BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dalam menghadapi lonjakan penumpang pesawat selama libur panjang akhir pekan 9-12 Mei 2024, PT Angkasa Pura/AP II telah melakukan persiapan matang.
Cin Asmoro, Pelaksana Tugas SVP Corporate Secretary AP II, menjelaskan bahwa seluruh bandara yang dikelola AP II telah memastikan ketersediaan slot time (waktu keberangkatan dan kedatangan pesawat) untuk mengakomodasi lonjakan permintaan penerbangan.
“Sebagai operator bandara, AP II telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan serta pihak terkait lainnya untuk memastikan kelancaran layanan penerbangan selama libur panjang ini,” ujar Cin Asmoro pada Kamis (9/5/2024).
Jika diperlukan, kapasitas penerbangan dapat ditingkatkan melalui penerbangan tambahan yang dioperasikan oleh maskapai. AP II berkomitmen untuk memastikan ketersediaan slot time untuk menanggapi lonjakan permintaan ini.
“Cin Asmoro menambahkan bahwa proyeksi jumlah penumpang pesawat di 20 bandara yang dikelola AP II selama libur panjang 9-12 Mei 2024 mencapai 1 juta orang, meningkat sebesar 15% dibandingkan dengan hari biasa. Sedangkan jumlah penerbangan diperkirakan mencapai 6.823.”
Khusus untuk Bandara Soekarno-Hatta, bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, proyeksi jumlah penumpang pesawat mencapai 643.841 orang dengan 4.096 penerbangan yang dioperasikan.
Selama periode sibuk ini, AP II memastikan fokus pada pemeliharaan aspek pelayanan, keamanan, dan keselamatan. Fasilitas di sisi udara dan darat dipersiapkan dengan baik, dan personel bandara telah dipastikan mencukupi.
Peningkatan infrastruktur dan pelayanan juga terus dilakukan di bandara-bandara AP II, seperti penataan ulang interior terminal penumpang pesawat untuk meningkatkan kenyamanan. Di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, adanya hutan mini dan area hijau menciptakan lingkungan yang lebih segar dan alami.
Saat ini, AP II mengelola 20 bandara di Indonesia, termasuk Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), dan lainnya. Dengan terus meningkatkan pelayanan dan infrastruktur, AP II berupaya memastikan pengalaman perjalanan yang optimal bagi para penumpang pesawat. (saf)