Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Dari Korea, untuk Dunia: Perjalanan Hyundai Hadirkan Inovasi Mobilitas dengan Teknologi Terdepan

13
×

Dari Korea, untuk Dunia: Perjalanan Hyundai Hadirkan Inovasi Mobilitas dengan Teknologi Terdepan

Sebarkan artikel ini
Hyundai Pony Coupe

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Mobil listrik dengan performa tinggi (high-performance EV) siap mengguncang dunia otomotif. Riset menunjukkan bahwa nilai pasar dari high-performance EV secara global dapat mencapai 243,15 miliar dolar AS, atau sekitar 4.000 triliun rupiah, pada 2028. Pertumbuhan pesat ini salah satunya didorong oleh pengembangan teknologi baterai EV yang semakin baik dalam menyimpan dan menyalurkan energi serta menerima pengisian daya yang lebih cepat, sehingga memungkinkan hadirnya high-performance EV yang menjanjikan.

Di tengah fenomena yang semakin berkembang ini, Hyundai Motor Company siap menjadi yang terdepan dalam menghadirkan high-performance EV inovatif bagi para pengendara. Strategi ini sejalan dengan visi perusahaan–Progress for Humanity–di mana Hyundai konsisten berinovasi untuk menciptakan solusi mobilitas masa depan terbaik.

Dalam menghadirkan inovasi yang mampu mengarahkan masa depan, Hyundai selalu berkaca pada pencapaiannya dari masa ke masa. Menapak tilas kontribusi perusahaan terhadap evolusi industri otomotif adalah cara Hyundai untuk terus menjadi game-changer di tengah dunia yang terus berubah. Pada perjalanannya menciptakan high-performance EV, Hyundai melihat jauh ke belakang menuju salah satu milestone paling bersejarah bagi perusahaan: Hyundai Pony.

Kendaraan Produksi Massal Pertama dari Hyundai: Hyundai Pony 

Pony adalah kendaraan Korea Selatan pertama yang diproduksi secara massal dan diekspor ke luar negeri. Hadir pada 1974 dengan desain yang autentik dan timeless, Pony sukses menjadi mobil paling populer di Korea Selatan pada waktu itu. Bahkan, pada 1976, Pony sudah mampu mencakup 44% pangsa pasar dan menjadi mobil pertama bagi banyak orang di Korea Selatan.

Bersama Pony, Hyundai juga menciptakan Pony Coupe Concept. Mengusung tampilan eksterior yang berani dan futuristis berkat profil desain geometris, Pony Coupe Concept hadir sebagai terobosan unik di masa tersebut yang benar-benar membedakannya dengan mobil lain.

Baca Juga :   BMW R 1300 GS Segera Mengaspal di India

Pony dan Pony Coupe adalah legacy penting bagi Hyundai. Keduanya memberikan pengaruh yang signifikan terhadap arah desain dari lini produk Hyundai selanjutnya. Bahkan, kini kita bisa melihat bagaimana Pony dan Pony Coupe menjadi inspirasi bagi Hyundai dalam menciptakan salah satu kendaraannya dengan rancang bangun paling inovatif sampai saat ini: IONIQ 5.

Kendaraan Listrik Produksi Lokal Pertama di Indonesia: IONIQ 5 

Saat dunia mulai beralih ke mobilitas terbarukan dengan kendaraan listrik, Hyundai berada di garis depan dengan variasi EV yang luas, salah satunya IONIQ 5. Tergabung dalam lini produk IONIQ, IONIQ 5 mengambil inspirasi dari Pony Coupe Concept, baik secara filosofi maupun visual, dengan bodi bergaya monocoque dan desain yang aerodinamis.

Tak hanya itu, IONIQ 5 dan Pony Coupe Concept pun sama-sama dirancang untuk mendobrak batas di industri melalui pendekatan inovatif di setiap aspek kendaraan. Berbekal semangat tersebut, IONIQ 5 jadi yang pertama dalam menggunakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP), platform yang telah Hyundai Motor Group rancang khusus untuk mobil listrik keluarannya.

E-GMP memungkinkan IONIQ 5 memiliki kapasitas baterai yang besar (58 Kwh untuk Standard Range dan 72,6 KWh untuk Long Range) dan kompatibel dengan berbagai teknologi pengisian daya, termasuk ultra fast charging. Berkat penggunaan E-GMP pula, motor listrik, transmisi EV, dan inverter bisa terintegrasi di dalam power electric system generasi terbaru sehingga performa dan efisiensi IONIQ 5 menjadi lebih baik.

