalu lintas ke Internet Archive.

“Tidak ada janji. Kami harus berbicara dengan mereka, melihat bagaimana semua ini akan berjalan – melibatkan orang-orang di luar saya tapi saya pikir itu akan menyenangkan,” tulisnya.