BISNISASIA.CO.ID, LONDON – Pengiriman layar monitor OLED melonjak pada tahun 2023 setelah peningkatan sebesar 415% dari tahun ke tahun (YoY), menurut Monitor Display & OEM Market Tracker Omdia .
Tren ini akan terus berlanjut karena Omdia memperkirakan peningkatan sebesar 123% YoY pada tahun 2024 hingga 1,84 juta unit, yang didorong oleh Samsung Display dan LG Display yang merajai industri ini.
“Monitor OLED sebagian besar digunakan untuk bermain game dan semakin diminati setelah esport dimasukkan dalam kompetisi pertama kalinya di Asian Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok. Langkah ini menandai transformasi proyek esport dari acara rakyat biasa menjadi acara olahraga resmi yang diakui,” kata Nick Jiang, Analis Utama di praktik penelitian Displays di Omdia.
Selain itu, pandemi COVID-19 juga berdampak pada perilaku konsumen sehingga memunculkan tren seperti interaksi multilayar antara laptop dan monitor, di samping peningkatan permintaan konsumen akan spesifikasi monitor yang lebih tinggi, termasuk resolusi tinggi dan kecepatan refresh.
Dengan mempertimbangkan siklus pengelolaan produk dan waktu layanan purna jual selama tiga tahun untuk produk monitor, Omdia memperkirakan siklus penggantian akan terjadi secara bertahap mulai tahun 2024.
Penurunan pasar pada tahun 2022 dan 2023 menimbulkan tantangan besar bagi peserta rantai pasok monitor.
Berbagai merek monitor berkomitmen untuk mengurangi inventaris melalui berbagai pengoperasian rantai pasokan; dan industri ini sedang dalam masa pemulihan. Setelah mencapai titik terendah dalam dua tahun, pasar monitor secara keseluruhan diperkirakan perlahan-lahan akan pulih pada tahun 2024, yang mencakup pasar komersial dan konsumen.
Keadaan ini juga memberikan peluang pengembangan pasar tertentu untuk perluasan produk monitor OLED.
Karena konsumen meminta spesifikasi monitor yang lebih baik dan tren ukuran monitor lebih besar terus berlanjut, harga panel monitor LCD diperkirakan akan meningkat.
Situasi ini akan memperkecil perbedaan harga antara monitor LCD dan OLED sehingga secara tidak langsung akan lebih mudah menikmati teknologi OLED.
Selain itu, merek monitor papan atas seperti Dell, HP, Lenovo, Samsung, LG Electronics, AOC/Philips, Asus, Acer, MSI, dan Gigabyte semakin banyak menggunakan layar OLED dalam jajaran produk mereka di tahun 2024.
Untuk rantai pasokan, tren ini membantu memangkas biaya bagi perusahaan OEM dan perusahaan panel.
Peningkatan tampilan monitor OLED dari perusahaan panel dapat didistribusikan secara merata ke biaya panel agar menjadi lebih murah. Untuk perusahaan OEM monitor OLED, biaya produksi dapat ditekan karena beberapa pelanggan bermerek untuk monitor OLED berbagi biaya perkakas