Scroll untuk baca artikel
Headline

Alpha X Debut di SEMICON SEA 2024, Pamerkan Solusi Manufaktur AI Canggih

30
×

Alpha X Debut di SEMICON SEA 2024, Pamerkan Solusi Manufaktur AI Canggih

Sebarkan artikel ini
SEMICON SEA 2024

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Alpha X, perusahaan teknologi manufaktur terdepan, akan memamerkan solusi manufaktur revolusioner berbasis kecerdasan buatan (AI) di SEMICON Southeast Asia. Ajang ini akan berlangsung pada 28-30 Mei di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada debutnya di ajang ini, perusahaan asal Singapura tersebut akan meluncurkan sejumlah solusi yang dinantikan, termasuk Factory Automation Solution, AI-driven Digitalization Solution, serta Logistics Automation Solution.

“Dengan pendekatan inovatif kami, kami ingin mendorong integrasi otomatisasi AI dalam industri, memimpin inovasi, serta menentukan masa depan sistem pintar sekaligus mendorong pembangunan berkelanjutan,” ujar Leon Chan, CEO Alpha X.

Factory Automation Solution dari Alpha X mempermudah operasional pabrik, termasuk produksi, pengiriman, dan penyimpanan produk. Solusi ini mengatasi berbagai masalah seperti proses kompleks yang menghambat produksi, pengendalian kualitas yang tidak konsisten, dan biaya pemeliharaan yang tinggi. Dengan mengintegrasikan beragam sistem, solusi ini mengoptimalkan efisiensi dan stabilitas produksi, mempercepat siklus produksi, menjamin pengiriman produk tepat waktu, meningkatkan pengendalian kualitas produk untuk mengurangi cacat produksi, serta mengurangi biaya tenaga kerja dan pemeliharaan.

AI-Driven Digitalization Solution dari Alpha X memberikan manfaat jangka panjang bagi pabrik dengan meningkatkan operasional melalui pendekatan berbasis data. Solusi ini memperbaiki proses pengambilan keputusan, menganalisis kendala kerja secara mendalam, dan meningkatkan transparansi operasional dengan menggunakan model AI canggih. Solusi ini sangat bermanfaat bagi pabrik yang mengalami kesulitan dalam mengendalikan kualitas data, akurasi model, serta beradaptasi dengan perubahan alur dan metode kerja. Selain itu, solusi ini mengatasi keterbatasan tenaga ahli dan menutup kesenjangan antara model kinerja produksi dan kesehatan sarana kerja. Solusi ini meningkatkan kualitas dan efisiensi, menghemat biaya, serta mengurangi penyimpanan produk dan pencemaran. Bahkan, pabrik dapat memperoleh akurasi model yang lebih tinggi hingga 12% dan memperpanjang usia pakai komponen penting hingga 10%.

Baca Juga :   IKN Bakal Jadi Magnet Bagi Para Investor Properti

Dalam industri semikonduktor, penanganan material menuntut standar kebersihan, stabilitas, dan efisiensi yang tinggi. Automated Material Handling System (AMHS) dari Alpha X menjawab tantangan tersebut dengan meningkatkan efisiensi produksi, mengoptimalkan hasil produksi, mengurangi biaya tenaga kerja, serta meningkatkan fleksibilitas dan keselamatan kerja. Dengan AMHS, sebuah pabrik dapat meningkatkan efisiensi hingga 5%, mengoptimalkan hasil produksi hingga 1%, dan mengurangi tingkat kesalahan hingga 99% dalam proses kerja manual. (saf)