Scroll untuk baca artikel
Finansial

BNI Exporters Forum Dorong UMKM Merambah Pasar Global

26
×

BNI Exporters Forum Dorong UMKM Merambah Pasar Global

Sebarkan artikel ini
BNI Exporters Forum.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, yang dikenal sebagai BNI, melalui program Xpora, menegaskan komitmennya untuk mendukung UMKM Go Global dalam upaya meningkatkan devisa negara.

Menyadari pentingnya hal ini, BNI Xpora bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bea & Cukai, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Perdagangan, menggelar BNI Exporters Forum dengan tema “Export Market Prospect 2024”. Acara ini dilangsungkan hari ini, Rabu, 6 Maret 2024, di Hotel Aryaduta Menteng.

Forum ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan wawasan dan informasi terkini mengenai prospek pasar ekspor di mancanegara kepada para pelaku UMKM. Sekitar 50 UMKM dalam segmen kecil dan menengah yang telah siap untuk ekspor (Ready To Export), yang telah menawarkan berbagai produk unggulan dari Indonesia, hadir sebagai mitra BNI dan mitra Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga :   AS menyalahkan Rusia atas jatuhnya pesawat tak berawak di Laut Hitam, Moskow menyangkal

Direktur Ritel Banking BNI, Corina Leyla Karnalies, menegaskan bahwa UMKM harus didorong untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuannya dalam berbisnis karena UMKM memiliki peran vital sebagai penopang perekonomian Indonesia.

“Salah satu kunci utama untuk meningkatkan skala usaha adalah dengan mengakses pasar ekspor. Selain dukungan dalam bentuk pelatihan, pendampingan, dan pembiayaan, UMKM juga membutuhkan dukungan akses pasar yang lebih luas, khususnya ke pasar internasional,” ungkap Corina.

Baca Juga :   BNI Peroleh Tiga Penghargaan Prestisius Bidang ESG

Maka dari itu, BNI Exporters Forum kali ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dari Kementerian Perdagangan dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Hal ini memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperoleh informasi terkini mengenai prospek pasar, peraturan, serta regulasi ekspor di berbagai negara.

Selain itu, para pelaku UMKM juga mendapatkan solusi terkait transaksi finansial dan ekspor, serta mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru dengan tujuan membantu mereka merambah pasar global.

Baca Juga :   Manulife Indonesia Resmikan Manulife Pro: Program Penghargaan bagi Life Planners Berprestasi

Corina menambahkan bahwa BNI Exporters Forum merupakan wujud nyata komitmen BNI dalam mendukung UMKM untuk meningkatkan kualitas usahanya agar mampu bersaing di pasar internasional dan turut serta dalam meningkatkan devisa negara.

“BNI akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memberikan solusi terbaik bagi para pelaku UMKM,” jelas Corina.

Rencananya, kegiatan BNI Exporters Forum akan diadakan di 20 kota besar di Indonesia, dengan harapan dapat memberikan dampak yang luas dalam mendukung UMKM Go Global. (hdi)