Scroll untuk baca artikel
Industri

EDGNEX Data Centres by DAMAC Umumkan Investasi Data Center 15 MW di Indonesia

19
×

EDGNEX Data Centres by DAMAC Umumkan Investasi Data Center 15 MW di Indonesia

Sebarkan artikel ini
EDGNEX Data Centres by DAMAC secara resmi mengumumkan investasi Pusat Data berkapasitas 15 MW di Indonesia. Pengumuman ini disampaikan oleh Danish Nayar, SVP Investasi dan Akuisisi, DAMAC Capital (ketiga dari kanan), bersama rekan-rekannya di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024 pada 16 Mei 2024.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – EDGNEX Data Centres by DAMAC, bagian dari DAMAC Group yang bergerak di bidang infrastruktur digital global, secara resmi mengumumkan investasinya di Indonesia dengan rencana pembangunan data center canggih di Jakarta. Pengumuman ini disampaikan pada acara Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024 pada 16 Mei 2024. Pembangunan fase pertama dijadwalkan selesai pada kuartal keempat tahun 2025, sebagai langkah strategis dalam mendukung ekonomi digital dan ekosistem start-up yang dinamis di negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Indonesia, sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, mencatatkan pertumbuhan sebesar 5% tahun-ke-tahun dari Januari hingga Maret 2023. Jakarta sedang mempersiapkan peningkatan kapasitas pusat data menjadi 1GW. Untuk mendukung pertumbuhan ini, diperlukan lebih banyak colocation data center yang memenuhi standar Tier III yang berkelanjutan, dengan uptime dan keandalan tinggi untuk memenuhi peningkatan permintaan penggunaan internet di wilayah tersebut.

EDGNEX hadir untuk mendorong inovasi dan merevolusi pasar data center dengan menyediakan teknologi canggih guna memenuhi meningkatnya permintaan dari Penyedia Layanan Cloud (CSP) dan penerapan Kecerdasan Buatan (AI).

Hussain Sajwani, Pendiri dan Chairman DAMAC Group, menjelaskan, “EDGNEX mengidentifikasi dan berinvestasi di hub digital masa kini dan masa depan. Digitalisasi pemerintah yang kuat, penetrasi internet yang tinggi, dan demografis muda yang paham teknologi memerlukan infrastruktur canggih untuk mendukung ekonomi digital yang berkembang. Dengan pengumuman ini, kami senang mendukung upaya pemerintah dan membawa keahlian kami dalam menetapkan standar baru untuk data center di Asia Tenggara, yang akan mengkatalisasi inovasi dan pertumbuhan teknologi lebih lanjut di seluruh wilayah.”

Baca Juga :   Profesor Unpar Ini Harap Kebijakan Pelarangan Angkutan Logistik Saat Libur Keagamaan Tak Dilakukan Mendadak

Data center baru ini akan berlokasi strategis di MT Haryono, Jakarta, hanya 3 kilometer dari salah satu cluster pusat data yang saling terhubung, titik pertukaran internet terpenting di pusat data sentral Jakarta. Fasilitas ini akan memiliki akses jalan ganda dan konektivitas serat optik yang luar biasa, memastikan keandalan layanan yang tinggi dan kinerja superior untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terus berkembang.

Baca Juga :   Samsung Innovation Campus Kembangkan Kompetensi AI dan IoT untuk Generasi Muda Indonesia

Danish Nayar, SVP Investasi dan Akuisisi, DAMAC Capital, menambahkan, “Kami sangat antusias dengan peluang pertumbuhan di Jakarta. Fasilitas baru kami di pusat kota Jakarta akan memenuhi permintaan yang semakin meningkat untuk Penyedia Layanan Cloud, Edge Nodes, dan potensi penerapan Kecerdasan Buatan. Kami juga sedang berinvestasi dalam format serupa di seluruh Asia Tenggara dan global.” (saf)