Scroll untuk baca artikel
Industri

Lima Tahun Membangun, KOMPAG Kembangkan UMKM untuk Naik Kelas

59
×

Lima Tahun Membangun, KOMPAG Kembangkan UMKM untuk Naik Kelas

Sebarkan artikel ini
Mingan - Pemilik Ayam Geprek Express.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dalam semarak Hari UMKM Nasional 2024, GoFood, layanan pesan-antar makanan dari Gojek yang merupakan bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI: GOTO), memperkuat komitmennya dalam mendukung pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia. Melalui komunitas KOMPAG, GoFood terus mendorong UMKM agar semakin berkembang dengan menghadirkan inovasi terbaru, yaitu Pojok Belajar.

Menurut studi terbaru dari INDEF tahun 2024, sekitar 83,46% pelaku UMKM menghadapi tantangan dalam penggunaan platform digital, sehingga mereka membutuhkan akses yang lebih luas terhadap edukasi dan jaringan bisnis. Melihat kebutuhan ini, sejak 2019 GoFood membentuk KOMPAG sebagai wadah edukasi dan networking untuk para Mitra Usaha GoFood.

Felicia Natalie Wijaya, Head of Merchant Marketing Gojek, menjelaskan bahwa dalam lima tahun terakhir KOMPAG telah tumbuh menjadi salah satu komunitas UMKM kuliner terbesar di Indonesia dengan lebih dari 212.000 anggota aktif yang tersebar di 80 kota. “Pertumbuhan ini menunjukkan tingginya minat pelaku UMKM digital untuk belajar dan membangun relasi melalui KOMPAG,” jelasnya.

Untuk menanggapi antusiasme ini, Felicia memaparkan tiga program unggulan KOMPAG di tahun 2024:

  1. Webinar NGOPI (Ngobrol Pintar) – Sebuah sesi berbagi ilmu online antar Mitra Usaha GoFood yang diadakan dua kali sebulan. Di sini, para pelaku UMKM dapat saling berbagi strategi bisnis kuliner yang sukses.
  2. KOMPAG Kopdar – Pertemuan tatap muka yang diadakan setiap bulan, menghubungkan ratusan Mitra Usaha dengan manajemen GoFood untuk berbagi pengalaman dan memperluas jaringan bisnis.
  3. Pojok Belajar – Program terbaru ini menghadirkan sesi tatap muka yang lebih mendalam dan intensif antar Mitra Usaha GoFood. Pojok Belajar telah berlangsung di enam kota besar dan diadakan sebulan sekali.
Baca Juga :   PINTU Jadi Pedagang Kripto Pertama di Indonesia yang Mendapatkan Lisensi Penuh

Para peserta, seperti Ihdal pemilik UMKM Ayam Bakar & Soto Betawi Ibu Titin, mengungkapkan bahwa KOMPAG sangat mendukung perkembangan bisnis mereka. Setelah bergabung dengan KOMPAG, Ihdal berhasil mengembangkan bisnisnya hingga memiliki enam cabang. Menurutnya, KOMPAG memberikan rasa kebersamaan dan menjadi support system bagi pelaku usaha.

Baca Juga :   SIRCLO Kembali Gelar Program Panen Omset 2024 Dukung UMKM Berkelanjutan

Selain itu, KOMPAG juga rutin memberikan edukasi melalui Facebook Page dan podcast NGOPI yang telah menarik lebih dari 380.000 penonton dalam tujuh bulan terakhir. Mitra Usaha yang ingin bergabung dapat mendaftar melalui link gjk.id/gabungkompag.

Menurut riset terbaru LPEM FEB UI 2024, kegiatan kuliner yang diakomodasi oleh layanan GoFood menyumbang Rp 19,68 triliun terhadap PDB Indonesia pada tahun 2023, setara dengan 3,7% dari total PDB. GoFood terus berkomitmen mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia melalui KOMPAG dan berbagai program pendukung lainnya. (saf)