Lalu, konstruksi rangka baja yang kokoh dari E-GMP membuat kendaraan lebih stabil dalam melalui berbagai kontur jalan untuk menciptakan perjalanan yang lebih aman. Dengan adanya E-GMP, IONIQ 5 juga sanggup menawarkan fitur-fitur inovatif, seperti Vehicle-to-Load (V2L) untuk menyalakan berbagai perangkat elektronik langsung dari kendaraan. Adapun IONIQ 5 juga dibekali fitur canggih lainnya seperti Hyundai SmartSense dan Hyundai Bluelink.

Baca Juga :   Mobil Listrik Wuling Cloud EV Bakal Dirilis, Ini Eksterior dan Interiornya

Tak ketinggalan, IONIQ 5 turut menawarkan performa yang optimal. Tipe Prime Standard dan Signature Standard mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 8,5 detik. Lalu, tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 7,4 detik. Performa andal ini pun dilengkapi dengan kenyamanan terdepan berkat ruang kabin yang luas dan leg room yang lapang.

Sama halnya dengan Pony dan Pony Coupe Concept, IONIQ 5 juga menjadi milestone penting bagi Hyundai. Dulu, Pony dan Pony Coupe Concept sukses memajukan industri otomotif Korea Selatan dan mengantarkan Hyundai ke pasar global. Kini, IONIQ 5 menandai upaya Hyundai dalam memimpin elektrifikasi di industri otomotif global, termasuk di Indonesia. IONIQ 5 sendiri adalah mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia melalui fasilitas perakitan di pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang, Jawa Barat.

Kendaraan Listrik High-Performance Pertama dari Hyundai: IONIQ 5 N 

Walau sudah memiliki lineup EV yang beragam, seperti IONIQ 5, IONIQ 6, dan KONA Electric yang telah diperkenalkan di Indonesia, Hyundai tetap berupaya menciptakan lebih banyak inovasi di lini kendaraan listriknya. Dalam upayanya ini, Hyundai memahami bahwa konsumen menetapkan standar pengalaman berkendara yang semakin tinggi terhadap kendaraan listrik.

Berbekal riset dan pengembangan mendalam, Hyundai resmi memperkenalkan IONIQ 5 N, high-performance EV pertamanya. Tergabung ke dalam Hyundai N Brand, divisi khusus yang merepresentasikan kepemimpinan perusahaan akan teknologi unggul dan inovasi tanpa batas, IONIQ 5 N siap menjamin sensasi berkendara yang menyenangkan bagi para petrolhead.

Baca Juga :   Hyundai IONIQ 5 N Masuk Tiga Besar Finalis Dunia di Ajang World Car Awards 2024

IONIQ 5 N mampu menghasilkan output daya maksimum hingga 478 kW atau 650 PS dan torsi maksimum hingga 770 Nm untuk menciptakan pengalaman berkendara yang begitu bertenaga dan menantang. Didukung dual-motor yang memungkinkan mobil melaju hingga 21.000 RPM, IONIQ 5 N mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 260 km/jam dan berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,4 detik, tak ubahnya high-performance ICE car. Performa tinggi dari IONIQ 5 N pun diimbangi dengan baterai generasi terbaru berkapasitas 84 kWh, jadi pengguna bisa tenang melaju dalam kecepatan maksimal tanpa khawatir kinerja baterai akan terganggu.

Sama halnya dengan mobil-mobil Hyundai N lain, IONIQ 5 N juga dirancang dengan tiga pilar DNA Hyundai N, yakni Corner Rascal, Everyday Sports Car, dan Race Track Capability. IONIQ 5 N pun menjadi kombinasi sempurna akan power, efisiensi, dan inovasi, yang memberikan pengalaman berkendara yang dinamis dan tak terlupakan. Maka dari itu, IONIQ 5 N menjadi jawaban bagi para pencinta high-performance car untuk mengadopsi tren elektrifikasi sambil tetap menikmati sensasi berkendara yang mendebarkan, baik di jalan maupun lintasan balap.

Kehadiran IONIQ 5 N sendiri menegaskan komitmen perusahaan dalam menghadirkan inovasi mobilitas masa depan sekaligus mencerminkan kemajuan teknologi terkini Hyundai, khususnya melalui Hyundai N. Selain IONIQ 5 N, Hyundai N juga memiliki model-model high-performance car andal lainnya, seperti i10 N Line, i30 N Line, Elantra N Line, Sonata N Line, Kona N Line, dan Tucson N Line. Seluruh model Hyundai N pun telah dibekali teknologi canggih dan fitur-fitur terkini yang membedakannya dengan mobil-mobil lain di kelasnya.