Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Berikut 5 Makanan dan Minuman yang Membahayakan Gigi Anda

21
×

Berikut 5 Makanan dan Minuman yang Membahayakan Gigi Anda

Sebarkan artikel ini
Kebiasaan minuman manis memicu kerusakan gigi

BISNISASIA.CO.ID – Gadis berusia 22 tahun Xiaomei (bukan nama sebenarnya) di Zhejiang, Tiongkok pergi ke klinik gigi dan mengeluh bahwa giginya sangat hitam dan rusak sehingga dia tidak bisa makan atau minum apa pun.

Begitu wanita itu membuka mulutnya, dokter merasa ngeri dengan giginya yang rusak parah.

Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, dokter yang merawat menemukan bahwa email gigi Xiaomei telah terkikis, sebagian permukaan gigi menjadi hitam bahkan karang gigi belum dibersihkan.

Dokter menyebut kebiasaan kebersihan mulut yang buruk serta terlalu banyak minum minuman ringan berkarbonasi dalam jangka waktu yang lama telah menyebabkan kondisi seperti itu.

Dokter juga mengatakan bahwa gigi wanita tersebut semuanya rusak sehingga sulit untuk diobati.

Mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkan gigi yang tersisa, namun biaya perawatannya tidak murah.

Di saat yang sama, dokter juga mengingatkan masyarakat untuk membatasi konsumsi minuman asam atau jus buah, jangan minum terlalu banyak karena bersifat asam dan dapat mengikis gigi secara serius.

Meskipun beberapa makanan dan minuman meningkatkan kesehatan gigi dan gusi, makanan dan minuman lainnya dapat menyebabkan kerusakan gigi, erosi, dan berkembangnya penyakit gigi.

Baca Juga :   TikTok Nonaktifkan Lagu yang Berhubungan dengan Universal Music

Berikut 7 makanan dan minuman yang dapat membahayakan gigi Anda.

1. Minuman ringan berkarbonasi, minuman ringan diet dan minuman manis

Minuman manis seperti soda, minuman kopi manis dan minuman energi memiliki banyak efek negatif bagi kesehatan.

Mereka mempromosikan penyakit kardiovaskular, penambahan berat badan, resistensi insulin, …

Maka tidak mengherankan jika minuman manis juga berdampak buruk bagi gigi dan gusi Anda. Mereka bersifat asam dan menyediakan bahan bakar bagi bakteri penyebab gigi berlubang, seperti Streptococcus mutans, yang sering memakan gula dan menghasilkan asam yang mendemineralisasi atau merusak enamel gigi.

Selain itu, minuman ringan berkarbonasi tidak hanya bersifat asam secara alami tetapi juga menyebabkan produksi asam lebih banyak. Meskipun beberapa orang mungkin berpikir bahwa diet soda adalah pilihan yang lebih baik untuk kesehatan mulut, namun kenyataannya tidak demikian.

Faktanya, minuman ini terbukti menyebabkan erosi enamel gigi lebih parah dibandingkan minuman bersoda biasa. Menahan atau meminum minuman ini di mulut dapat meningkatkan waktu kontak asam dengan gigi.

Baca Juga :   3 Produsen Mobil Tiongkok Beri Diskon Pembelian Mobil, SUV Qiyuan Q05 Rp160 Jutaan

Para ahli juga mengingatkan Anda untuk menghindari menyikat gigi segera setelah minum minuman asam karena email gigi Anda sangat rentan.

2. Gula, permen dan sumber tambahan gula lainnya

Gula memberi makan bakteri berbahaya di mulut, yang menyebabkan produksi asam yang merusak enamel gigi.

Inilah sebabnya mengapa asupan gula tambahan dianggap sebagai faktor risiko paling penting untuk kerusakan gigi.

Ingatlah bahwa gula alami yang ditemukan dalam makanan seperti buah-buahan dan produk susu belum terbukti berkontribusi signifikan terhadap kerusakan gigi.

Pasalnya, sumber gula alami menyediakan senyawa pelindung, seperti serat dan mineral, serta merangsang aliran air liur di mulut sehingga membantu melindungi gigi dan gusi.

Di sisi lain, gula tambahan seperti sirup jagung fruktosa tinggi dan gula pasir dapat berkontribusi signifikan terhadap perkembangan gigi berlubang dan kesehatan mulut yang buruk. Mengonsumsi banyak gula tambahan juga dapat membahayakan gusi karena berkontribusi terhadap peningkatan peradangan dan stres oksidatif, yang dapat merusak jaringan gusi.

Baca Juga :   Pertama Kali Hadir di Indonesia, ZALORAYA 2024 Jadi Pusat Koleksi Fesyen Muslim Dalam Negeri

3. Sereal manis dan manisan panggang

Banyak orang memulai hari mereka dengan semangkuk sereal manis atau kue beku. Namun, makanan ini mengandung tambahan gula dan karbohidrat olahan yang tinggi, sehingga tidak baik untuk gigi Anda.

Beberapa sereal dan makanan yang dipanggang juga mengandung beberapa sendok teh gula per porsi, yang dapat menyebabkan erosi gigi dan penyakit gusi.

4. Roti tawar dan makanan kaya pati olahan

Karbohidrat olahan, seperti roti putih dan nasi putih, serta beberapa makanan bertepung seperti keripik kentang, dapat menyebabkan kesehatan mulut yang buruk.

Seperti halnya gula tambahan, bakteri di mulut dengan cepat memfermentasi gula yang ditemukan dalam sumber karbohidrat seperti roti putih dan keripik kentang, sehingga menghasilkan asam yang menggerogoti email gigi. Mengonsumsi banyak makanan ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kerusakan gigi.

5. Jus buah

Meski jus buah murni mengandung banyak nutrisi penting, meminumnya terlalu sering bisa berdampak buruk bagi gigi Anda.